Cara buat akun WeChat terbaru

Pengguna ponsel pintar di tahun 2019 ini semakin tak terelakkan banyaknya terutama masyarakat Indonesia.  Dari banyaknya pengguna ponsel pintar, banyak juga yang mempunyai akun media sosial maupun pesan instan.

Nah bicara mengenai aplikasi chatting, untuk yang paling banyak pengguna dan terpopuler adalah aplikasi WhatsApp ya. Sampai2 mungkin ada sebagian dari kamu yang punya 2 akun whatsapp lebih dalam 1 ponsel. Ada juga dalam 1 ponsel memiliki beberapa akun aplikasi chat dan media sosial, seperti ada whatsapp, telegram, messanger, line, wechat, instagram dan facebook.

Hal tersebut gak bisa dipungkiri ya guys, karena banyaknya akun kamu, tetap harus aware dan selalu berhati-hati melindungi data pribadi kamu di media sosial atau internet, agar tidak terjadi pembajakan akun kamu oleh orang-orang yang berniat jahat.

Maka dari itu, beberapa aplikasi seperti WeChat, sekarang telah mengupgrade keamanan sistem didalamnya sehingga untuk pembuatan akunnya pun tak sembarangan, guna menghindari penyalahgunaan akun user-nya. T

ak heran, jika pembuatan akun WeChat terbaru ini sedikit lebih ketat.

Untuk itu di artikel kali ini, aku kasih tau kamu cara pembuatan akun WeChat terbaru, kendala yang terjadi dan solusinya. Sebelum kamu aplikasikan cara ini, coba baca dulu sampai akhir artikel guys, agar tidak gagal mendaftar. Ok, mari simak cara buat akun WeChat: 

Langkah buat akun baru WeChat

1. Buka Aplikasi WeChat di Hp kamu

2. Tap Sign Up dengan nomor ponsel. Bahasa bisa di ubah ke bahasa Indonesia jika tampilan awal adalah English agar lebih mudah.

Tap Sign Up dengan nomor ponsel
Tap Sign Up dengan nomor ponsel

3. Isikan nama kamu, nomor ponsel, sandi, dan edit foto profil. Untuk nomor ponsel isikan awal dengan 8, karena sudah tertera untuk kode area Indonesia +62 (0). Kata sandinya harus terdiri dari 8 sampai 16 karakter yang berisi angka dan huruf.

Masukkan nama, nomor ponsel dan sandi
Masukkan nama, nomor ponsel dan sandi

4. Kemudian akan diarahkan ke laman privacy policy, boleh di baca dulu atau langsung aja kamu ceklis kotak “saya telah membaca dan setuju dengan ketentuan diatas”, lalu tap selanjutnya.

Ceklis kotak "saya telah membaca dan setuju dengan ketentuan diatas"
Ceklis kotak “saya telah membaca dan setuju dengan ketentuan diatas”

5. Setelah itu ke laman pemeriksaan keamanan, tap saja mulai.

Tap Mulai
Tap Mulai

6. Selanjutnya geser puzzle pada gambar hingga pada posisi yang benar.

Geser puzzle
Geser puzzle

7. Langkah terakhir, isikan kode verifikasi yang telah dikirim via SMS, sebanyak 4 digits angka. Kemudian tap berikutnya.

Masukkan 4 digit kode verifikasi, lalu tap berikutnya
Masukkan 4 digit kode verifikasi, lalu tap berikutnya

8. Selesai sudah langkahnya dan aplikasi WeChat kamu siap digunakan.

Ok, seperti itu proses mendaftar akun Wechat dengan nomor ponsel. Kamu yang baca ini, mungkin ada yang sudah pernah mendaftar dan gagal?

Gagal mendaftar akun dan solusinya

Ada beberapa kendala yang aku alami juga guys saat mendaftar akun WeChat. Sedikit aku jelasin beberapa kendala saat mendaftar wechat, sebagai berikut:

Ketika daftar akun pertama menggunakan nomor sebut saja Indosat, ketika aku coba pas di laman pemeriksaan keamanan tertulis yang intinya jaringan sibuk, seperti gambar dibawah ini:

Capture gagal/kendala buat akun
Capture gagal/kendala buat akun

Setelah bisa daftar dengan nomor three pribadi aku, aku coba kembali mendaftar akun dengan nomor Indosat yang tadi dengan aplikasi multi akun (parallel space) dalam 1 HP, ternyata setelah langkah geser puzzle (pemeriksaan keamanan), ada keterangan yang intinya meminta bantuan teman untuk mendaftar dengan cara scan barcode yang tertera, seperti ini:

Capture gagal/kendala buat akun
Capture gagal/kendala buat akun WeChat

Lalu aku coba lagi mendaftar menggunakan HP+nomor ponsel adik aku. Ada beberapa nomor ponsel dengan 10,11,12 maupun 13 digit guys. Tapi pada umumnya, rata2 nomor terdiri dari 12 digit saja.

Eh, nomor ponsel adik aku ada 13 digit, ternyata gak bisa daftar juga, tertera tulisan invalid number gitu. Padahal nomor tersebut aktif dan bisa di akses untuk akun aplikasi WhatsApp.

Ok, pada akhirnya percobaan terakhir aku masih dengan ponsel adik menggunakan nomor ponsel Telkomsel bapak aku.

Udah sampai langkah kode kan guys, aku pikir berhasil ternyata ada pop up yang intinya nomor terblokir, seperti ini:

Capture gagal/kendala buat akun WeChat
Capture gagal/kendala buat akun WeChat

Dari kendala yang aku alami tersebut atau kamu mungkin juga mengalami hal yang sama gagal mendaftar akun WeChat, aku ada beberapa solusi yang bisa kamu terapkan, sebagai berikut:

  1. Dilaman pemeriksaan akun, jika jaringan sibuk atau error code, maka ulangi saja lagi, jika sudah 2x coba, silahkan ulangi beberapa saat lagi.
  2. Ponsel dan nomor yang digunakan adalah sama sekali belum pernah di gunakan untuk mendaftar akun WeChat.
  3. Kalau bisa daftarlah menggunakan nomor ponsel dengan 12 digit.
  4. Satu nomer ponsel hanya bisa digunakan untuk mendaftar 1 akun saja.

Jika semua solusi diatas sudah kamu lakukan dan masih gagal atau masalah terblokir nomor ponsel padahal belum pernah mendaftar sebelumnya, maka solusi lain adalah dengan bantuan WeChat help center, silahkan isi formulir dilaman tersebut. Tunggu balasan dari pihak customer support WeChat melalui email yang kamu isikan di formulir tersebut.

Kesimpulan dan Saran

Versi WeChat terbaru kali ini memang lebih sulit dan ketat dalam proses pendaftaran akun, maka dari itu aku maupun beberapa user juga mengalami kendala yang sama.

Diharapkan lakukanlah pendaftaran akun WeChat dengan hati-hati, maksudnya jika ingin berhasil mendaftar saran aku gunakan nomor dan ponsel yang sama sekali belum pernah digunakan.

Sekian tutorial kali ini semoga berhasil dan bermanfaat.

Share woy :D

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

Tinggalkan Balasan