Pengertian, fungsi dan cara menggunakan bot telegram

Telegram adalah salah satu aplikasi chatting terenkripsi yang dikenal sangat aman dan canggih. Fitur keamanan yang mumpuni serta didukung dengan berbagai tools dan fitur canggih membuat Telegram menjadi semakin digemari.

Kemampuan Telegram yang dapat mengirim file hingga berukuran 1.5 GB, fitur secret chat yang canggih, adanya fitur “Channel” yang dapat menghubungkan penggunanya dalam suatu forum dengan hobi atau bidang yang sama, serta fitur “Telegram Bot” yang menjadikan Telegram berbeda dengan aplikasi chatting lainnya.

Bila berbicara tentang Telegram bot, fitur andalan Telegram ini memang luar biasa canggih. Para pengguna Telegram dimanjakan dengan adanya fitur ini. Namun sayang, tak semua pengguna Telegram mengetahui fitur ini. Banyak dari mereka tidak tau apa itu Telegram bot, apa fungsinya, bagaimana cara kerja bot tersebut, dan bagaimana keamanan bot tersebut bila digunakan.

Karena ituah, disini aku akan menjelaskan mengenai hal ini. Bagi kamu yang belum tahu mengenai Telegram bot, silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Baca juga: #6 Bot keren yang ada di Line

Apa itu Telegram Bot?

Telegram bot adalah sebuah bot atau robot yang diprogram dengan berbagai perintah untuk menjalankan serangkaian instruksi yang diberikan oleh pengguna. Bot ini hanyalah sebuah akun Telegram yang dioperasikan oleh perangkat lunak yang memiliki fitur AI.

Bot Telegram dapat melakukan apa saja sesuai perintah (yang sudah tersedia). Bot telegram bisa digunakan untuk melakukan pencarian, sebagai penghubung, pengingat, pengajar, pengintegrasi, dan lainnya.

@BotFather adalah bot untuk menciptakan atau melahirkan bot - bot baru di Telegram
@BotFather adalah bot untuk menciptakan atau melahirkan bot – bot baru di Telegram

Telegram bot berjalan tanpa perlu diinstal dan tanpa perlu nomor telepon. Mereka sudah berjalan di semua platform yang mendukung Telegram. Mereka berjalan tanpa terlihat, sehingga tidak mengganggu pengguna. Pengguna dapat berinteraksi dengan dengan bot Telegram dengan cara mengirimkan sebuah pesan atau baris perintah tertentu.

Apa yang bisa dilakukan Telegram Bot?

Pihak Telegram memberikan kebebasan dan keterbukaan kepada pihak ketiga untuk dapat mengembangkan Telegram bot baru.Telegram bot dinilai mampu memberikan sederet kemudahan dalam automatisasi aktivitas penggunanya serta dapat digunakan sebagai wadah yang cocok untuk para programming yang ingin mengasah kreativitasnya disini.

Para pengembang menciptakan banyak bot – bot baru yang diberi nama dengan selalu berakhiran ‘bot’ untuk memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mencari atau memanggil suatu bot tertentu. Contohnya seperti @TriviaBot, @GitHub_Bot, dan lainnya.

Dilansir dari situs core.telegram.org, Telegram bot dapat bertindak layaknya koran pintar. Setiap waktu kamu bisa dikirimi konten – konten terbaru jika kamu menginginkannya.

Telegram bot juga dapat memberikan sebuah layanan berupa peringatan atau pemberitahuan mengenai ramalan cuaca, kenaikan atau penurunan harga, melakukan penerjemahan, pemformatan, dan lainnya.

Hanya dengan Telegram bot, kamu juga bisa tetap terintegrasi dengan berbagai layanan eksternal seperti bot Gmail, bot GIF, bot Wiki, bot musik, bot Youtube, dan berbagai layanan eksternal lainnya.

Selain kamu bisa melakukan transaksi pembayaran serta menawarkan berbagai layanan hanya dengan Telegram bot, ternyata kamu juga bisa memanfaatkan Telegram bot untuk membuat game.

Telegram bot juga bisa membantu kamu untuk menemukan orang – orang yang melakukan percakapan berdasarkan minat atau hobi yang sama sehingga kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan diri bersama mereka.

Bagaimana cara menggunakan Telegram Bot?

Untuk dapat berinteraksi dengan Telegram bot, kamu memiliki dua cara yang dapat di lakukan.

