Cara Menonaktifkan Download Otomatis Media di WhatsApp (Panduan Pemula)

Terbit

Diperbarui

Kesal dengan fitur unduh media otomatis di WhatsApp yang terus menghabiskan kuota internet kamu? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat.

Ditulisan kali ini, kami akan memberikan langkah-langkah yang jelas dan mudah untuk menonaktifkan fitur download otomatis di WhatsApp.

Harapannya, setelah mengikuti panduan ini, kamu akan lebih menghemat kuota internet kamu. Ok, langsung saja.

Langkah-langkah menonaktifkan fitur unduh media otomatis (dengan screenshot)

Berikut proses mematikan fitur ini. Fitur ini bisa dimatikan untuk di jaringan seluler, wifi dan ketika roaming. Saranku matikan semua.

  1. Masuk kehalaman ‘Setelan’ di WhatsApp kamu.
  2. Dihalaman ‘Setelan, tap menu ‘Penyimpanan dan Data’.
  3. Lihat bagian ‘Unduh otomatis media’. Disana ada 3 opsi, ‘Saat menggunakan data seluler’, ‘Saat terhubung ke Wi-fi’, dan terakhir ‘Saat roaming (pakai internet diluar negeri)’.
  4. Selanjutnya tap pada ‘Saat Menggunakan Data Seluler’.
  5. Hilangkan semua tanda centang yang ada pada foto, audio, video, maupun dokumen. Lalu tap ‘OKE’.
  6. Selanjutnya setel juga opsi ‘Saat terhubung ke Wi-fi’, dan ‘Saat roaming’ seperti langkah 4 dan 5 diatas.
  7. Selesai. Dititik ini kamu sudah berhasil menonaktifkan pengaturan download otomatis media di WhatsApp secara keseluruhan.

Berikut langkah-langkahnya aku screenshot supaya mudah diikuti. Silahkan di tap screenshotnya untuk memperbesar atau zoom-in.

Lalu bagaimana download media setelah fitur ini dimatikan?

Berikut contohnya setelah pengaturan auto-download dinonaktifkan. Semua media yang aku terima hanya berupa “gambar blur” . Disini ada tombol download dan disebelah terdapat ukuran file tsbt.

Untuk mendownload media tsbt, yang perlu kamu lakukan adalah tap pada gambar blur tsbt, dan media akan otomatis terdownload.

Keuntungan mematikan fitur ‘Unduh media otomatis’ secara keseluruhan

Ada beberapa keuntungan mematikan fitur ‘Unduh media otomatis’ secara keseluruhan, antara lain:

  1. Menghemat kuota internet. Dengan mematikan fitur ini, kamu dapat mengontrol dan mengurangi penggunaan kuota internet kamu. Fitur ‘Unduh media otomatis’ biasanya mengunduh semua gambar, video, dan dokumen yang dikirim kepada kamu secara otomatis. Dengan mematikannya, kamu hanya perlu mengunduh media yang memang kamu butuhkan atau pilih secara manual, sehingga dapat menghemat kuota internet kamu.
  2. Menghemat ruang penyimpanan. Pengunduhan media secara otomatis juga dapat mengisi ruang penyimpanan perangkat kamu dengan cepat. Jika kamu mematikan fitur ini, kamu dapat mengontrol media apa yang ingin kamu simpan di perangkat kamu dan menghapus yang tidak diperlukan, sehingga menghemat ruang penyimpanan.
  3. Mengurangi gangguan visual. Jika kamu tidak ingin terganggu dengan gambar atau video yang tidak relevan atau tidak diinginkan yang muncul secara otomatis di galeri perangkat kamu, mematikan fitur ‘Unduh media otomatis’ akan membantu mengurangi gangguan visual tersebut.
  4. Meningkatkan keamanan dan kenyamanan kamu. Dengan mematikan fitur ‘Unduh media otomatis’, kamu sendiri yang menentukan media mana yang kamu unduh. Sehingga kamu lebih mudah terhindar dari melihat hal yang tidak kamu inginkan.

Kekurangan mematikan fitur download otomatis ini dan kenapa kamu perlu aktifkan fitur ini sebagian

  1. Tidak dapat melihat gambar atau video secara langsung. Dengan fitur download otomatis dimatikan, kamu tidak akan dapat melihat gambar atau video secara langsung setelah menerimanya. kamu harus mengklik tombol unduh terlebih dahulu untuk melihatnya.
  2. Kamu akan memerlukan waktu lebih lama untuk mengunduh file. Saat fitur download otomatis dimatikan, kamu harus secara manual mengunduh setiap file yang diterima. Hal ini dapat memakan waktu ekstra terutama jika kamu menerima banyak file atau file berukuran besar.
  3. Ada file penting yang mungkin terlewatkan. Kamu mungkin lupa untuk mengunduh, atau bahkan tidak sadar bahwa ada file penting yang tidak terunduh dan terlihat.
  4. Potensi kehilangan file. Jika kamu tidak mengunduh file yang diterima secara manual, ada risiko kehilangan file jika pesan atau file tersebut dihapus atau hilang dari obrolan WhatsApp.

Saranku terkait fitur ini adalah aktifkan download otomatis untuk sebagian jenis file atau mungkin dijaringan tertentu

Pengaturan download otomatis terbagi menjadi tiga menu, yaitu “Saat menggunakan data seluler”, “saat terhubung ke Wi-Fi”, dan “Saat roaming”.

Dalam setiap menu tersebut, kita dapat memilih jenis media (foto, audio, video, ataupun dokumen) yang akan diunduh secara otomatis.

Jika tujuannya adalah menghemat pemakaian kuota WhatsApp, nonaktifkan pengaturan data seluler dan biarkan WiFi tetap aktif.

Namun, jika tujuannya adalah agar memori penyimpanan ponsel tidak penuh, sebaiknya semua pengaturan dimatikan seperti contoh di atas.

Untuk pengaturan saat roaming, berlaku saat kamu keluar negeri dan terhubung ke internet melalui roaming. Pengaturan ini tidak perlu diperhatikan jika tidak berada di luar negeri.


Demikianlah informasi mengenai cara menonaktifkan download otomatis media di WhatsApp. Jika kamu memiliki pertanyaan atau masukan lainnya, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *