Cara mudah membuat Akun Instagram Menjadi Private

Main Instagram itu menyenangkan sekali. Kamu pasti juga setuju, kan? Berbagi foto dengan caption menarik, hashtag (#) yang mendunia, serta saling tag dan follow tuh dah jadi keseharian kita sebagai Instagrammer. Semua terasa seru dan tanpa beban.

Namun, apa jadinya jika keseruan itu harus diganggu oleh sejumlah akun. Kategori ganggunya itu seperti mencuri foto kita, mencopy paste caption kita tanpa menyebutkan sumber untuk ditaruh dalam website/media sosial pribadinya, atau justru sering men-tag kita untuk postingan yang berpotensi menimbulkan keresahan.

Jika itu sudah terjadi dalam Instagram land kamu, sebaiknya segera membuat akun Instagram kamu menjadi private. Saya telah merangkumkannya untuk kamu soal private mem-private Instagram ini dari berbagai sumber dan hasil coba-coba sendiri.

  1. Lagi-lagi di-private, kenapa sih?
  2. Kelebihan dan kekurangan mem-private akun Instagram
  3. Pertanyaan Yang Kerap Muncul Saat Mem-Private Instagram
  4. Cara mem-private akun Instagram

Lagi-lagi Di-private, Kenapa Sih?

Seperti sudah saya tuliskan sedikit di atas, bahwa adanya sejumlah ‘gangguan’ harus menjadi alasan kuat bagi kamu untuk mem-private Instagram. Dan sejumlah alasan lainnya, yaitu:

  • Mulai ada yang men-dm kamu bernada sexual harrasment, cyber bullying, atau iri akut. Saking irinya sama kamu dia sampai melontarkan kata-kata kasar, body shaming (menjelek-jelekkan fisik kamu), sumpah serampah, dan tanda baca bernada memaki (!)
  • Ada yang menggunakan fasilitas screenshots di hp untuk mengambil hasil jepretan foto yang kamu ambil sendiri. Sudah gitu dia mengakui bahwa itu hasil jepretannya.
  • Sering ada yang men-tag jualan, promosi atau iklan tertentu yang isinya iklan sampah. Belum lagi jika ada yang hobi men-tag sok kenal sok dekat sama kamu, terus yang di-tag adalah foto kenarsisannya yang unfaedah dan dilakukan berkesinambungan tak kenal waktu. Notif kita jadi penuh sama tag-nya dia.
  • Data ataupun cerita yang kita bagikan dalam caption bisa saja jadi konsumsi publik. Dan sudah banyak kasus dimana data tersebut dicuri/dimanfaatkan oleh orang yang tak bertanggungjawab. Memang sih untuk lebih amannya, sebaiknya kita tak memposting hal-hal yang bersifat pribadi. Tapi, sekali lagi selalu ada momen dimana kita mau berbagi dengan merekayang terkasih yang sama-sama main Instagram.
  • Mengantisipasi stalker menjelajahi akun pribadi kamu. Kamu pasti tahu kan kalau stalker itu artinya penguntit. Berarti dia selalu mengikuti kemana saja kita pergi. Termasuk mengikuti setiap postingan kita. Bagus kalau stalker ini sifatnya hanya mengagumi dan sayang sama kita dengan cara mendoakan. Lah, coba kalau ternyata dia sukanya mencuri foto/video kita, lalu foto tersebut digunakan untuk banyak hal negatif seperti dijual lagi ke orang lain, memuaskan hasrat seksual menyimpangnya, dan memfitnah kamu.

Baca juga : Cara mudah mem-private postingan fb ataupun akun facebook kamu

Kelebihan dan Kekurangan Mem-private Akun Instagram

Kelebihan mem-private akun Instagram diantaranya:

  • Lebih aman dalam memposting apapun karena yang akan melihatnya hanyalah orang-orang yang kita kenal dan kita percaya.
  • Menghindari pencurian data atau karya tulisan (dalam caption) yang mungkin jika dibuat buku bisa menjadi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) kamu.
  • Memutus rantai penjelajahan para stalkers yang berniat mencuri foto/video dan mengakui tulisan kamu.
  • Lebih berhati-hati dalam memilih lingkup pergaulan/sosial kamu.
  • Baterai ponsel kamu jadi lebih irit deh secara notifikasi tidak bunyi terus.

