Cara mengatasi tidak bisa komentar di grup Facebook

Pernah mengalami gagal mengirim komentar di grup Facebook? Tentunya hal ini sangat menyebalkan bukan? Bingung bagaimana solusinya?

Kamu menemukan artikel yang tepat! Namun, sebelum masuk ke bahasan utama. Ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu, apa sih ruginya tak bisa komentar di Grup Facebook?

  1. Tidak bisa merespon ataupun bertanya mengenai hal-hal yang kamu ingin ketahui.
  2. Tidak bisa promosi.
  3. Dll.

Ini cukup jelas ya, jika kamu tidak bisa berkomentar di grup yang kamu ikuti, tentu saja aktifitas kamu akan terganggu.

Penyebab seseorang tidak bisa komentar di Grup Facebook

Kamu perlu pahami penyebabnya supaya kamu bisa hindari ataupun cari solusinya. Berikut beberapa penyebab kenapa kamu tidak bisa berkomentar di sebuah grup Facebook.

1. Ada masalah di jaringan internet kamu.

Ini juga cukup jelas, komentar bisa gagal terkirim jika kebetulan saat mengirim komentar, jaringan internet kamu mati atau bermasalah.

2. Aktifitas berkomentar kamu di batasi oleh admin grup.

Fitur ini memungkinkan admin untuk menetapkan batasan aktivitas terhadap seseorang di grup. Misalnya saja, A hanya boleh memposting maksimal 1 komentar setiap jam.

Ini biasanya dilakukan admin jika ada anggota yang terlalu “membabi-buta” promosi dikolom komentar. Sementara promosinya yang dilakukan masih berkaitan dengan topik grup, sehingga pengguna tidak benar-benar merugikan grup tsbt. Jadi admin tidak punya alasan kuat untuk memblokir pengguna, alternatif adalah admin membatasi aktifitas pengguna tsbt.

3. Pengguna di suspend oleh admin.

Berbeda dengan pengaturan sebelumnya dimana admin hanya membatasi jumlah aktifitas pengguna, pengaturan terkait suspend ini benar-benar membuat pengguna tidak bisa mengirimkan komentar sama sekali (dalam jangka waktu suspend).

4. Akun Facebook kamu kena action blocked atau “Tindakan di blokir”.

Ini penalti atau hukuman langsung dari Facebook, bukan dari admin Grup. Jika kamu terkena penalti terkait komentar, biasanya saat berkomentar, akan ada notifikasi terkait hal ini.

Solusi untuk masalah tidak bisa komentar di grup Facebook

Kita akan bahas satu-satu dari yang paling mudah dilakukan.

1. Perbaiki masalah koneksi internet kamu

Perhatikan jaringan HP-mu. Apabila tak terdapat keterangan jaringan (ex: 4G, 3G, dll). Maka kamu perlu me-refresh jaringanmu.

Masuk ke pintasan pengaturan di HP. Nyalakan mode pesawat, setelah beberapa detik, tap kembali ikon mode pesawat tersebut untuk mematikan mode tsbt.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas. Cek kembali bar signal yang ada di atas kanan layar HP. Apabila keterangan sinyal sudah terlihat, maka kamu telah berhasil me-refresh jaringan.

Selain cara yang baru disebutkan, kamu pun bisa mencoba memperbaiki posisi kartu SIM, atau pun melakukan reboot/restart HP.

Kamu juga bisa coba ganti kejaringan lain, misalnya ke WiFi, atau minta hotspot/tethering dari HP keluarga.

2. Tunggu hingga penalti dari admin expired

Jika kamu dilimit ataupun di suspend oleh admin, maksimum batas waktunya adalah 28 hari. Jadi jika kamu tidak berulah dalam waktu tsbt, dan tidak berulah lagi kedepannya, maka tidak ada alasan untuk admin melakukan limit atau suspend lagi terhadap akun kamu.

3. Hubungi admin grup Facebook supaya dilepas dari limit atau suspend

Disini kamu bisa mencoba chat admin grup. Jelaskan dan tanyakan dengan sopan kenapa akun kamu diberi limit atau suspend tsbt.

Setelah tau persis masalahnya, kamu bisa minta maaf kepada admin, jelaskan bahwa kamu tidak akan mengulangi lagi hal tsbt, dan minta admin mengurangi ataupun melepaskan limit ataupun suspend kamu tsbt.

Untuk menghubungi admin, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Tap jumlah anggota yang tertera di profil group yang kamu ikuti.

2. Gulir kebawah kebagian anggota, lalu klik “Lihat Semua“.

3. Dalam list keanggotaan, kamu dapat langsung menemukan admin grup. Untuk bisa mengiriminya pesan, kamu harus pergi ke profilnya terlebih dahulu. Klik foto profil atau nama admin tersebut.

4. Pada profil admin grup, klik “Pesan” untuk konsultasi perihal isu ‘tidak bisa komentar di grup Facebook‘ yang kamu alami.

