Cara membuat grup Facebook (dan tips supaya banyak anggota)

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur grup di Facebook. Fitur ini bisa kalian manfaatkan untuk mengumpulkan teman kalian dalam satu “wadah” yang saling menghubungkan satu sama lain.

Selain teman yang sudah kalian kenal, kalian juga bisa mengumpulkan anggota dari semua kalangan, untuk kalian ajak bergabung di grup kalian dan membuat sebuah komunitas yang memiliki tujuan yang sama.

Misalkan saja kalian adalah seorang teknisi HP, kalian bisa membuat grup dengan tema yang menjurus kepada keahlian yang berhubungan dengan servis HP.

Kalian bisa menjaring orang-orang yang seprofesi untuk saling saring pengalaman mereka untuk menambah wawasan kalian pada bidang tersebut. Ini tentu sangat menguntungkan bagi kalian untuk pengembangan skill ataupun usaha yang kalian jalankan.

Untuk membuat grup di Facebook tidaklah begitu sulit, karena hanya dengan beberapa langkah saja kalian bisa membuatnya.

Yang perlu diperhatikan sebelum membuat grup

Sebelum kita masuk kelangkah-langkah membuat grup, ada satu hal yang perlu diperhatikan. Saat membuat grup nanti akan ada pilihan apakah grup yang dibuat itu adalah grup Privat atau grup Publik. Pilihan ini akan tergantung kepada jenis grup yang kalian inginkan.

Jika grup yang dibuat untuk kepentingan sekelompok kecil orang, misalnya grup kelas atau grup jurusan, maka sebaiknya pilih mode privat.

Sedangkan jika grup di buat untuk membahas topik tertentu, misalnya grup menjahit, melukis, dll sebaiknya di jadikan grup publik supaya bisa banyak anggotanya.

Jika ragu, sebaiknya pilih mode publik dulu. Mode publik bisa diubah ke mode private nanti, tapi jika sudah terlanjur mode privat, tidak bisa diubah lagi.

Langkah-langkah membuat grup Facebook (via aplikasi FB biasa)

1. Diberanda tap ikon “hamburger” dipojok kanan atas untuk menampilkan pilihan menu Facebook.
2. Dipilihan menu yang muncul, gulir kebawah dan cari menu “Grup”.

Baca juga :  Cara Mengganti Nama Grup di Facebook

3. Disini, tap ikon “plus” yang ada dibagian atas seperti pada gambar.
4. Selanjutnya pilih opsi “Buat Grup”.

5. Selanjutnya kalian tulis nama grup kalian di kolom “Nama”.
6. Tap kolom Privasi untuk memilih pengaturan privasinya. Jangan lupa tap “Selesai” setelah memilih privasi grup tsbt.

7. Jika sudah, kalian ketuk saja “buat grup” untuk membuat grup kalian.

Cara membuat grup Facebook (dan tips supaya banyak anggota) 13

8. Selanjutnya kalian akan disarankan untuk mengundang teman. Silahkan undang teman yang kalian perlukan disini. Jika sudah, tap “Selanjutnya”.

Cara membuat grup Facebook (dan tips supaya banyak anggota) 15

9. Langkah berikutnya, kalian akan diminta mengatur Foto sampul grup. Jika sudah, tap “Selanjutnya”.
10. Setelah itu kalian akan diminta mengisi deskripsi grup. Isi dengan deskripsi singkat saja, setelah itu tap “Selanjutnya”.

11. Terakhir kalian akan diminta membuat postingan pertama di grup tsbt. Silahkan tulis (nanti bisa dihapus, jadi tidak perlu terlalu serius disini). Jika sudah, tap “Selesai”.

Cara membuat grup Facebook (dan tips supaya banyak anggota) 21

12. Jika semua sudah selesai semua stepnya, kalian akan dibawa kehalaman beranda grup kalian.

Cara membuat grup Facebook (dan tips supaya banyak anggota) 23

Tidak sulit kan ya? Jangan terlalu takut salah dilangkah-langkah diatas, karena kalian bisa mengubah semuanya nanti (kecuali privasi grup yang di privat).

Langkah-langkah membuat grup Facebook (via FB lite)

Sebenarnya untuk membuat grup di Facebook biasa maupun Facebook lite tidak jauh berbeda, perbedaan hanya terdapat pada tampilanya saja. Kalian bisa mengikuti langah di bawa untuk membuat grup di Facebook Lite.

1. Mulai dengan ketuk ikon hamburger menu.

Cara membuat grup Facebook (dan tips supaya banyak anggota) 25

2. Setelah itu cari dan pilih menu “Grup”.

Cara membuat grup Facebook (dan tips supaya banyak anggota) 27

3. Selanjutnya pilih menu “Buat Grup” yang ada di bar atas.

Cara membuat grup Facebook (dan tips supaya banyak anggota) 29

4. Dihalaman buat grup, isi nama grup, foto sampul dan privasi grup kalian. Setelah itu ketuk “Buat”.

Cara membuat grup Facebook (dan tips supaya banyak anggota) 31

5. Selanjutnya undang anggota yang perlu diundang, lalu ketuk “Selesai”.

Cara membuat grup Facebook (dan tips supaya banyak anggota) 33

6. Selanjutnya masukkan deskripsi grup, dan ketuk “Selesai”.

Cara membuat grup Facebook (dan tips supaya banyak anggota) 35

7. Selanjutnya kalian akan diminta membuat postingan pertama kalian. Skip saja dengan menekan “Selesai” dipojok kanan atas.

Cara membuat grup Facebook (dan tips supaya banyak anggota) 37

8. Selesai. Kalian akan dibawa kehalaman depan grup kalian.

Cara membuat grup Facebook (dan tips supaya banyak anggota) 39

Yang perlu dilakukan setelah berhasil membuat grup

Yang perlu kalian lakukan selanjutnya adalah menjelajahi dan mempelajari menu dan opsi yang tersedia untuk kalian sebagai admin grup tsbt.

