Cara membuat link undangan chat pribadi dan grup di Telegram

Telegram merupakan aplikasi perpesanan yang memiliki kemiripan dengan Whatsapp. Meskipun beberapa fitur yang dimiliki Telegram lebih menarik dibandingkan Whatsapp, tapi Telegram kurang populer di kalangan pengguna smartphone tanah air. Mungkin ini disebabkan Telegram muncul lebih belakangan daripada Whatsapp.

Biar bagaimanapun Telegram tetap memiliki pengguna setia.

Apakah kamu pengguna baru Telegram, yang masih belum tahu seluk-beluk Telegram? Jika iya, ada satu hal yang bisa kamu lakukan usai membuat akun Telegram, yaitu membuat tautan untuk mengundang seorang untuk chat secara personal dan grup.

Link tadi nanti bisa dibagikan via SMS, email, website, dan aplikasi perpesanan lainnya.

Masih bingung dengan fitur yang dimaksud? berikut penjelasannya.

A. Membuat link undangan di Telegram buat pribadi

Link undangan untuk pribadi berguna jika kamu ingin mengundang seseorang chit-chat di Telegram tanpa harus mengetahui nomor telpon. Jadi orang tersebut tinggal klik link tersebut, dan sudah bisa chit-chat denganmu. Syaratnya dia sudah harus memiliki akun Telegram. Langkah-langkanya sebagai berikut!

1. Buka aplikasi telegram.
2. Tap tiga garis di kiri atas. Tap pengaturan.

3. Dibagian pengaturan, tap username.

4. Tap tautan link username-mu untuk menyalinnya, lalu silakan bagikan tautan link tersebut kemanapun – email, website, dll. Orang yang nanti masuk melalui tautan tersebut dapat melakukan chat secara langsung denganmu.

Kamu bisa mengganti username sehingga link kamu bisa kelihatan lebih bagus dan mudah diingat. Saranku untuk tidak menggunakan angka dalam username dan sebaiknya tidak terlalu panjang usernamenya.

B. Membuat link undangan di Telegram buat grup

Link undangan untuk grup bermanfaat jika kamu ingin mengajak seseorang masuk ke grup tanpa harus mengetahui nomor telpon orang tersebut. Untuk melakukannya kamu harus menjadi seorang admin. Jika kamu bukan admin di grup tersebut, maka kamu tidak bisa melakukannya.

1. Buka aplikasi Telegram.
2. Tap grup Telegram-mu, dan tap bagian nama grup.
3. Tap tambah anggota grup.

4. Tap undang ke grup melalui tautan.

5. Silakan salin link tautan undangan tersebut kemanapun – SMS, email, website, dan aplikasi perpesanan lainnya.


Tidak sulit bukan membuat link undangan di Telegram buat diri sendiri dan grup? Caranya benar-benar mirip dengan cara membuat tautan Whatsapp.

Sekian pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk bertanya dikolom komentar dibawah ini.

Tinggalkan Balasan