5. Selesai.

4. Jika akun kamu kena “Action blocked” atau “Tindakan di blokir” solusinya adalah menunggu

Facebook sendiri telah menjelaskan hal ini lebih detail dihalaman https://www.facebook.com/help/116393198446749. Disana dijelaskan bahwa waktu pemblokiran biasanya bergantung terhadap tingkat pelanggaran yang dilakukan.

Jadi disini tidak ada solusi lain selain menunggu.

Cara menghindari terkena masalah tidak bisa komentar di Grup Facebook

Jika kamu baca dengan detail penjelasan diatas, akan terlihat bahwa limit dan suspend yang dilakukan admin, ataupun penalti “Tindakan diblokir” oleh system Facebook, adalah penyebab utama tidak bisa berkomentar digrup.

Dan kedua hal ini terjadi karena satu hal.

Kamu melakukan “sesuatu yang mengganggu kenyamanan” anggota grup Facebook tsbt.

Jadi disini yang perlu kamu lakukan adalah, memahami aturan dari tiap grup yang kamu ikuti supaya tidak bermasalah dengan admin. Dan memahami aturan umum Facebook, supaya tidak dilaporkan oleh anggota lain dan kena penalti dari system Facebook.

Untuk mengetahui aturan grup. silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Dihalaman depan grup yang kamu ikuti tsbt, tap dibagian jumlah anggota seperti pada gambar dibawah.

2. Geser layar HP sedikit ke bawah, dan kamu pun dapat melihat langsung peraturan grup.

Sedangkan untuk aturan dari Facebook, kamu bisa baca dihalaman ini https://bukugue.com/aturan-posting-di-facebook/. Namun intinya adalah jangan mengganggu anggota lain, baik dari isi komentar kamu (menyinggung, dll) ataupun dari jumlah komentar kamu (kelewat banyak SPAM). Jika kamu bisa hindari hal tsbt, maka kamu tidak akan kena penalti apapun.


Demikianlah pelbagai sebab yang membuat seseorang tidak bisa komentar di grup Facebook. Pun penulis berharap solusi yang ada di atas bisa membantumu.

Jika ada hal yang membuatmu bingung, jangan sungkan untuk menanyakannya lewat kolom komentar. Serta jangan lupa share artikel ini, agar bisa membantu teman-teman yang lain ya, Sobat!

Terbit :

Terakhir Update:

Tanggapan atas “Cara mengatasi tidak bisa komentar di grup Facebook”

  1. Avatar SamSyandana
    SamSyandana

    saya tidak dpt berkomentar digrub dan komunitas sll dpt blasan comenyar anda telah dihapus oleh admin dan fb saya sll dibatasi tidak bisa mempromosikan luas digrub komunitas dan maarketpleace

    1. Avatar yudha
      yudha

      Ya itu karena adminnya tidak suka dengna yang mba posting.. solusinya ya jangan spam dan promosi berlebihan.. pahami aturan grupnya dan ikuti aturan yang sudah mereka terapkan.. Jika misalnya boleh promosi sekali seminggu, ya promosi sekali seminggu di grup itu.. jika dia bilang jangna promosi, maka jangan promosi, atau kalaupun mau promosi, coba lebih terselubung sedikit..

  2. Avatar Lilik kurniasari
    Lilik kurniasari

    Ya saya minta maaf tidak akan mengulanginya lagi

    Mohon dimaafkan 🙏🙏🙏😢😢😢😭😭😭

    1. Avatar yudha
      yudha

      Bisa minta maaf ke mod atau adminnya mba.. jelaskan aja. admin jg manusia kok..

      Jangan minta maaf disini, admin grupnya ga akan liat..

  3. Avatar Aang
    Aang

    Saya juga gabisa komen. Padahal ga ngapa ngapain 🤦‍♂️

    1. Avatar yudha
      yudha

      kolom komentarnya ada? pas komentar ada penjelasannya ga kenapa gagal? Biasanya admin ga akan suspend orang kalau ga buat masalah.. cmiiw.

  4. Avatar Agusaputra
    Agusaputra

    Kenapa FB saya nggak bisa komen di grub ,sedangkan di postingan lain bisa

    1. Avatar yudha
      yudha

      Ya karena aturan grup berbeda mas. Grup ada admin yang bisa mengatur hingga detail-detail kecil seperti kata-kata terlarang digrup, siapa yang boleh dan tidak boleh posting ataupun komentar.

  5. Avatar Athifa Faza
    Athifa Faza

    Jika kita komentar di grup, ada tulisan gagal, apa di Blokir SM admin grup atau Facebook ya?

    1. Avatar yudha
      yudha

      Gagal gitu aja tanpa ada penjelasan lain mas? kemungkinan masalah koneksi sih..

  6. Avatar Jane
    Jane

    FB Saya ga bisa komen di semua group dan komen

    1. Avatar yudha
      yudha

      disemua grup ga bisa? kemungkinan penalti dari Facebooknya mba.. coba cek dibagian notifikasi, biasanya dikasih tau kalau pembatasannya berlaku sitewide gitu..