Baca juga :  Cara aman belanja di marketplace Facebook

Ada banyak pengaturan grup mulai dari pengaturan postingan anggota hingga lencana grup, dll.

Jika sudah, silahkan atur semua pengaturannya agar “sesuai” dengan grup yang ingin kalian buat diawal. Jika misalnya grup tsbt adalah grup sekolahan, pastikan semua anggota bisa posting tanpa batasan. Pastikan grup sudah di privat supaya lebih bebas.

Atau jika grup tersebut adalah grup yang kalian inginkan punya ratusan ribu anggota, pastikan kalian mengatur fitur admin assist untuk membantu kalian mengelola postingan yang masuk. Saat anggota mulai banyak, spammer akan mulai banyak juga, jadi manfaatkan fitur yang tersedia untuk mengurangi beban kerja kalian.

Jangan sembarang angkat admin grup

Mungkin sebagian dari kalian sudah tau, tapi buat yang belum tau, hal ini perlu ditekankan sekali lagi.

Jangan sembarang mengangkat admin.

Sudah banyak kejadian grup diambil alih (dicuri) oleh admin baru. Setelah mereka diangkat, admin baru langsung menghapus admin lain.

Admin ini merupakan anggota dengan full akses, tidak hanya mengatur pengaturan grup, bahkan menghapus owner dan admin lainnya dari grup tsbt.

Jika kalian butuh bantuan mengelola grup, maka angkat moderator bukan admin. Baca terkait admin dan moderator disini https://bukugue.com/menambahkan-admin-atau-moderator-di-grup-facebook/. Disana dijelaskan lebih detail.

Tips supaya grup Facebook kita menarik dan punya banyak anggota

Tidak semua grup Facebook memerlukan perlakuan khusus untuk berkembang. Ada juga grup-grup yang tidak memerlukan cara untuk menarik minat calon anggotanya. Contohnya grup sekolah, grup keluarga, grup kantor, dan lain sebagainya.

Namun jika grup yang akan kalian buat ini merupakan grup umum yang memerlukan orang luar menjadi anggota, maka kalian harus memiliki strategi untuk menarik minat mereka untuk bergabung di grup kalian.

Untuk beberapa tips dan triknya kalian bisa coba dengan cara-cara di bawah ini.

1. Buat tema grup yang spesifik.

Dengan membuat grup yang lebih spesifik akan memudahkan kalian saat akan mengembangkan grup kalian.

Jika kalian ingin membuat grup gaming, bisa mulai dari game yang populer. Misalnya saja membuat grup khusus “Minecraft” atau “GTA V”. Ini lebih baik dari pada membuat grup game yang menampung banyak game.

Baca juga :  Cara menambahkan stiker keren ke chat di aplikasi facebook

Fokus ke satu jenis game bisa membuat grup lebih menarik.

2. Buat aturan grup yang jelas.

Usahakan grup yang kalian buat harus memiliki peraturan yang jelas, supaya grup kalian lebih nyaman ditempati. Grup yang banyak spammer, penipu ataupun bully tentu tidak akan nyaman untuk ditempati.

Inilah pentingnya untuk membuat aturan yang jelas dari awal. Sehingga kalian bisa mengendalikan suasana didalam grup dengan mudah.

3. Pahami persaingan kalian.

Jika sudah ada grup yang sama persis topiknya dengan kalian, artinya kalian punya saingan ketat. Akan sulit untuk grup baru menarik anggota jika sudah ada grup lama dengan ratusan ribu anggota.

Yang perlu kalian lakukan adalah pahami saingan kalian. Lihat apakah disana ada celah yang bisa kalian manfaatkan.

Misalnya apakah grup tsbt anggotanya puas atau tidak. Jika tidak puas, pahami dimana sumber ketidakpuasan mereka. Mungkin adminnya yang jarang online, atau terlalu banyak SPAM, dll.

Pastikan grup yang kalian punya, mejawab ketidakpuasan tsbt.

4. Promosi

Kalian bisa promosi di grup yang memiliki topik yang sama atau yang saling berhubungan.

Jika promosi di grup dengan topik yang sama, pastikan promo-nya lebih “samar” , supaya tidak kena blokir admin grup tsbt.

Untuk grup yang berhubungan namun tidak sama persis, kalian bisa lebih “jelas” promo-nya. Yang penting ikuti aturan yang berlaku digrup tsbt. Pastikan juga memilih grup yang erat kaitannya, sehingga kalian bisa lebih fokus promosinya ke grup-grup tsbt.

5. Pivot topik grup kalian jika perlu.

Jika kalian tidak berhasil menarik anggota dari grup yang sudah besar tsbt. Mungkin kalian perlu mempersempit topik grup kalian.

Misalnya saja, untuk grup “Minecraft Indonesia”, kalian bisa mengubah grup kalian menjadi “Komunitas Minecraft sunda”, lebih spesifik ke orang sunda. Atau misalnya ubah menjadi “Minecraft mod Indonesia” membahas mod Minecraft di Indonesia, atau “Minecraft memes Indonesia” untuk grup memes terkait Minecraft.


Mungkin hanya itu yang bisa dibahas terkait topik “membuat grup di Facebook”. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan kirimkan pertanyaan kalian dikolom komentar dibawah.

Sekian dan terimakasih.

2 tanggapan untuk “Cara membuat grup Facebook (dan tips supaya banyak anggota)”

  1. Ajimulyana Avatar
    Ajimulyana

    Terimakasih atas informasinya,sangat membantu sekali

    1. yudha Avatar
      yudha

      Senang bisa membantu mas bro..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.