Pertama, kamu bisa mengirimkan pesan berupa perintah ke bot dengan membuka obrolan dengan salah satu bot tujuanmu. Kamu bisa mencari bot yang kamu butuhkan di kotak pencarian. Jika kamu sudah menemukan bot tersebut, kamu tinggal melakukan chat dengan bot tersebut dengan mengetikkan perintah yang kamu inginkan.

Perintah atau permintaan yang kamu kirimkan akan diteruskan ke perangkat lunak yang berjalan dalam server. Selama berjalan dalam server maka perintah yang kamu kirimkan akan di enkripsi sekaligus melakukan komunikasi dengan API Telegram.

Cara kedua untuk dapat berkomunikasi dengan bot adalah dengan mengirim sebuah perintah atau permintaan langsung dengan cara mengetikkan nama pengguna bot dan perintahnya di dalam bidang input. Hal ini biasa disebut bot inline.

Nah, disini aku akan mencontohkan bagaimana cara berkomunikasi dengan bot yang ada di Telegram. Untuk mencari bot yang kamu butuhkan, kamu bisa search terlebih dahulu di internet untuk mencari daftar bot apa saja yang tersedia di Telegram.

Disini aku akan menggunakan bot bernama “inline lyrics bot”, dimana bot ini digunakan untuk mencari lirik lagu dengan sangat cepat. Hanya membutuhkan waktu 2 atau 3 detik saja untuk menampilkan hasilnya.

Untuk dapat berkomunikasi dengan bot tersebut, silahkan ketikkan username bot tersebut di kotak pencarian di Telegram. Setelah kamu menemukan, silahkan pilih bot tersebut untuk masuk ke mode percakapan dengan bot.

Tampilan saat melakukan percakapan dengan bot pencari lirik lagu
Tampilan saat melakukan percakapan dengan bot pencari lirik lagu

Untuk memulainya, kamu kirimkan perintah /start. Maka kamu akan mendapat balasan instruksi lanjutannya. Dicontoh ini ada balasan yang intinya kamu harus memasukkan judul lagu atau beberapa kata yang ada dalam lirik lagu yang kamu maksud.

Jika kamu sudah mengirimkan judul lagu yang kamu inginkan, maka dalam beberapa detik, kamu akan mendapatkan hasil seperti pada gambar yang aku contohkan. Bot berhasil mencari lirik lagu yang berjudul “On my way” sesuai dengan apa yang aku minta tadi. Bot akan menampilkan judul lagu, nama album, pencipta lagu, dan pengarangnya, jika bot berhasil mendapat info tersebut.

Apakah Telegram bot aman?

Bot Telegram bisa dianggap saja sebagai lawan chat kamu dalam sebuah percakapan namun bukan manusia. Bot Telegram sama seperti pengguna manusia. Bot juga dapat melihat nama publik kamu, nama pengguna kamu, serta foto profil kamu di Telegram.

Namun mereka tidak akan melihat nomor telepon milikmu jika bukan kamu sendiri yang memberikannya kepada mereka.

Layaknya melindungi keamanan data pribadimu terhadap pengguna lain, terhadap bot pun kamu harus bisa menjaga keamanan data milikmu sendiri. Jangan berikan kata sandi, kode – kode Telegram, nomor rekening, nomor telepon, dan lainnya jika bot tersebut memintanya.

Kamu juga perlu berhati hati dalam membuka suatu file yang dikirimkan oleh bot. Bisa saja file tersebut adalah jebakan untukmu yang memiliki kemungkinan besar untuk menyedot data pribadi atau menyebarkan virus.


Telegram bot adalah fitur canggih dari Telegram yang tidak dimiliki di banyak aplikasi chatting lain. Para pengguna Telegram dapat dengan bebas menggunakan fitur tersebut untuk meng-automatisasi segala aktivitasnya di Telegram.

Bagi para pengembang, Telegram bot menjadi salah satu cara mereka untuk melatih skill programming dan ide kreatif mereka untuk menciptakan bot – bot baru yang memiliki manfaat dan memberikan kemudahan bagi pengguna lain.

Namun meskipun Telegram bot terlihat baik dan positif, tentu yang namanya robot tentu harus tetap diwaspadai. Kamu juga perlu menjaga data pribadimu dengan tidak menyerahkannya kepada bot jika mereka memintanya.

Share woy :D

ariskisaputri

my contact : email : [email protected] | or my twitter : @AriskiSaputri

Tinggalkan Balasan