Cara menghubungkan akun facebook dengan akun instagram kamu

Instagram dan Facebook adalah dua platform yang populer dan eksis hingga saat ini. Mungkin sulit rasanya bila andaikan saja kamu diharuskan untuk menghapus salah satu akun dari kedua platform besar tersebut.

Tidak sedikit dari masyarakat indonesia ketika memiliki foto atau video terbaru langsung dengan sigap meng-upload nya ke berbagai sosial media yang dimiliki. Tak terkecuali Instagram dan Facebook.

Bagi kamu – kamu yang suka memposting hal – hal baru baik itu foto atau video ke akun Instagram dan Facebook, kini tak perlu lagi harus membuka dan mempoting satu persatu foto atau video kamu ke Instagram dan facebook. Mengapa?

Karena Instagram dan facebook memiliki fitur yang dapat mengaitkan antara satu dengan yang lain. Jadi, bila kamu mengaktifkan fitur ini dan memposting sesuatu ke Instagram, maka akan otomatis terposting juga di Facebook, begitu juga sebaliknya. Untuk cara nya akan aku jelaskan dibawah ini.

Baca juga: Cara Menghubungkan Twitter Ke Facebook Dan Sebaliknya

Cara Menghubungkan Instagram ke Facebook

Untuk dapat menghubungkan Instagram dengan Akun Facebook, ikutilah langkah – langkah dibawah ini.

1. Masuklah ke akun instagram kamu, lalu tab ke ikon yang bergambar orang untuk menuju ke profil kamu. Selanjutnya kamu pilih ikon bergaris tiga untuk menuju ke pengaturan instagram.

Tampilan saat berada pada tab "profile" pada Instagram
Tampilan saat berada pada tab “profile”

2. Lalu pilih “pengaturan”

Memilih "pengaturan" untuk mencari pengaturan "Privasi dan Keamanan" di Instagram
Memilih “pengaturan” untuk mencari pengaturan “Privasi dan Keamanan”

3. Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar. Carilah pengaturan mengenai “Privasi dan Keamanan” lalu pilih “Akun Tertaut”

Tampilan pengaturan mengenai “Privasi dan Keamanan” pada Instagram
Tampilan pengaturan mengenai “Privasi dan Keamanan”

4. Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar. Disana akan terlihat berbagai macam platform yang bisa kamu hubungkan melalui Instagram. Karena yang sedang aku bahas saat ini adalah menghubungkan Instagram ke akun Facebook, maka pilihlah Facebook.

Berbagai macam platform yang dapat ditautkan oleh Instagram
Berbagai macam platform yang dapat ditautkan oleh Instagram

5. Maka akan muncul tampilan opsi Facebook. Kamu pilih “Masuk” untuk login ke akun Facebook kamu.

Tampilan saat memulai login ke Facebook untuk ditautkan
Tampilan saat memulai login ke Facebook untuk ditautkan

6. Maka kamu akan diarahkan ke halaman login Facebook. Isilah nomor ponsel atau email Facebook kamu beserta kata sandinya. Setelah terisi, langsung saja pilih “Masuk”.

Login Facebook untuk dapat tertaut ke Instagram
Login Facebook untuk dapat tertaut ke Instagram

7. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman seperti pada gambar. Kamu bisa memilih siapa yang dapat melihat kiriman Instagram di kronologi Facebook kamu nantinya. Di contoh gambar, aku memilih “teman”.

Tampilan saat mengatur "pemirsa" saat melakukan posting ke Facebook
Tampilan saat mengatur “pemirsa” saat melakukan posting ke Facebook

Jika sudah memilih siapa yang dapat melihat kiriman kamu di kronologi Facebook, lalu pilih saja “OK” untuk melanjutkan.

8. Selesai. Bila akun Instagram kamu telah terhubung dengan Facebook, maka ada tanda ceklis berwarna biru seperti pada gambar.

Tampilan saat akun Facebook telah berhasil tertaut ke Instagram
Tampilan saat akun Facebook telah berhasil tertaut ke Instagram

9. Setelah selesai, cobalah kamu posting foto atau video ke Instagram. Tetapi, jangan lupa pada bagian “Juga kirim ke” untuk diaktifkan dengan cara digeser ke kanan dibagian Facebook nya, atau jika kamu bingung lihatlah pada gambar yang aku lingkari.

Memastikan bahwa foto atau video telah tertaut ke Facebook sebelum melakukan posting ke Instagram
Memastikan bahwa foto atau video telah tertaut ke Facebook sebelum melakukan posting ke Instagram

Fitur yang dimiliki Instagram untuk dapat terkait dengan akun Facebook sangat berguna bagi kamu yang malas untuk memposting foto maupun video di dua platform yang berbeda tersebut secara satu persatu.

Dengan mengaktifkan fitur tautan, jika kamu memposting sesuatu ke Instagram, maka akan terposting juga di Facebook. Kalaupun kamu memiliki akun lain selain Facebook, misalnya adalah Twitter atau Tumblr, kamu juga bisa melakukan cara yang sama seperti diatas.