Cara membuat pintasan (shortcut) kontak WhatsApp di ponsel kamu

Pernahkah kamu memiliki pasangan yang selalu ingin menerima kabarmu? Atau saat ini kamu sedang mengejar seseorang dan rasanya ingin memberinya kabar terus? Atau kamu seorang dropshipper/reseller yang harus membuka chat owner dengan cepat tanpa ribet alias sekali sentuh saja?

Jika iya, tenang, kali ini penulis akan membahas bagaimana caranya membuat shortcut/pintasan chat whatsapp seseorang ke menu utama kamu.

Dengan adanya shortcut ini, kamu tidak perlu ribet-ribet membuka Whatsapp, lalu scroll ke bawah mencari kontak yang paling sering kamu hubungi. Cukup sekali sentuh, maka kamu sudah bisa mengirim pesan ke kontak yang telah kamu buat shortcutnya.

Fitur ini memang sudah disediakan pihak Whatsapp, artinya fitur ini adalah fitur bawaan dari Whatsapp. Mungkin fitur ini belum banyak diketahui banyak orang, langsung saja, simak caranya

Cara Membuat Shortcut/Pintasan

1. Buka Whatsapp-mu. Pilih dan tahan 2-4 detik pada chat yang ingin kamu buat shorcut/pintasannya. Maka akan muncul menu tambahan di atas layar.

2. Pilih titik tiga di pojok kanan atas.

Pilih titik 3 di pojok kanan atas

3. Pilih Tambah pintasan chat.

Pilih buat pintasan chat
Pilih buat pintasan chat

Yudha : Aku barusan coba sendiri, mungkin karena beda hp dan beda versi OS nya, ada sedikit langkah tambahan setelah langkah ini. Setelah pilih “Tambah pintasan chat”, akan muncul pop-up yang menanyakan apakah aku akan meletakkan shortcut secara otomatis di homescreen, atau aku ingin meletakkan shortcut-nya secara manual. Kalau aku pilih otomatis, maka akan sama dengan dilangkah nomer 4 dibawah ini. Sedangkan saat aku pilih manual, aku nanti bisa pilih dan drag widget yang tersedia ke posisi yang aku inginkan di homescreen.

4. Kembali ke menu kamu, maka kamu akan melihat ikon baru di menu kamu, ikonnya adalah foto teman kamu yang telah kamu buat shorcut-nya, nama ikonnya adalah nama kontak temanmu.

Shorcut chat sudah muncul di menu kamu

Cara menghapus shortcut chat yang ada di homescreen

Jika kamu sudah tidak ingin menggunakan shorcut/pintasannya, kamu bisa menghapus ikon tersebut.

Intinya, untuk menghapus pintasan tersebut sama seperti langkah-langkah hendak meng-uninstall sebuah aplikasi.

Cara ini sudah dipraktikkan oleh penulis menggunakan HP Vivo Y53. Jika kamu menggunakan smartphone dengan merk dan seri yang berbeda, kemungkinan cara menghapus pintasannya akan berbeda. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Tahan 2-4 detik ikon pintasan Whatsapp, maka akan muncul tanda silang di bagian pojok ikonnya.
2. Tap tanda silang tersebut, otomatis shortcut/pintasan itu hilang dari menu kamu.

Pilih tanda silang

3. Shorcut kamu hilang dari menu kamu.


Kelebihan

  1. Cara ini cukup mudah untuk dipraktikkan, kamu hanya memerlukan 3 langkah mudah untuk membuat shorcutnya.
  2. Kamu lebih cepat untuk mengakses/mengirim pesan ke orang-orang tertentu.
  3. Tidak hanya satu kontak saja, kamu bisa membuat banyak shortcut di laman home kamu.

Kekurangan

  1. Sayangnya jika kamu mempraktikkan cara ini, seolah-olah privasimu tidak terjaga karena kamu memasang chatmu dengan orang lain di “tempat umum”. Artinya jika orang lain meminjam hp-mu dan melihat-lihat menumu, maka orang itu bisa dengan mudahnya melihat chat-mu dengan kontak yang kamu buat shortcutnya.
  2. Ikon yang muncul di menu pecah. Hal ini membuat menumu tidak rapi. Sebenarnya bukan masalah yang serius, hal ini hanya mengganggu pemandangan sebentar saja.

Cukup mudah bukan? Cara ini tidak ribet, hanya beberapa langkah saja, maka kamu sudah bisa membuat shorcut di menu utama kamu.

Jangan lupa tinggalkan komentar dan share tulisan ini jika dirasa bermanfaat.

Selamat mencoba!

Andreas Aditya Yoga Prasasta

Nikmati apa yang ada, gak cuman yang seneng yang harus dinikmati. Yang susah pun juga harus dinikmati. Jika tak bisa dinikmati, cukup jalani

This Post Has 2 Comments

  1. Avatar

    Pintas selalu datang pada jam2 tertentu, sdh dihapus datang lagi , hapus datang lagi, sampei no.wa tsb saya hapus , tp masih saja datang, bagaimana solusinya , thx

    1. Avatar

      horor ya mas…

      sepertinya bug itu mas.. harusnya sudah dihapus ya hilang..

      itu kontak siapa? ada kemungkinan ponsel mas ada yang akses selain mas? kalau ga orang lain yang jail, ponsel mas ada bug, atau ponsel kena instalin sejenis aplikasi spyware/berbagi layar yang bisa kontrol ponsel dari jarak jauh..

      saranku mungkin, coba pasangin password/pattern diponsel, pastikan kalau ga ada org yang bisa akses… kalau masih muncul, bisa test hapus dan instal ulang wa nya, kalau masih juga, saran terakhir ya faktori reset untuk mastiin seluruhnya hilang, baru install lagi wa nya…

Tinggalkan Balasan