Kekurangan mem-private akun Instagram yaitu:

  • Membutuhkan waktu sekian lama bagi siapapun yang request tuk follow kamu di Instagram. Apalagi jika orang tersebut adalah orang yang kamu kenal. Kadang karena kesibukan, bisa jadi kamu akan lama meng­-approve orang tersebut.
  • Seringkali orang yang mem-private akun Instagram-nya mendapat cap anti social atau orang yang tidak suka bersosialisasi. Padahal kan media sosial diciptakan untuk kebutuhan bersosialisasi tersebut.
  • Kalau kamu tipe yang suka mengikut GA atau giveaway di Instagram, maka tim penilai akan kesulitan untuk memeriksa postingan kamu yang menjadi syarat dalam mengikuti kuis GA tersebut.

Pertanyaan Yang Kerap Muncul Saat Mem-private Instagram

  1. Apa akun Instagram saya masih bisa di-tag akun lain yang tidak mengikuti saya?
  • Bisa
  • Terus, percuma dong mem-private Instagram? Nggak juga…karena yang men-tag kamu atau melihat postingan akun yang men-tag kamu tidak akan bisa melihat apapun yang kamu posting. Masih amanlah meskipun notifikasi kamu masih rada berisik dengan ­tag itu.
  1. Kalau suatu saat saya mau membuka private Instagram saya masih bisa, kan?
  • Bisa dan mudah sekali caranya.
  1. Hashtag atau tagar (#) yang saya buat dalam postingan saya apakah bisa membuat akun lain yang tak follow saya melihat postingan saya tersebut?
  • Tidak bisa, hanya para followers kamu yang telah mendapat persetujuan untuk follow yang bisa melihat postingan tersebut.
  1. Jika Instagram saya berhubungan langsung ke Facebook, apakah mereka yang belum saya approve di Instagram itu bisa melihat postingan saya di Facebook?
  • Bisa, jika kamu membuat Facebook kamu public yang artinya bisa dilihat oleh mereka yang berteman maupun tidak berteman di Facebook.
  1. Mungkinkah saya akan kehilangan followers lama jika saya mem-private akun IG saya sekarang?
  • Mereka akan tetap jadi followers kamu. Kecuali, jika follower itu memutuskan untuk tidak follow kamu lagi untuk berbagai alasan.

Cara Mem-private Akun Instagram

Inilah yang sudah kamu tunggu. Cara mem-private akun Instagram sebetulnya sangat mudah. Karena Instagram juga sudah menyediakan fiturnya sendiri. Tahapannya sebagai berikut:

  1. Masuk ke profil Instagram kamu.
  2. Lihat simbol orang yang berada di pojok kanan bawah. Klik.
  3. Kemudian lihat ke pojok kanan atas. Ada simbol menu atau tanda titik tiga. Klik.
  4. Sekarang, kamu ada di Scroll ke bawah sampai kamu menemukan PRIVATE ACCOUNT. Klik.
  5. Selanjutnya, akan keluar opsi untuk mem-private akun. Klik OK.
  6. Kalau sudah OK, maka akan berubah menjadi biru ikonnya.
  7. Sekarang akun Instagram kamu sudah menjadi Orang-orang yang mau follow kamu akan melihat tampilan seperti di bawah ini saat mencari nama akun Instagram kamu.

Selanjutnya, untuk membuka kembali akun IG yang kamu private, kamu tinggal klik kembali ikon biru di fitur PRIVATE ACCOUNT pada langkah nomor 4 di atas. Setelah itu, kamu akan mendapat tampilan opsi seperti di bawah ini.

Silakan klik OK. Akun Instagram kamu pun sudah tidak private lagi.

Bagaimana, mudah bukan mem-private akun Instagram kita? Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini di media sosial kamu ya?^^

Terima kasih. Salam.

Advertisements
ulfah

ulfah

penulis artikel online, penulis buku-buku non fiksi, penulis novel, penulis skenario, guru ekskul menulis, penulis status media sosial dan anak rumah tangga wkwkwkhidup freelance writer!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *