Apa itu ‘Kurangi Penggunaan Data Panggilan’ di WhatsApp?

Terbit

Diperbarui

Saat kamu buka-buka laman setelan di WhatsApp, kamu mungkin akan menemukan opsi ‘Kurangi penggunaan data panggilan’ disana. Nah mungkin kamu bertanya-tanya, apa sebenarnya fungsi dari menu ini.

Itulah yang akan aku coba jelaskan disini. Langsung saja.

Langkah-langkah mengaktifkan fitur ‘Kurangi penggunaan data panggilan’ di WhatsApp

  1. Masuk kehalaman ‘Setelan’ di WhatsApp.
  2. Buka opsi ‘Penyimpanan dan Data’.
  3. Selanjutnya aktifkan opsi ‘Kurangi penggunaan data panggilan’ sampai berwarna hijau seperti gambar di bawah ini.
  4. Selesai. Sampai disini seharusnya opsi tsbt sudah aktif.

Apa yang terjadi setelah fitur ‘Kurangi penggunaan data panggilan’ ini diaktifkan?

Aku mencoba mencari di halaman bantuan WhatsApp terkait fitur ini. Aku mencoba mencari dengan nama menu ini dalam bahasa Indonesia (“Kurangi penggunaan data panggilan”) dan dalam bahasa Inggris (“Use less data for calls”). Dan aku tidak menemukan keterangan apapun di sana.

Ini bisa kamu cek sendiri, https://faq.whatsapp.com/search?helpref=search&query=Kurangi%20penggunaan%20data%20panggilan

Sangat disayangkan memang, tidak ada informasi resmi dari WhatsApp terkait hal ini.

Aku juga sempatkan mencari di forum tanya jawab seperti Quora, sayangnya tidak banyak diskusi terkait hal ini. Satu yang kutemukan, https://www.quora.com/What-is-the-use-less-data-for-calls-option-the-WhatsApp-settings-do-Does-it-reduce-the-call-quality, disana dijelaskan bahwa ada penghematan sedikit dari segi kuota.

Dari penjelasan yang aku baca, dan pengalaman ku menggunakan WhatsApp selama ini, aku bisa ambil beberapa asumsi terkait apa saja yang terjadi saat fitur ini aktif.

  1. Kamu akan menghemat sedikit data. Fitur ini akan mengurangi penggunaan data selama panggilan suara dengan mengompres suara yang dikirimkan. Ini berarti data yang dibutuhkan selama panggilan akan lebih sedikit, membantu pengguna menghemat kuota data mereka.
  2. Kualitas suara akan sedikit berkurang. Karena kompresi data yang lebih agresif, kualitas suara selama panggilan mungkin mengalami penurunan sedikit. Meskipun demikian, penurunan ini biasanya tidak signifikan dan kebanyakan pengguna mungkin tidak terlalu memperhatikan perbedaan tersebut.

Aku sendiri tidak tahu apakah fitur ini akan berdampak pada panggilan video call, aku harap dalam waktu dekat ini aku sempat untuk mencoba testing lebih dalam terkait fitur ini. Jadi silakan dibookmark laman ini jika kamu ingin tahu lebih lanjut.


Untuk saat ini, hanya itu yang bisa aku jelaskan. Tulisan ini akan aku tag sebagai ‘Perlu pengujian lebih lanjut’, dan akan aku update ke depan setelah ada data yang cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *