Cara membuat NGL link di IG ( di Bio, Story, dll)

Beberapa bulan lalu ada trend baru di Instagram yang cukup seru untuk diikuti, yaitu mengunggah link khusus (NGL link) di stories.

Saat orang lain membuka link tersebut, mereka bisa menjawab pertanyaan yang kamu ajukan secara anonim. Dengan kata lain, kamu tidak akan tahu siapa yang memberi pesan padamu lewat link tersebut.

Cara membuat NGL link di IG ( di Bio, Story, dll) 1

Tentunya ini sangat seru untuk dilakukan. Kamu bisa mendapatkan pesan dari orang lain tanpa tahu siapa orang yang mengirim pesan padamu. Kamu akan tersenyum saat membuka pesannya karena kemungkinan besar kamu mengira bahwa temanmu yang melakukannya. Tetapi di sisi lain, kamu tidak tahu teman yang mana. Ya, walaupun mungkin juga kamu akan mendapatkan pesan yang menyakitkan.

Terlepas dari pesan seperti apa yang kamu dapatkan, melakukan hal di atas memang sangat menarik dan seru. Jadi tidak heran jika aktivitas seperti ini menjadi trend di Instragram dan banyak diikuti oleh pengguna sosial media tersebut.

Jadi apa itu NGL link di instagram?

NGL sendiri adalah aplikasi yang namanya merupakan singkatan dari “not gonna lie” yang dalam bahasa Indonesia berarti “tidak akan bohong”. Ini memang sesuai dengan cara kerjanya dimana orang bisa mengirimkan pertanyaan atau respon pertanyaanmu dengan jujur karena identitas mereka yang dirahasiakan.

Aplikasi ini diluncurkan bulan November 2021 namun popularitasnya meningkat dengan tajam di bulan Juni 2022 lalu. Banyak orang menggunakan aplikasi tersebut untuk memasang link di story IG.

Ini link situs resmi-nya ngl.link dan ini link download aplikasinya di playstore play.google.com/store/apps/details?id=com.nglreactnative

Membuat NGL Link di story Instagram

Untuk menempelkan link NGL di story IG, kamu perlu membuat link-nya dulu, lalu mempostingnya melalui bantuan stiker tautan. Jika tidak paham, bisa ikuti proses dibawah.

1. Install aplikasi NGL dari playstore.
2. Buka aplikasi NGL, kemudian tap “Mulailah!”.

tap “Mulailah!”.

3. Masukkan nama akun Instagrammu. Kemudian tap “Selesai”.

Masukan nama akun Instagrammu. Kemudian tap “Selesai”.

4. Isi atau pilih pertanyaan, lalu tap “Salin tautan”.

Kamu bisa mengetik sendiri pertanyaanmu, atau kamu bisa menekan ikon dadu di kanan bawah pertanyaan untuk mendapatkan pertanyaan secara acak.

Ketik pertanyaan lalu tap salin tautan.

5. Link berhasil di-copy. Tap “Ok” untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Tap “Ok”

6. Buka Instagram, kemudian tap “Cerita Anda”.

tap “Cerita Anda”.

7. Buat cerita seperti biasa. Tambahkan foto, dll.
8. Selanjutnya dibagian pengeditan cerita, tap ikon “stickers”.

 tap ikon “stickers”.

9. Pilih stiker “Tautan”.

Tap “Tautan”.

10. Masukkan link NGL tadi dikolom URL.

Kamu bisa ketik manual, atau kalau linknya terlalu panjang, bisa tekan dan tahan dikolom “URL” tadi lalu pilih menu “Paste” atau “Tempel”.

11. Jika sudah, tap “Selesai” di kanan atas.

Tap “Selesai” di kanan atas.

12. Link menuju pertanyaan dari NGL sudah berhasil ditempelkan di ceritamu.

Link berhasil dibagikan.

13. Terakhir, kamu tinggal lanjutkan edit dan bagikan cerita tsbt seperti biasa.

Membuat NGL link di Bio Instagram

Story IG hanya bertahan satu hari saja. Dengan begitu, link yang kamu tempel juga akan menghilang. Nah, kalau kamu ingin membagikan link dengan durasi yang jauh lebih lama, maka kamu bisa membagikannya di halaman profilmu.

Untuk melakukan hal tersebut, kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1-5 sama dengan proses sebelumnya, kamu perlu membuat NGL link di aplikasi-nya, lalu meng-copy NGL link yang dibuat tadi.

6. Buka Instagram, masuk kehalaman profil kamu.
7. Disana tap “Edit Profil”.

Tap “Edit Profil”.

8. Selanjutnya Tap “Tautan”

Tap “Tautan”

9. Tap “Tambahkan tautan eksternal”.

Tap “Tambahkan tautan eksternal”.

10. Tap dan tahan pada “URL”, kemudian tap “Tempel”.

11. Jika sudah, silahkan beri judul untuk link tersebut, kemudian tap ikon ceklist di kanan atas.

Tap ikon ceklist

12. Link sudah berhasil ditempel.

Link sudah berhasil ditempel.

13. Selanjutnya, silahkan kembali ke halaman profil dan kamu akan menemukan link NGL di sana.

link akan muncul di halaman profil.

Apa yang terjadi saat NGL link di klik teman kamu?

Teman yang mengklik link kamu akan dibawa ke halaman yang berisi pertanyaan yang kamu tuliskan di aplikasi NGL sebelumnya. Berikut contoh tampilannya.

Cara membuat NGL link di IG ( di Bio, Story, dll) 1

Disini teman tidak perlu login instagram, tidak perlu install aplikasi NGL-nya, mereka akan dihadapkan kehalaman tsbt dan langsung bisa mengisi pesan yang ingin dikirimkan ke kamu.

Dimana pesan yang dikirimkan bisa dilihat?

Pesan yang dikirimkan bisa dilihat di aplikasi NGL, bukan Instagram, karena proses kirim pesannya dilakukan disitus NGL.link tadi. Untuk proses melihatnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka aplikasi NGL, lalu geser ke kanan atau tap “Inbox” di bagian atas.

tap “Inbox” di bagian atas.

2. Kamu akan menemukan sejumlah amplop surat dengan segel bentuk love. Itu adalah pesan yang kamu terima dari orang lain. Silahkan tap pesan tersebut untuk mengetahui isi pesannya.

Tap pesan untuk mengetahui isinya.

3. Kamu akan menemukan pesannya. Sekarang kamu bisa membalas pesan dengan cara tap “Balas”.

Tap "Balas" untuk membalas pesan.

4. Kamu akan diarahkan ke cerita. Jadi, kamu bisa menjawab pesan dengan membuat cerita baru.

Balas pesan dengan membuat cerita baru.

Bagaimana mudah bukan?


Itulah cara untuk mendapatkan pesan di Instagram secara anonim dengan menggunakan aplikasi NGL. Setelah saya coba, orang lain memang bisa membuka link yang kita bagikan kemudian menjawab pertanyaan yang kita ajukan.

Tetapi ada sedikit keanehan ketika melakukan uji coba untuk aplikasi tersebut, yaitu saya tidak terlalu aktif di Instagram tetapi bisa mendapatkan pesan yang lumayan banyak dalam waktu beberapa hari.

Pesan yang saya terima juga terasa seperti bukan dari orang yang saya kenal. Jadi saya putuskan untuk mencari lebih banyak informasi mengenai hal ini. Dan hasilnya, sejumlah artikel dari techcrunch.com menunjukan bahwa aplikasi ini akan mengirim pesan otomatis jika tidak ada interaksi dalam kurun waktu tertentu setelah link dibagikan.

Selain itu, pihak aplikasi menawarkan pengguna untuk berlangganan versi pro jika pengguna ingin mengetahui siapa yang mengirim pesan. Saya sendiri belum mencoba versi pro-nya, tetapi sejumlah user mengatakan bahwa ternyata aplikasi tidak menampilkan nama pengirim. Aplikasi NGL hanya memberikan petunjuk yang tidak terlalu penting seperti smartphone yang dipakai atau lokasi si pengirim.

Jadi, jangan terlalu serius dalam menanggapi aplikasi ini karena kita tidak tahu apakah memang benar teman kita yang mengirim pesan atau pesan yang diterima merupakan pesan otomatis dari bot NGL.

Kalau ingin mencoba, jadikan sebagai sebuah hiburan saja. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *