Cara Membuat Postingan Anonim di Grup Facebook (Lengkap)

Terbit

Diperbarui

Kamu mungkin pernah lihat ada postingan anonim di grup yang kamu ikuti. Postingan anonim seperti ini bisa bermanfaat jika kamu ingin bertanya pertanyaan yang sifatnya cukup privat di Facebook.

Itulah yang akan dibahas kali ini.

Namun sebelum kita masuk ke cara membuatnya, pahami bahwa fitur ini tidak 100% menjaga privasi kamu. Jadi aku akan bahas hal tsbt dulu ya.

Apa Itu Fitur “Posting Secara Anonim” di Grup Facebook?

Fitur postingan anonim adalah fitur yang memungkinkan anggota sebuah grup Facebook untuk membuat postingan sambil menyembunyikan identitasnya sebagai pembuat postingan tsbt.

Disini Facebook akan otomatis menyembunyikan profil akunnya sehingga anggota lain tidak mengetahui siapa pembuat postingan tsbt. 

Meski begitu, beberapa pihak — seperti admin grup, moderator grup, serta sistem Facebook — tetap bisa melihat identitas asli si pembuat postingan anonim. Hal ini agar pihak-pihak trsbt dapat mengontrol posting anonim apabila berpotensi membuat gaduh grup.

Langkah-langkah Membuat Postingan Anonim di Grup Facebook

Fitur ini tidak tersedia disemua grup Facebook, selain itu secara default fiturnya dalam keadaan nonaktif. Jadi admin ataupun owner grup perlu mengaktifkan fitur ini sebelum anggota bisa gunakan fitur ini.

Intinya adalah, jika kamu tidak temukan tombol ‘Posting secara anonim’ seperti yang dijelaskan dibawah ini, berarti fitur tsbt memang tidak tersedia.

  1. Bukalah aplikasi Facebook kamu seperti biasa.
  2. Buka grup yang kamu ingin kirimkan postingan anonimmu.
  3. Tap kolom ‘Tulis sesuatu‘ untuk mulai buat postingan baru digrup tsbt. 
  1. Nanti kamu akan diarahkan ke halaman membuat posting seperti dibawah. Di bagian atas kolom posting, akan muncul opsi membuat “Posting Secara Anonim”. Aktifkan opsi trsbt untuk mengaktifkan fitur postingan anonim. 
  1. Saat muncul jendela konfirmasi, kamu tap tombol ‘Saya Mengerti‘.
  1. Setelahnya, kamu tinggal mengisi kolom posting seperti membuat postingan biasanya. 
  2. Jika sudah, kamu tap tombol ‘Posting‘.
  1. Selesai. Kamu tinggal lihat nanti apakah postingan anonim-mu langsung muncul atau tidak. Jika tidak langsung muncul, maka tidak perlu khawatir. Sebab, postingan anonim-mu sedang menunggu persetujuan dari admin grup terlebih dulu untuk bisa tampil. 

Kenapa Kita Tidak Bisa Membuat Posting Secara Anonim di Grup Facebook? Apa solusinya?

Meski tampak mudah dibuat, tapi ada juga orang-orang yang mengaku tak bisa membuat posting anonim di grup Facebook. Hal ini memang bisa terjadi, ada tiga penyebabnya menurut laman pusat bantuan Facebook. Kamu bisa lihat screenshot dibawah ini.

Bisa dilihat disana, ada tiga kemungkinan kenapa tidak ada tombol ‘Posting secara anonim’ untukmu,

  1. Fitur ini tidak tersedia untukmu.
  2. Fiturnya tidak tersedia di grup tsbt.
  3. Admin tidak mengaktifkan fitur tsbt.

Disini Facebook sayangnya tidak menjelaskan dengan detail maksud dari point satu dan dua disana. Namun dari yang aku baca-baca di Internet, kemungkinan Facebook mematikan fitur tsbt adalah dalam bentuk penalti atau hukuman, terhadap akun ataupun grup tertentu yang menyalahgunakan fitur ini untuk menyebarkan informasi salah dan ujaran kebencian.

Jika yang terjadi adalah poin 1 dan 2, maka tidak ada solusinya ya disini. Namun jika yang terjadi adalah poin 3, maka solusinya adalah menghubungi admin dan meminta admin untuk mengaktifkan fitur ini.


Apa pendapatmu tentang fitur ini? Apakah fitur ini berguna dan menjadikan main Facebook lebih asyik? Atau justru sebaliknya, fitur ini malah akan mengurangi keasikan karena membuat kita tidak tahu profil pemosting. Coba berikan pendapatmu di kolom komentar. 

Oke, sekian artikel aku kali ini. Kita jumpa lagi pada artikel selanjutnya.

Sumber :

1. https://m.facebook.com/help/832270967369626/bantuan-aplikasi-android/?helpref=platform_switcher&cms_platform=android-app

2. https://www.quora.com/I-m-unable-to-make-anonymous-posts-in-Facebook-groups-with-an-active-post-anonymous-option-by-admins-What-s-the-issue-I-can-t-see-anonymous-tab-under-write-something-in-any-group

3. Pengalaman dan dokumentasi pribadi.

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *