Cara mengatasi video yang disenyapkan di Facebook

  • Post Author:
  • Post Category:Facebook
  • Post last modified:Mei 15, 2020

Jika kalian pengguna facebook, mungkin kalian pernah melihat atau merasakan sendiri video yang kalian tonton tidak ada suara.

Mungkin diantara kalian menganggap bahwa hal tersebut merupakan error dari video yang diupload tersebut.

Namun ternyata video yang tanpa suara tersebut bukanlah video rusak, namun video tersebut merupakan video yang disenyapkan atau di mute oleh Facebook karena berisi konten yang melanggar hak cipta atau Copyright.

Copyright sendiri adalah kondisi dimana video yang kalian upload terindikasi menggunakan konten yang merupakan milik orang lain.

Jika di Youtube terkenanya copyright ditandai dengan dimonestasi atau tidaknya video kalian, namun berbeda dengan Facebook. Jika di Facebook video yang kalian upload akan disenyapkan. Bahkan jika copyright nya sudah terlalu, video bisa jadi tidak bisa diposting.

Salah satu contohnya adalah musik, jika kalian mengupload video dengan musik yang sudah memiliki hak cipta, maka otomatis video kalian akan disenyapkan oleh Facebook.

Nah, disini kita akan bahas mengenai hal ini.

Mengatasi video yang disenyapkan di Facebook

Caranya adalah dengan melakukan pengajuan/banding terhadap Facebook. Pengajuan ini bukan berarti kalian meminta Facebook untuk dapat mengembalikan video kalian, pengajuan ini berarti kalian dengan penuh kesadaran bertanggung jawab dan membuat pernyataan bahwa video yang kalian upload itu adalah video yang aman dari copyright.

Jadi jika dikemudian hari ada masalah dengan video tersebut maka Facebook tidak akan bertanggung jawab.

Jadi sebenarnya tidak sulit untuk menghilangkan senyap pada video yang kalian upload di Facebook. Namun perlu kalian ingat, cara ini sebaiknya kalian lakukan hanya jika kalian yakin bahwa video kalian itu memang benar benar aman dari Copyright.

Meskipun video kalian berhasil di upload, namun jika ada yang melapor bahwa video kalian mengandung copyright, maka facebook tidak akan segan segan untuk menghapus video tersebut. Bahkan jika hal tersebut kalian lakukan berkali-kali, akun Facebook kalian bisa saja di Suspend.

Oleh karena itu jika kalian memang sudah tau bahwa video tersebut melanggar hak cipta dan disenyapkan oleh Facebook, maka sebaiknya kalian hapus saja video tersebut.

Tapi, jika kalian tetap ingin mencoba menghilangkan mute tadi. Bisa ikuti proses dibawah ini.

1. Jika video yang kalian kirim terkena senyap, maka akan muncul halaman seperti pada gambar dibawah. Kalian bisa tap “kirimkan sengketa”. Pengiriman sengketa ini berarti kalian tidak terima atas keputusan facebook dan menyatakan bahwa video tersebut dalam tanggung jawab kalian.

pilih kirimkan sengketa

2. Selanjutnya pilih alasan sengketa, kalian bebas pilih nomor 1-3

pilih alasan sengketa

3. Tuliskan alasan sengketa, misalnya video tersebut hanya untul keperluan pendidikan, atau video tersebut bukan untuk dikomersilkan, jika sudah tap kirimkan sengketa

Tulis Alasan Sengketa

4. Pilih “ya” dikotak dialog yang muncul, untuk mengkonfirmasi pengajuaan sengketa

Pilih Kirimkan Sengketa

5. Pengajuan kalian akan di proses paling lama seminggu. Tapi dalam pengalaman penulis, hal ini hanya memakan beberapa jam.

Pengajuan dalam proses

6. Jika pengajuan berhasil, maka video kalian akan langsung masuk ke profil selayaknya video lainnya.

Video berhasil di Publish
Video berhasil di Publish

Tips Menghindari Video di Senyapkan Facebook

Agar video tidak disenyapkan atau terkena Copyright, ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan. Diantaranya sebagain berikut :

1. Gunakan lagu dengan versi lain. Untuk menghindari copyright atau video disenyapkan oleh Facebook, kalian bisa menggunakan musik dengan versi yang berbeda dengan aslinya, misalnya musik remix atau musik dalam bentuk cover.

2. Jangan mengambil isi video atau musik secara full. Jika kalian memang terpaksa menggunakan video atau musik milik orang lain, maka sebaiknya kalian jangan langsung upload video terebut secara keseluruhan. Upload hanya sebagian kecil saja agar terhindar dari copyright

3. Gunakan musik yang sudah aman dari copyright. Saat ini sudah banyak musik musik yang bebas copyright. Kalian bisa mencarinya di internet atau bahkan di Youtube atau di google dengan keyword “musik bebas copyright”, atau “music free license”. Akan ada banyak sekali musik bebas copyright yang bisa kalian gunakan untuk video kalian.


Itulah bagaimana cara mengatasi video facebook disenyapkan, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kirim ke kolom komentar.

Sekian pembahasan kali ini, sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Tinggalkan Balasan