      1. Avatar lala
        lala

        ga ada notifikasi apa apa min

        1. Avatar yudha
          yudha

          apakah disemua grup tidak bisa mba? atau cuma dibeberapa grup saja? jika hanya dibeberapa grup, berarti itu aturan dari grupnya. Jika semua grup tidak ada yang bsia, coba cek sni https://web.facebook.com/support?ref=contextual dan lihat apakah ada notifikasi pelanggaran.

  7. Avatar Jerry
    Jerry

    Kalau saya punya dua akun , yg satu di banned komen sama fb, akun satunya yg gak ngapa ngapain malah kena imbas juga jadi gak bisa komen di FB

    1. Avatar yudha
      yudha

      mas dilarang komen di satu grup spesifik atau tidak bisa komentar dimana2? kalau dari satu grup spesifik, kemungkinan pengaturan dari adminnya, dan jika dia liat mas biasa komentar dari dua akun tsbt bisa jadi adminnya kasih penalti ke dua akun tsbt..

  8. Avatar M. Aulia Rachman
    M. Aulia Rachman

    Kalo komentar saya di declined hampir semua grup itu kenapa yah?

    1. Avatar yudha
      yudha

      Komentarnya kopas tidak mas? Ini bisa jadi karena didalamnya ada kata2 tertentu misalnya yang dibatasi. Di grup sekarang ada fitur admin assist, dimana Facebook punya daftar kata2 yang dianggap SPAM, nah jika fitur diaktifkan, komentar ataupun postingan berisi hal tsbt bisa otomatis ditolak.

      saranku supaya lebih paham, silahkan buat grup, dan lihat bagian admin assist atau bantuan admin. Disana ada banyak pengaturan yang membuat komentar atau postingan seseorang ditolak otomatis.

  9. Avatar Ari nugroho
    Ari nugroho

    fb saya kenapa ya tiap komen di grup selalu di tolak

    1. Avatar yudha
      yudha

      Sebelumnya ini aku ada yang tanya juga.. aku udh respon mas, coba cek komentar terakhir.. Yang ingin aku tanyakan, apakah mas ada dapat notifikasi ataupun informasi dari FB kenapa ditolak? apakah hanya komentar saja atau postingan grup jg?

  10. Avatar Helena
    Helena

    kak ku tidak bisa komen di grup sudah 3 hari ini cuma bisa kasi emot ja,selain grup bisa komen &emot,tolong penjelasannya 😁🙏

    1. Avatar yudha
      yudha

      Apakah disemua grup mba? kalau cuma disatu grup atau dua grup, kemungkinan itu penalti dari adminnya.

  11. Avatar Lala
    Lala

    saya setiap komen di tolak min dan post foto selalu hilang, itu kira kira kenapa ya min?
    soalnya tidak ada notifikasi pemberitahuan apa pun

    1. Avatar yudha
      yudha

      komen di tolak itu gimana mba? taunya ditolak gimana? ada notifnya?

      kalau postingan tidak muncul, bisa jadi karena setiap postingan disana perlu persejutuan admin sebelum bisa muncul. Bisa jadi juga ada alasan lain, aku cuma bisa mengira2 disini mba.. ada banyak banget aturan digrup, terkait postingan dan komentar.

      Kalau mba ingin tau lebih banyak, simpelnya, coba buat grup sendiri, dan masuk ke bagian pengaturan gru dan menu bantuan admin di grup tsbt. Pahami aturan-aturan yang tersedia, sehingga mba bisa tau, pengaturan mana saja yang berkemungkinan menghalangi komentar ataupun postingan mba disana.

  12. Avatar Tata
    Tata

    FB saya kalo buat komen di semua grub juga tertolak knp ya , padahal saya ngga ngapa-ngapain …tidak ada pemberitahuan di notif nya juga

    1. Avatar yudha
      yudha

      komentar di postingan anggota grup tidak bisa mas? coba buat grup sendiri mas, posting sendiri dan komentar sendiri, cek apakah bisa? atau bisa coba login dari browser.. kemungkinan bug sih itu mas.. cmiiw..

  13. Avatar Suparno
    Suparno

    Bagaimana cara membalas komen di facebook dengan video

    1. Avatar yudha
      yudha

      aku test barusan lewat PCku, tinggal tap pada kolom komentar, dibagian bawah ada bilah dengan beberapa ikon, pilih ikon kamera, setelah itu bisa pilih foto/video untuk dilampirkan mas.

  14. Avatar ulilalbab
    ulilalbab

    saya gabisa komentar disemua grub dengan alasan ditolak, ada tulisan langkah berikutnya tapi gabisa dipencet,itu kenapa?posting didalam grup pun langsung otomatis kehapus

    1. Avatar yudha
      yudha

      Ga ada pemberitahuan sama sekali mas? sudah coba akses facebook lewat browser, mungkin ada masalah dengan aplikasi fb saat ini.. setauku jika ada action blocked (aksi yang diblokir), ini ada pemberitahuannya langsung dari facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *