Cara mengembalikan pesan email gmail yang terhapus

Seperti dikomputer, di Gmail ternyata ada fungsi serupa dengan recycle bin, yaitu fungsi kotak “sampah”. Dimana fungsi kotak “sampah” ini adalah untuk menampung pesan email yang kita hapus, seperti “recycle bin” dikomputer yang bisa menampung file yang dihapus.

Di kotak “sampah” tadi, email yang dihapus akan bertahan selama 30 hari sebelum dihapus permanen oleh system. Ini tujuannya supaya email yang tidak sengaja terhapus, bisa dikembalikan dengan mudah.

Disini kita akan bahas mengenai hal tsbt.

Disini penulis menggunakan aplikasi gmail di smartphone, jika kalian pakai komputer dan browser, caranya hampir sama, bedanya hanya dari segi tampilan dan posisi menu-nya saja.

Ok langsung saja.

1. Buka aplikasi Gmail yang ada diponsel kalian.

klik aplikasi gmail

2. Didalam tampilan utama aplikasi Gmail, tap “icon garis tiga” yang ada dipojok kiri atas. Setelah itu akan muncul jendela disebelah kiri dengan banyak pilihan menu, scroll kebawah dan cari menu “Sampah”. Pilih dan masuk ke menu “Sampah” tersebut.

3. Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman “sampah” seperti dibawah ini. Di sini akan kelihatan seluruh pesan email yang pernah kalian hapus. Baik itu yang sengaja dihapus, ataupun yang tidak sengaja terhapus. Cari pesan email yang ingin kalian kembalikan ke inbox utama, lalu tekan dan tahan pesan email tsbt. Setelah kalian tekan dan tahan, maka akan muncul tanda centang biru disebelah pesan tadi.

4. Setelah itu kalian tap ikon titik tiga dipojok kanan atas, lalu pilih menu “Pindahkan ke”.

5. Setelah itu akan muncul pengaturan “pindahkan ke” seperti dibawah ini. Disini ada tiga pilihan untuk memindah email dari kotak “sampah” tadi. Pilih saja “Utama” untuk memindahkan email ke kotak utama.

klik utama

6. Jika sudah berhasil dipindahkan maka akan muncul notice dibagian bawah yang menjelaskan bahwa email berhasil dipindahkan. Kalian juga bisa mengurungkan, untuk membatalkannya.

7. Selesai. Sampai disini pesan email yang terhapus sudah dikembalikan ke inbox utama kalian.

Untuk mengeceknya kalian bisa masuk ke inbox utama dengan cara dibawah ini. Sudah kelihatan email yang sebelumnya berada di kotak sampah, sudah berada didalam inbox kembali.


Cara diatas sebenarnya tidak perlu diajarkan kalau kalian sudah terbiasa dengan penggunaan komputer dan dunia internet. Disini tetap dibahas karena tidak semua pengguna email gmail itu adalah orang yang melek teknologi. Ada yang masih remaja atau orang tua yang kurang pandai dalam menggunakan internet.

Fitur diatas penting karena kita sering kali tidak sengaja menghapus pesan email tertentu. Apalagi kalau sudah di setting menu swipe, menghapus pesan bisa sangat mudah hanya dengan swipe kiri atau kanan saja, karena kemudahan ini, mudah pula untuk tidak sengaja swipe dan menghapus pesan penting.

Lalu bagaimana jika pesan emailnya sudah terhapus permanen dari kotak sampah?

Ini pertanyaan penting. Sebagian dari kita mungkin tidak sadar menghapus pesan tsbt, lalu baru ingat untuk mencarinya setelah lebih dari 30 hari. Ternyata pesannya sudah tidak ada lagi di dalam kotak sampah karena sudah dihapus otomatis oleh system.

Kalau hal ini yang terjadi, sejauh yang penulis tau, pesannya tidak bisa dikembalikan. Kecuali jika teman-teman memiliki backup offline.

Jadi setauku memang tidak ada cara untuk mengembalikan pesan email yang sudah dihapus dari kotak sampah.

Alternatif lainnya mungkin, jika kita kenal pengirimnya, kita bisa minta salinan email tersebut. Si pengirim email bisa dengan mudah mem-forward salinan email lama yang kalian butuhkan dari inbox mereka.


Bagaimana menurut kalian dengan fitur ini? Bagaimana pula menurut kalian untuk kasus seperti diatas, dimana pesannya sudah terhapus permanen, apakah ada solusi alternatif untuk hal ini?

Jika ada yang punya solusi alternatif yang lebih ampuh, bisa tambahkan dikolom komentar dibawah.


Mungkin sekian pembahasan kali ini. Sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Published by anwarnulis

penikmat kopi

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *