Cara mengaktifkan mode gelap atau dark mode di Instagram

Tidak bisa dipungkiri, media sosial sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Tidak peduli waktu, siang dan malam, selalu ada saja yang online.

Mengingat kondisi yang kurang cahaya di malam hari, muncul lah fitur yang namanya “dark mode” atau mode gelap, yang membantu mengurangi intesitas cahaya dari layar saat pengguna aktif/online dimalam hari.

Fitur dark mode sendiri sudah ada sejak lama, misalnya dibrowser seperti google chrome atau ucbrowser, namun di instagram sendiri, fitur ini bisa dibilang sangat baru.

Dan sayangnya yang bisa menikmati fitur dark mode di Instagram ini, hanya orang-orang yang ponselnya memiliki sistem operasi android versi 10 atau IOS versi 13. Jadi jika hp kita masih kentang, kita tidak bisa menggunakan fitur ini di smartphone kita.

Tapi kalian semua tidak perlu khawatir karena fitur ini tetap bisa kita nikmati diaplikasi Instagram yang ada di hp kita, dengan menginstall aplikasi tambahan yang bisa kita dapatkan secara gratis dari playstore.

Ok langsung saja ikuti tutorialnya yang ada dibawah ini.

Cara mengaktifkan Dark Mode di Instagram dengan aplikasi “Dark Mode”

Agar kita bisa menikmati fitur dark mode meskipun sistem operasi ponsel kita masih versi jadul. Kita harus menggunakan apk tambahan yang bisa di download di playstore.

1. Di playstore sendiri ada banyak aplikasi yang menyediakan fitur ini, tapi disini kita akan gunakan aplikasi “dark mode” sebagai contoh. Kalian bisa pilih aplikasi lain yang mungkin lebih kalian sukai, prinsipnya tidak jauh beda harusnya.

Untuk donwload dan install aplikasi Dark mode buka link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=systems.maju.darkmode

Atau kalian bisa cari dengan keyword “Dark mode” di kolom penelusuran google play.

install aplikasinya

2. Setelah aplikasinya selesai kalian install. Silahkan buka aplikasinya.

buka aplikasinya

3. Setelah kalian buka aplikasinya, akan terlihat tampilan awalnya seperti gambar dibawah ini. Di sini akan ada tiga pilihan, kalian pilih saja “night mode”.

[Note: Night mode atau mode malam, itu sama saja dengan dark mode atau mode gelap, disini hanya berbeda cara penamaannya saja, fungsinya sama saja]

pilih saja night mode

4. Jika smartphone kalian support dengan apk dark mode ini maka akan muncul kolom dengan tulisan “success” diiringi dengan tampilan layarnya yang berwarna gelap seperti gambar dibawah ini. Jika sudah kalian bisa keluar dari aplikasinya.

jika support di hp layar belakang hitam dan tulisanya succes

Jika yang muncul adalah warning dan tidak ada perubahan warna, seperti digambar dibawah ini, artinya aplikasinya ini tidak support di hp kalian.

jika hp tidak support akan muncul warning seperti ini

Kalau sudah begini, solusinya mungkin cobain aplikasi serupa lainnya digoogle play. Jika ponsel kalian sudah berhasil mengaktifkan fitur ini, baru lanjut kelangkah berikut ini.

5. Setelah keluar dari aplikasi dark mode tadi, masuk ke aplikasi Instagram masing-masing. Pastikan aplikasi Instagram kalian sudah update di versi yang terbaru, kalian bisa cek di playstore. Kalau ada tulisan update, kalian bisa mengupdatenya terlebih dahulu.

pastikan instagram sudah update

6. Setelah kalian masuk ke aplikasi instagram, kalian akan lihat penampakan seperti gambar dibawah ini.

tampilan dark mode instagram kita

Dengan mengaktifkan dark mode di Instagram kalian di gadang-gadang mampu menghemat penggunaan baterai di smartphone kalian. Tentu ini akan sangat membantu sekali bagi kalian yang “aktif” dalam menggunakan smartphone.

Selain dapat membantu menghemat penggunaan baterai, fitur ini juga memiliki tampilan yang enak dipandang, terutama saat berada dikondisi minim cahaya. Tampilan layar belakang yang hitam membuat mata kita saat memandang hp agak lama, tidak menyebabkan pusing atau ngilu di mata.


Seperti yang sudah saya dijelaskan diatas, mungkin dibeberapa ponsel, aplikasi dark mode ini tidak support.

Kalian bisa mencobanya diponsel kalian, apakah aplikasi ini support di hp kalian atau tidak, karena diaplikasinya sendiri tidak dijelaskan dengan detail mengenai hal ini.

Ok. Saya rasa cukup sampai disini tutorial saya kali ini. Jika dirasa bermanfaat kalian bisa share ke teman-teman kalian. Jangan sungkan untuk komentar dibawah jika ada yang tidak dipahami. Sekian dan terima kasih.

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan