Cara Membuat Status WA Video Panjang (Lengkap)

Fitur status WhatsApp sudah menjadi bagian penting saat kita ingin berbagi informasi kepada orang lain baik gambar, teks, dan video. Berbicara mengenai status WhatsApp bentuk video, kita tahu bahwa aplikasi ini hanya membatasi maksimal 30 detik untuk satu videonya.

Hal ini tidak masalah jika video yang ingin dibuat status memiliki durasi pendek atau kurang dari 30 detik. Namun, bagaimana jika video-nya justru lebih lama daripada batas yang bisa diupload ke status WhatsApp?

Tentu kita akan kerepotan karena harus mengupload bagian yang belum dipilih sekaligus menyesuaikan bagian akhir video dengan awal video yang baru. Lantas bagaimana cara agar bisa membuat status WhatsApp video nyambung dengan mudah? 

Kamu datang di artikel yang tepat. Berikut ada satu aplikasi yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah tersebut. Tinggal simak penjelasannya di bawah!

Yang perlu diketahui

Kita tidak bisa mem-bypass atau melanggar batasan dari WhatsApp. Batasan dari WhatsApp adalah panjang video maksimal 30 detik. Tidak ada aplikasi ataupun metode yang bisa dipakai untuk melewati batasan tsbt.

Namun ada solusi alternatifnya.

Solusinya adalah membuat status berurutan dan bersambung. Satu video durasi dua menit misalnya bisa menjadi empat status video 30 detik yang saling berurutan.

Itulah yang akan dibahas disini. Ada dua cara untuk melakukan hal ini, bisa dengan cara manual tanpa bantuan aplikasi, dan cara cepat dengan bantuan aplikasi.

Simak pembahasannya dibawah,

Membuat status WA panjang yang nyambung tanpa aplikasi tambahan

Hal ini bisa dilakukan secara langsung diaplikasi WhatsApp kamu. Hal ini sudah dimention sedikit sebelumnya diatas. Yup, kita akan proses manual. Buat yang sudah tau, bisa skip bagian ini dan lanjut kebahasan selanjutnya.

Baca juga :  Cara membuat whatsapp transparan tanpa WA Mod

Berikut langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke halaman pembuatan status WhatsApp seperti biasa.
  2. Pilih video yang ingin dijadikan status.
  3. Upload 30 detik pertama video tsbt.
  4. Silahkan cek hasilnya.
  1. Setelah itu buat status baru, pilih video yang sama dan geser posisi detiknya menjadi 0:31-0:60.
  2. Tap send seperti biasa. Setelah itu silahkan cek hasilnya. Seharusnya sudah ada dua status berisi video saling berurutan seperti dibawah.
  1. Selanjutnya ulangi langkah sebelumnya. Buat status baru, pilih video yang sama, dan geser posisi detiknya menjadi 1:00-1:30
  2. Ulangi langkah tsbt diatas sampai semua bagian video terupload ke status kamu.
Cara Membuat Status WA Video Panjang (Lengkap) 9
  1. Selesai. Seharusnya kamu sudah punya status video panjang di WhatsApp kamu. Walaupun videonya terpotong-potong, selama kamu upload detiknya berurutan, seharusnya status video bisa ditonton seperti video panjang lengkap.

Kekurangan metode ini cukup jelas. Kamu harus berulang kali membuat status, dan menyesuaikan posisi waktu detik video yang akan di upload. Buat yang pernah mencoba pasti tau betapa sulitnya menggeser-geser penentu waktu di WhatsApp. Kamu harus menggesernya manual dan bergeser sedikit saja, waktunya akan berubah ke waktu yang salah.

Metode manual ini bisa dicoba jika kamu hanya sesekali mengupload status video panjang, dan kamu punya kesabaran tingkat tinggi untuk mengatur waktu di video.

Metode kedua dibawah adalah metode yang paling disarankan.

Membuat video panjang di status WhatsApp dengan bantuan aplikasi tambahan

Disini ada banyak aplikasi tambahan yang bisa kamu gunakan. Saya akan sarankan beberapa aplikasi juga dibawah ini, namun untuk contoh, kita akan gunakan aplikasi “WhatsCut”. Aplikasi lainnya akan dijelaskan nanti dibawah.

Sekali lagi, kamu bebas pakai aplikasi lain, prinsip kerjanya kurang lebih sama. Aplikasi-aplikasi ini akan memecah video panjang menjadi ukuran pendek yang bisa diupload secara bersamaan ke status WhatsApp kamu.

Baca juga :  Whatsapp atau Telegram, Lebih unggul mana?

Berikut langkah-langkahnya.

  1. Install aplikasi ‘WhatsCut’ dari playstore disini.
  2. Jika sudah terpasang, silahkan buka aplikasinya.
download aplikasi whats video cutter
  1. Setelah terbuka pilih menu ‘Trim & Share On WhatsApp’.
  2. Jika aplikasi meminta akses ke media pilih opsi ‘Izinkan’.
  1. Selanjutnya cari dan buka video panjang yang ingin dibuat status WhatsApp.
pilih video
  1. Jika sudah, kamu akan dibawa ke halaman Video Trimmer. Pilih durasi perbagian videonya. Cukup ketuk kolom ‘durasi’ berwarna putih dan pilih waktu yang diinginkan. Saya sarankan pilih 12s atau 30s.
  1. Berikutnya atur dari mana video akan dimulai dan berakhir. Caranya geser bar waktu berwarna biru yang di kanan atau kiri. 
  2. Saat menggeser, kotak hijau bertulis ‘Duration’ dan ‘No of Parts’ akan berubah sesuai dengan durasi atau pengaturan yang kamu pilih. Duration disini berarti panjang video yang akan di cut, dan No Of Parts artinya jumlah bagian video yang nantinya akan dihasilkan.
  1. Untuk memastikan hasilnya sudah sesuai, kamu bisa melihat preview video terlebih dahulu dengan mengetuk tombol play.
ketuk tombol play untuk melihat preview video
  1. Apabila semuanya sudah, ketuk tombol ‘Trim & Share On WhatsApp’ dan tunggu aplikasi memproses video tsbt.
  1. Setelah video berhasil di proses, akan muncul pop-up seperti berikut, pilih bagikan ke ‘WhatsApp’.
pilih bagikan ke whatsapp
  1. Lalu, pilih menu ‘Status Saya’ dan pencet tombol ‘panah’ di kanan bawah layar.
  1. Jika sudah kamu tinggal memberi caption atau apapun. Setelah itu, ketuk tombol ‘Kirim’ di kanan bawah.
  1. Tunggu beberapa saat, dan selamat kamu berhasil membuat status video “panjang” di WhatsApp.

Bagaimana lebih mudah bukan? Aplikasi ini bisa memecah otomatis bagian video yang kita pilih. Dan setiap bagian tadi bisa sekaligus di upload dan dijadikan status.

Seperti yang sudah saya janjikan diawal, berikut beberapa aplikasi alternatif lainnya yang bisa kamu coba jika ternyata aplikasi diatas tidak kompatibel dengan perangkat kamu.

Baca juga :  Voice note WhatsApp suaranya kecil? Ini penyebab dan solusinya

1. WFVS

Aplikasi ini tergolong ringan karena cuma berukuran 7 MB. Jika kamu ingin cepat membuat status whatsapp nyambung bisa mempertimbangkan aplikasi ini. Akan tetapi kekurangannya saat menggunakan mode manual cut, kamu tidak bisa mengatur posisi dimana video dimulai dan berakhir.

aplikasi WFVS

2. WhatSaga

Sama seperti sebelumnya, aplikasi ini bisa digunakan untuk memotong video menjadi beberapa bagian untuk dijadikan status WhatsApp. Namun, aplikasi ini hanya cocok untuk video berdurasi pendek. Sebab, tidak adanya fitur atur posisi durasi video yang diinginkan.

aplikasi WhatSaga

3. Video Splitter

Tampilan cukup modern serta menu edit yang disediakan sangat beragam. Seperti custom split dan trim (potong). Bahkan kamu bisa mengatur kualitas video hasil potongannya. Sehingga cocok jika ingin menghemat penyimpanan dan mempercepat proses upload status nantinya.

aplikasi video splitter

Meski sudah tersedia aplikasi seperti diatas, ada beberapa orang yang memilih untuk memakai aplikasi WhatsApp Mod (contohnya WhatsApp GB) agar bisa langsung mengupload status video lebih dari 30 detik. 

Akan tetapi cara tersebut tidak efektif karena video yang tampil di orang lain (WhatsApp tetap berdurasi maksimal 30 detik dan bagian sisanya akan dianggap tidak ada. Tentu pengalaman video yang ditonton akan sangat aneh.


Semoga artikel tadi dapat membantu, jika ada pertanyaan atau keluh kesah jangan ragu untuk menuliskannya lewat kolom diskusi di bawah. Terimakasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.