Cara Melihat Statistik Penggunaan Kuota WhatsApp Kamu Selama Ini

Terbit

Diperbarui

Di WhatsApp sendiri terdapat fitur yang mencatat jumlah kuota data yang terpakai selama ini oleh aplikasi WhatsApp, baik itu kuota untuk pesan, untuk panggilan, untuk media yang dikirim dan diterima, untuk status, dll.

Dari statistik tsbt kamu bisa melihat dikegiatan apa saja kamu boros kuota, apakah karena terlalu banyak telponan, atau apakah karena terlalu suka melihat status, dll.

Jadi dengan statistik tadi kamu tidak perlu mengira-ngira, tidak perlu curiga kalau video call-an yang menyebabkan kuota kamu selalu habis, tapi kamu bisa lihat pasti kegiatan apa yang menyebabkan kuota kamu habis terpakai.

Yang perlu diketahui

Statistik ini memantau jumlah kuota yang digunakan WhatsApp secara keseluruhan. Tidak peduli jenis jaringan yang kamu gunakan. Dan tidak peduli jika kamu ada berganti jaringan (misalnya pindah dari jaringan seluler ke wifi).

Langkah-langkah melihat statistik penggunaan data di WhatsApp

Langkah-langkahnya singkat banget kok, cuma 5 kali tap.

  1. Silahkan buka aplikasi WhatsApp kamu seperti biasa.
  2. Buka halaman ‘Setelan’.
  3. Dihalaman ‘Setelan’, buka opsi ‘Penyimpanan dan Data’.
  4. Selanjutnya buka menu ‘Penggunaan Jaringan’.
  5. Dihalaman ‘Penggunaan jaringan’ inilah kamu akan lihat statistik penggunaan data WhatsApp kamu selama ini.

Disana kamu bisa mengetahui berapa banyak kuota yang habis untuk melakukan panggilan, media, pencadangan google drive, pesan, status, dan roaming.

Pada statistik di atas, kita bisa lihat kalau kuotaku paling banyak dipakai untuk melihat atau mengunggah status dan untuk melakukan pencadangan pesan ke google drive.

Nah, dengan begini aku bisa mengurangi penggunaan kuotaku dengan cara mengurangi melihat status dan mengurangi frequensi pencadangan pesan ke google drive.


Mungkin sampai disini dulu tulisanku kali ini. Jika ada yang kurang dan perlu ditambahkan, jangan sungkan untuk menambahkannya dikolom komentar dibawah.

Sekian dan sampai jumpa ditulisanku lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *