Cara Membuat Pertanyaan Saat Masuk di Grup Facebook

Terbit

Diperbarui

Membangun komunitas atau grup secara online adalah salah satu fitur unggulan yang diberikan oleh Facebook bagi penggunanya. Di dalam grup ini, Facebook telah menambahkan fitur yang memungkinkan Admin untuk mengatur pertanyaan untuk orang yang ingin bergabung dengan Grup kita.

Nah jika kamu adalah pemilik grup atau admin grup kamu bisa memanfaatkan fitur ini. Dengan menambahkan pertanyaan keanggotaan dapat memberi kita gambaran apakah orang yang meminta untuk bergabung itu cocok atau tidak.

Dan fitur pertanyaan di Grup Facebook memiliki kelebihan untuk membantu Admin menyaring profil palsu agar tidak bergabung dengan grupnya. Admin juga bisa membuat aturan yang akan meminta anggota untuk menyetujui aturan grup sebelum mengajukan permintaan keanggotaan.

Nah untuk itu di artikel kali ini saya akan membagikan langkah mudah membuat pertanyaan untuk orang yang ingin bergabung dengan grup kita.

Langkah-langkah membuat pertanyaan keanggotaan grup Facebook

1. Buka aplikasi Facebook kalian. Disini saya menggunakan aplikasi FB biasa.

2. Tap gambar icon grup di bagian atas.

3. Pilih opsi ‘Grup Anda’.

4. Masuk ke grup yang kamu kelola.

5. Dihalaman awal grup, pilih ikon ‘perisai dengan bintang’ untuk masuk ke pengaturan admin.

6. Selanjutnya pilih opsi ‘Pertanyaan Keanggotaan’.

7. Kemudian ‘Tambah Pertanyaan’.

8. Isi kolom pertanyaan sesuai keinginan.

9. Setelah terisi pertanyaan, klik opsi ‘Pilihan Ganda’ untuk memilih opsi jawaban.

10. Muncul 3 opsi disini, yaitu Pilihan Ganda, Kontak Centang dan Jawaban Tertulis. Nah jika memilih Pilihan Ganda maka nanti bagian jawabannya seperti pilihan ganda, bisa dipilih salah satu jawaban. Jika memilih Kotak Centang maka bagian jawaban terdapat kotak centang, dan bisa dipilih lebih dari satu. Jika memilih Jawaban Tertulis maka kotak jawaban harus diisi dengan tulisan.

Disini saya pilih “Pilihan ganda”.

11. Selanjutnya pilih ‘Tambah Opsi’.

12. Isi kolom jawaban tersebut sesuai keinginan.
13. Kemudian klik lagi ‘Tambah Opsi’, minimal 2 opsi. Setelah itu ‘Simpan’.

14. Selesai, saat seseorang masuk ke grup kamu dan mengklik Gabung, mereka akan melihat formulir yang menyertakan pertanyaan yang telah kamu tetapkan tsbt.

Contoh-contoh pertanyaan keanggotaan grup

Admin harus bisa mengoptimalkan fitur ini untuk kebijakan dan perkembangan grup. Untuk rekomendasi berikut contoh pertanyaan saat masuk grup Facebook :

1. Pertanyaan terkait ketentuan Aturan Grup. Grup dengan aturan yang kamu buat akan menjadi tempat yang nyaman untuk angota-anggota yang lain. Dengan pertanyaan sebelum masuk Grup, kita harus memastikan calon anggota harus bersedia mentaati aturan.

Contoh:

“Bersediakah anda mentaati aturan? Jika melanggar anda akan di blokir dari grup”. Untuk jawabannya beri opsi ‘Pilihan ganda’.

2. Pertanyaan terkait kebijakan Grup. Melalui pertanyaan ingatkan seseorang yang akan bergabung, bahwa Grup memiliki privasi dan berharap privasi ini dijaga oleh calon anggota baru.

Contoh:

“Bersediakah Anda mematuhi dan menjunjung tinggi privasi grup?”. Untuk jawabannya beri opsi ‘Pilihan ganda’.

3. Pertanyaan terkait tujuan Bergabung. Disini bisa ditanyakan tujuan orang tersebut bergabung dengan Grup kamu. Pertanyaan ini berguna untuk menyamakan dengan tujuan topik/tema grup. Sehingga nanti yang bergabung adalah orang-orang dengan kesamaan persepsi, tujuan dan kesukaan pada topik yang sama.

Contoh:

“Apa tujuan kamu bergabung grup ini”. Untuk jawabannya beri opsi ‘jawaban tertulis’.

4. Pertanyaan terkait data tertentu. Kamu bisa meminta data seperti email untuk yang ingin bergabung atau mungkin nomor telpon. Misalnya kamu punya grup terkait jasa kamu, dan kamu bisa buat pertanyaan terkait email, supaya kamu bisa approve klien yang emailnya kamu ketahui. Jadi tidak asal approve saja.

Contoh:

“Masukkan email yang digunakan untuk komunikasi dengan jasa saya sebelumnya”. Untuk jawabannya beri opsi ‘jawaban tertulis’.


Nah itulah artikel tentang cara membuat pertanyaan saat masuk di Grup Facebook. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *