Cara mudah memPrivate (Postingan) Facebook Kita

Ketika kita bermedia sosial, kadang ada batasan privasi yang sering ditabrak oleh sejumlah akun yang berteman atau follow kita. Misalnya, lontaran komentar yang menyinggung perasaan, postingan kita yang dibagikan tanpa izin dan ditulisi caption yang tak semestinya, dan tag foto atau update status yang tidak berkenan di kita.

Banyak hal tidak menyenangkan seperti itu yang terjadi di Facebook kita. Bikin kita ingin menyembunyikan akun dari orang-orang tertentu nggak sih? Yang tidak mengintimidasi kita. Kamu juga merasa yang sama? Kalau kamu merasa yang sama berarti kita sehati dong hehe…berarti kamu datang ke artikel yang tepat.

Di artikel saya kali ini, saya akan membagikan cara mem-private postingan Facebook kita. Untuk itu, saya telah membaginya jadi beberapa part supaya kamu lebih ‘melek’ lagi soal private mem-private Facebook.

  1. Mengetahui Alasan Mengapa Harus Di-Private-kan
  2. Bila Harus Menyembunyikan Postingan Facebook Dari Akun Tertentu
  3. Cara Mem-Private Facebook Via PC
  4. Cara Mem-Private Facebook Via Smartphone

Mengetahui Alasan Mengapa Harus Di-Private-kan

Coba ya, kamu cocokkan alasanmu sendiri dengan sejumlah alasan yang saya tulis di bawah ini. Adakah alasan yang sama?

  • Facebook kita suka di-tag akun lain yang cukup mengganggu. Misalnya, akun jualan produk tertentu. Kalau jualannya masih wajar seperti seprai atau baju anak-anak sih tak masalah. Yang jadi masalah misalnya jualan obat kuat. Coba betapa malunya kita. Apalagi kalau status kamu masih jomblo. Di sisi lain, ada juga lho teman yang suka nge-tag foto kenarsisannya sendiri ke akun pribadi kita. Apa coba maksudnya? Berbagi kebahagiaan gitu? Berbagi kebahagiaan mah traktir kita makan gitu ya…
  • Mencegah orang lain menggunakan foto, video atau informasi pribadi yang kita bagikan di Facebook. Pasti menyebalkan kan jika kita tahu foto yang kita ambil susah payah terus di-upload ke Facebook kok ada di Facebook/website orang lain? Meskipun kita taruh watermark di fotonya dengan nama kita, tapi mereka yang tak bertanggungjawab masih bisa lho menghilangkannya.
  • Dalam postingan yang kita buat, ada saja sejumlah orang yang memberi komentar tidak pantas. Tidak pantas di sini seperti body shaming atau menjelekkan fisik (diri kita atau orang lain), ujaran kebencian (menghina status, agama, suku, pilihan hidup, dll), mengarahkan status kita seolah-olah sedang membicarakan orang lain di ruang publik, dan masih banyak lagi.
  • Mencegah kita diganggu oleh kaum ‘kepo’ yang merusuhi postingan kita dari menit ke menit. Tak dapat dipungkiri, jika seseorang sering memposting sesuatu yang bermanfaat atau menginspirasi dan bahkan sesuatu yang provokatif pasti selalu banyak didatangi gerombolan tukang ‘kepo’. Mereka selalu komentar, bertanya ini-itu, dan melakukan banyak hal pada postingan kita demi memuaskan rasa ingin tahunya yang tinggi. Jika hal ini sudah sangat mengganggu kamu, lebih baik private-kan saja Facebookmu.
  • Menghindari diri dari cyber harrasment atau pelecahan di dunia maya dan cyber bullying atau perundungan di dunia maya.

Bila Harus Menyembunyikan Postingan Facebook Dari Akun Tertentu

Cara cepat untuk menyembunyikan postingan baru kamu dari beberapa akun tertentu di Facebook bisa kamu ikuti dengan:

  1. Masuk ke CREATE POST alias kolom postingan terbaru atau WHAT’S ON YOUR MIND?
  2. Perhatikan simbol bola dunia di bawah nama kamu. Klik. Akan muncul pilihan seperti di bawah ini. Kamu tinggal pilih ingin menyembunyikan postingan tersebut dari siapa saja. 

Cara Mem-Private Facebook Via PC

Personal computer atau komputer/laptop pribadi di rumah kita bisa kamu akses untuk mem-private Facebook. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka akun Facebook kamu melalui PC.
  2. Pada halaman home, temukan tanda segitiga terbalik di pojok kanan atas. Klik.
  3. Setelah itu akan muncul beberapa opsi/pilihan, pilih SETTINGS.  
  4. Tampilan di layar akan menunjukkan GENERAL ACCOUNT SETTINGS. Klik PRIVACY yang ada di bagian layar sebelah kiri.
  5. Kemudian, akan muncul tampilan PRIVACY SETTINGS and TOOLS. Kamu bisa mengubah siapa saja yang dapat melihat postingan terbaru kamu ke depannya di WHO CAN SEE YOUR FUTURE POSTS? Dengan cara klik
  6. Sementara, untuk mengizinkan atau tidak seseorang men-tag ke akun FB kamu, silakan klik REVIEW ALL YOUR POSTS AND THINGS YOU’RE TAGGED IN. Selanjutnya, jika ada yang tag ke akun kamu, maka kamu bisa mengatur apakah tag tersebut dapat muncul di akun kamu atau tidak.
  7. Lalu, jika kamu klik LIMIT THE AUDIENCE FOR POSTS YOU.VE SHARED WITH FRIENDS OR FRIENDS OR PUBLIC? Kemudian kamu klik LIMIT PAST POSTS, maka postingan Facebook kamu akan menjadi private atau tersembunyi dan tidak dapat dilihat dari mesin pencarian apapun.  
  8. Kamu juga bisa mengatur privasi akun Facebook lainnya melalui HOW PEOPLE FIND YOU AND CONTACT YOU.

Cara Mem-Private Facebook Via Smartphone

Sementara, jika kamu menggunakan smartphone, kamu bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pilih tanda strip 3 di pojok kanan atas home Facebook.
  2. Scroll ke bawah sampai kamu menemukan SETTINGS & PRIVACY.
  3. Selanjutnya, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Tepat di bawah SETTINGS & PRIVACY klik SETTINGS.
  4. Kemudian pilih PRIVACY.Klik.
  5. Lalu, akan muncul tampilan PRIVACY SETTINGS seperti di bawah ini. Kamu fokus saja ke YOUR ACTIVITY dan HOW PEOPLE FIND AND CONTACT YOU. Pengaturannya sama persis dengan pengaturan privasi di PC di atas.
  6. Di WHO CAN SEE YOUR FUTURE POSTS? kamu bisa menandai siapa saja yang dapat melihat postingan kamu. Contoh yang saya buat di bawah, saya menggunakan pengaturan bahwa yang dapat melihat postingan saya hanya teman-teman Facebook saya. Dan di antara semua teman Facebook saya ada sejumlah teman yang tidak dapat melihat postingan saya karena beberapa alasan yang cukup mengganggu. Saya pun memilih nama-nama akun mereka di kolom tersebut. Sementara, di LIMIT WHO CAN SEE PASTS POSTS, hanya diri saya sendiri yang dapat melihat page, orang, dan sejumlah daftar yang saya ikuti. Kamu bisa mengubahnya sesuai keinginan kamu.
  7. Daftar pertemanan kita juga bisa di-setting sedemikian rupa lho. Caranya kamu tinggal klik saja pilihan yang akan keluar di kolom tersebut.

  1. Kamu juga bisa mem-private mesin pencari atau search engine seperti Google supaya tidak bisa menemukan akun Facebook kamu.

Caranya hanya tinggal mengganti pilihan YES atau NO pada pertanyaan DO YOU WANT SEARCH ENGINES OUTSIDE OF FACEBOOK TO LINK TO YOUR PROFILE?

Bagaimana, mudah bukan cara mem-private Facebook kita? Jika kamu rasa artikel saya bermanfaat, silakan dibagikan kembali ke teman-temanmu di Facebook dan media sosial lainnya ya. Terimakasih…

ulfah

ulfah

penulis artikel online, penulis buku-buku non fiksi, penulis novel, penulis skenario, guru ekskul menulis, penulis status media sosial dan anak rumah tangga wkwkwk hidup freelance writer!

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar