10 Media Sosial Terpopuler di Dunia (Update: 2020)

Apakah kalian termasuk anak gaul yang tau dan menggunakan semua aplikasi media sosial yang paling populer saat ini? Atau mungkin kalian termasuk yang sudah gaul dari dulu semenjak jaman Friendster dan MySpace?

Seiring dengan berjalannya waktu, berbagai jenis platform media sosial bermunculan. Tentunya dengan semakin kreatif, inovatif dan canggih.

Setiap platform media sosial memiliki keunikan tersendiri, baik itu dari sisi fitur maupun cara penggunaannya. Dari keunikan-nya itulah mereka bisa bertahan ditengah ketatnya persaingan keras mereka dalam menarik perhatian pengguna, agar tetap populer dan tidak ditinggalkan penggunanya.

Lalu apa sih platform media sosial yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini? Simak daftar yang kami rangkum dibawah ini.

1. Facebook

Platform sosmed yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi kepopulerannya. Dengan jumlah pengguna aktif sebanyak 2,4 Milyar, maka bisa dipastikan bahwa hampir setiap penduduk bumi yang tersebar di berbagai negara mempunyai akun Facebook.

Facebook | Image By: https://arstechnica.com/tech-policy/2019/12/you-can-migrate-your-photos-from-facebook-to-google-next-year/
Facebook | Image By: arstechnica.com

Didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman-temannya di Universitas Harvard, Facebook mulai diluncurkan pada bulan Februari 2004. Sudah lebih dari 15 tahun Facebook mengudara, namun kepopulerannya seolah tak pernah tergantikan oleh sosmed lainnya.

Layaknya seperti sosial media lainnya, Facebook memberikan ruang bagi pengguna untuk dapat saling tegur sapa, ngobrol, dan berdiskusi secara online.

Facebook dianggap tepat sebagai tempat untuk mencari teman atau melakukan interaksi dan diskusi antar pengguna di berbagai tempat, mencari komunitas dengan hobi yang sama hingga sampai aktivitas jual beli pun dapat dengan mudah dilakukan melalui Facebook.

Berkantor pusat di Menlo Park, California, kini Facebook memiliki lebih dari 25.000 karyawan dengan 42 kantor cabang internasional yang tersebar di berbagai belahan dunia membuktikan bahwa Facebook benar – benar ‘merajai’ dunia sosial media.

2.Youtube

Platform sosmed spesialis video ini didirikan oleh Steve Chen, Chad Hurley dan Jawed Karim pada Februari 2005. Ketiga orang tersebut adalah mantan karyawan Paypal.

Youtube | Image By: http://www.home-designing.com/2013/09/googles-tokyo-presence-youtube-and-google-tokyo-offices/29-youtube-logo-wall
Youtube | Image By: home-designing.com

Melihat kepopuleran Youtube yang semakin meningkat akhirnya pada bulan November 2005, Youtube akhirnya dibeli oleh Google dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaannya.

Hingga kini, Youtube yang berkantor pusat di San Bruno, California ini memiliki lebih dari 2 Milyar pengguna aktif setiap bulannya.

Youtube secara unik masuk dalam kategori platform sosial media. Youtube memungkinkan para pengguna untuk dapat saling berinteraksi dan menyampaikan informasi dalam bentuk video. Pengguna juga dapat berinteraksi dengan menyampaikan pendapatnya mengenai video yang di unggah pengguna lain dengan memberikan tanda suka dan komentar.

3.Instagram

Awalnya terinspirasi oleh kamera polaroid yang dapat menghasilkan foto secara instan, akhirnya ide tersebut kemudian dikembangkan oleh perusahaan Burbn, Inc yang berdiri pada tahun 2010, jadilah aplikasi Instagram yang menjadi aplikasi sosmed spesialis foto.

Instagram | Image By: https://www.inc.com/michelle-cheng/how-instagram-made-its-new-york-office-highly-instagrammable.html
Instagram | Image By: inc.com

Awalnya aplikasi Instagram hanya bisa dinikmati oleh pengguna iPhone, kini instagram menjadi raksasa media sosial dengan peringkat ketiga sosial media ter populer. Pasalnya pengguna aktif Instagram saat ini lebih dari 1 Milyar pengguna.

Fitur utama Instagram adalah berbagi foto dan video secara langsung dimanapun dan kapanpun.

Kepopuleran instagram semakin naik daun dengan banyaknya pengguna yang memanfaatkan aplikasi ini sebagai media untuk bisnis dan memasarkan produk. Melihat kepopuleran Instagram yang semakin meningkat, akhirnya pada tahun 2012 Instagram secara resmi dibeli oleh Facebook dan kini telah menjadi anak perusahaan Facebook.

4.Tiktok

Siapa sangka, Tiktok ternyata masuk dalam 10 besar sosial media terpopuler saat ini. Aplikasi yang diluncurkan pertamakali pada tahun 2016 ini dikembangkan oleh perusaahan ByteDance yang bermarkas di China.

Tiktok | Image By: https://talentspace.io/companies/tik-tok
Tiktok | Image By: talentspace.io

Tiktok adalah layanan jejaring sosial dimana kamu bisa berbagi video berdurasi pendek yang menampilkan musik sebagai latar belakang yang dapat kamu edit seperti dipercepat, diperlambat, atau ditambahkan filter tertentu.

Pengguna Tiktok juga dapat berinteraksi layaknya sosial media lainnya. Kamu juga bisa memberi komentar, dan mengirimkan pesan.

Sebagai aplikasi yang memiliki jumlah pengguna aktif mencapai lebih dari 500 juta orang, Tiktok tak hanya dapat digunakan untuk membuat video pribadi, namun juga kamu bisa melakukan duet dengan teman yang kamu pilih untuk membuat video menarik.

5.Reddit

Reddit dikenal sebagai tempat untuk berdiskusi dalam bentuk konten dengan berbagai topik. Oleh Steve Huffman, Aaron Swartz, dan Alexiz Ohanian, Reddit berhasil didirikan pada tahun 2005 di Amerika Serikat.

Reddit | Image By: https://www.siliconrepublic.com/jobs/reddit-dublin-2-office
Reddit | siliconrepublic.com

Reddit adalah sebuah forum yang kira – kira hampir sama seperti Kaskus, hanya saja Redit lebih besar.

Pengguna Reddit hingga saat ini telah mencapai lebih dari 330 juta pengguna di seluruh dunia.

Jika kamu sudah terdaftar sebagai anggota Reddit, kamu dapat membuat konten dengan topik tertentu sesuai minat kamu. Selain itu, kamu juga bisa berkomentar, ataupun memberikan pertanyaan.

Pengguna yang memposting konten di Reddit dinamakan redditors. Para Redditors dapat memposting dari berbagai topik. Karena banyaknya topik yang ada, maka dibagi menjadi banyak Subreddit, mulai dari hal – hal konyol sampai yang serius semuanya ada di forum ini.

Sayangnya, Reddit di blokir oleh pemerintah Indonesia sejak beberapa waktu lalu.

6.Twitter

Aplikasi yang didirikan pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey ini selalu masuk dalam daftar salah satu dari sepuluh platform media sosial yang paling populer digunakan.

Twitter | Image By: https://www.terramai.com/blog/category/general/page/6/
Twitter | terramai.com

Data terakhir menunjukkan setidaknya terdapat 330 Juta pengguna aktif platform ini setiap bulannya.

Twitter pada awalnya terinspirasi dari penggunaan kode pesan singkat yang mulanya hanya dikembangkan sebagai media komunikasi internal pada perusahaan podcast bernama Odeo.

Jika kamu pengguna Twitter, pasti tidak asing dengan istilah “tweet”. Istilah tersebut secara harfiah diartikan sebagai ‘kicauan burung’, dengan maksud sebagai sesuatu yang bersifat singkat, berisik dan tidak penting.

Filosofi inilah yang mendasari nama, logo, dan prinsip utama Twitter yang simple. Salah satu sisi simpel yang ditunjukkan Twitter terlihat dari pembatasan jumlah karakter tweet yang tidak boleh melebihi 280 karakter.

Salah satu fitur penting twitter yang tidak dimiliki oleh platform lain adalah trending topic, dimana pengguna dapat mengetahui hashtag/tagar dari topik yang paling terkini, terpanas dan terpopuler yang sedang dibicarakan oleh pengguna.

7.LinkedIn

LinkedIn adalah sosial medianya para profesional yang telah diluncurkan sejak tahun 2003 lalu. Kini LinkedIn sudah digunakan oleh lebih dari 310 juta orang.

LinkedIn | Image By: https://www.spacematrix.com/content/linkedin
LinkedIn | spacematrix.com

Reid Hoffman dan kawan – kawan mendirikan sosial media yang satu ini memang cukup unik. Berbeda dari sosial media lainnya, LinkedIn bukanlah sembarang sosial media.

LinkedIn adalah sosial media yang berbasis bisnis yang di khususkan untuk lingkup pekerjaan yang profesional.

Seseorang yang telah memiliki akun LinkedIn dapat melengkapi berbagai info profesional seperti biodata pribadi, kemampuan, pengalaman kerja, riwayat pendidikan, hobi, dan lain sebagainya.

Tak hanya sebagai ajang memamerkan kemampuan dan pengalaman, LinkedIn juga memberi ruang bagi kamu untuk dengan leluasa berinteraksi dengan pengguna lain dengan berbagai latar belakang, mulai  dari para bos, karyawan, dan perekrut.

8. Snapchat

Snapchat adalah aplikasi berbagi foto dan video yang dikembangkan oleh Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown.

Snapchat | Image By: https://www.businessinsider.sg/snapchat-venice-headquarters-risk-to-employee-morale-2017-2/?r=US&IR=T
Snapchat | businessinsider.sg

Rilis perdana pada tahun 2011, Snapchat kini sudah mampu menggaet pengguna mencapai 294 juta orang.

Snapchat memungkinkan kamu untuk berbagi foto dan video. Uniknya, setelah unggahan foto atau video dilihat oleh penerima, maka akan hilang secara otomatis dalam 1 sampai 10 detik. Foto atau video itu akan hilang dari perangkat pengguna dan server Snapchat.

Snapchat memungkinkan kamu untuk mengambil foto maupun video lalu di kreasikan dengan menambahkan berbagai filter dan efek yang tersedia. Kamu juga bisa menambahkan caption atau judul di setiap snap.

9.Pinterest

Berkantor pusat di San Francisco, California, Pinterest digagas oleh tiga orang pendiri yaitu Ben Silbermann, Paul Sciarra, dan Evan Sharp.

Pinterest | Image By: https://officesnapshots.com/2016/10/25/pinterest-offices-chicago/
Pinterest | officesnapshots.com

Pinterest adalah aplikasi virtual pin-board yang memungkinkan kamu untuk bisa mengunggah foto yang bisa dimasukkan kedalam kategori – kategori semacam album atau folder.

Misalnya kamu membuat album bernama “adventure”, maka semua foto yang ada didalamnya berkaitan dengan adventure.

Berbeda dengan sosial media lainnya yang kebanyakan mengharuskan pengguna untuk mengikuti akun pengguna lain, sementara di Pinterest kamu tetap dapat melakukan re-pin pada pin milik akun lain (repin sama seperti retweet pada Twitter) tanpa harus mengikuti pemilik pinboard terlebih dahulu.

Ide pembuatan Pinterest dimulai pada bulan Desember 2009 dan pada awalnya diluncurkan secara tertutup pada bulan Maret 2010 melalui undangan ke calon pengguna baru.

Siapa sangka, kini Pinterest telah memiliki pengguna aktif yang cukup besar, yaitu sekitar 265 juta pengguna dan jumlah tersebut terus meningkat hingga saat ini.

10.Tumblr

Tumblr merupakan platform mikroblog sekaligus jejaring sosial yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan konten dalam bentuk blog pendek.

Tumblr | Image By: http://www.letsintern.com/blog/inside-tumblr-office-2/
Tumblr | letsintern.com

Jejaring sosial yang diluncurkan oleh Tumblr, Inc pada tahun 2007 ini telah digunakan oleh lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia. Tumblr dapat digunakan untuk memposting tak hanya tulisan saja, namun juga dapat memposting foto, video, audio, dan lainnya.

Kamu pemula dalam dunia blogging? Di sini kamu tidak perlu khawatir. Tumblr terkenal karena kesederhanaannya. Tumblr mudah digunakan bagi pengguna pemula.

Menariknya, Tumblr juga ada fitur dimana kamu dan pengguna lainnya bisa saling follow untuk mendapatkan postingan terbaru mereka.

Intinya, kalau kamu suka membuat konten berbasis micro-blogging, Tumblr menjadi tempat yang pas buat kamu.


Nah, itulah sepuluh sosial media yang paling populer saat ini. Apakah kalian sudah mencoba semua platform sosial media diatas? Mana yang menjadi favorit dan paling populer di lingkaran pertemananmu?

Dan satu yang perlu diingat, bahwa tujuan dari dikembangkannya berbagai media sosial diatas adalah untuk mempermudah komunikasi dan berbagi informasi.

Sosial media bukanlah sebagai tempat untuk berkompetisi yang tidak sehat, ajang pamer atau bahkan sebagai alasan untuk menjadi anti-sosial. Jadi, gunakanlah sosial media dengan bijak.

Tinggalkan Balasan