Cara merubah tampilan facebook ke versi yang lama

Facebook saat ini sudah menggunakan tampilan yang terbaru. Bagi sebagian orang yang belum terbiasa, mungkin akan merasa kesulitan dengan adanya tampilan baru ini. Alasannya pun beragam, bisa jadi kita kesulitan menemukan menu yang kita cari, atau halaman yang sulit dimuat. Kemungkinan lainnya, beberapa orang juga bisa jadi tidak merasa nyaman dengan tampilan Facebook baru.

Bagi kalian yang masih ingin menggunakan tampilan Facebook lama, kamu masih dapat mengubahnya menjadi tampilan Facebook lama.

Pada Facebook mobile, kita dapat menyebutnya sebagai Facebook Basic atau dasar. Sedangkan pada Facebook web, kita dapat menyebutnya sebagai Facebook klasik.

Mengubah tampilan Facebook mobile menjadi versi dasar

Pada awal kemunculannya, Facebook mobile memiliki tampilan yang sederhana. Tampilan yang sederhana tersebut bahkan dapat diakses dengan menggunakan jaringan internet 2G.

Versi dasar ini memang sangat sederhana, inilah yang menyebabkan versi ini sangat ringan untuk diakses, bahkan diponsel jadul sekalipun

Saat ini, tampilan Facebook mobile sudah berganti menjadi tampilan yang relatif lebih menarik dan ringkas. Namun demikian, tampilannya lebih berat dan membutuhkan lebih banyak data untuk memuatnya jika dibandingkan dengan versi terdahulu.

Lalu bagaimana agar kita tetap dapat membuka Facebook mobile saat internet lemot? Apakah kita dapat berganti ke tampilan Facebook dasar? Lalu bagaimana cara mengubah tampilan Facebook dasar?

Jawabannya adalah: Ya, kita dapat memiih untuk berganti tampilan Facebook mobile ke Facebook dasar. Simak langkah-langah berikut ini untuk mengetahui langkah-langkahnya.

  1. Buka mbasic.facebook.com pada browser di ponselmu.
buka mbasic.facebook.com pada browser

2. Jika kamu sudah login pada Facebook mobile sebelumnya, kamu akan langsung ditujukan pada beranda Facebook. Namun jika belum login, kamu harus login terlebih dahulu pada Facebook basic ini.

login facebook basic

3. Selesai. Pengguna Facebook dapat menggunakan tampilan Facebook dasar ini kapanpun mereka ingin.

tampilan facebook basic atau dasar

Admin: Dari yang aku coba, versi basic ini memang terasa jauh lebih ringan. Aku juga cek ternyata versi basic ga menggunakan Javascript, alhasil memang tampilannya lebih mudah diproses (terasa lebih cepat) terutama oleh ponsel2 low-end. Cuma kekurangannya juga cukup signifikan, aku coba pakai versi ini untuk moderasi grup, selalu error. Dari yang aku liat, tidak semua fitur yang ada kompatible atau bisa dipakai di versi basic.

Mengubah tampilan Facebook web ke versi lama (versi klasik)

Admin : Sedikit menambahkan, facebook mengumumkan bahwa facebook klasik sudah tidak bisa dipakai lagi mulai bulan september 2020 ini. Jadi jika teman-teman bingung kenapa tutorial dibawah tidak bisa diikuti, cek tanggal hari ini, artinya facebook sudah benar-benar menutup akses ke facebook klasik.

Untuk mengetahui bagaimana cara mengubah tampilan Facebook baru menjadi Facebook klasik, simak tutorial berikut ini.

1.Pada tampilan Facebook baru, terdapat ikon panah ke bawah pada ujung kanan atas. Klik ikon tersebut.

tampilan facebook baru (beta)
tampilan facebook baru (beta)

2. Pada pengaturan yang tersedia, klik pilihan untuk “beralih ke Facebook klasik”.

klik "beralih ke facebook klasik"

3. Berikan penilaian atau rating terhadap tampilan Facebook yang baru. Setelah itu beri tahu pula alasan mengapa kamu ingin berganti dari tampilan Facebook baru ke tampilan lama. Misalnya apakah kamu kesulitan menggunakannya, terlalu lama untuk dimuat, tidak suka tampilannya, atau alasan lainnya. Jika sudah mengisi rating dan alasan berganti tampilan, langkah selanjutnya adalah mengklik tombol “simpan”.

beri rating pada tampilan facebook beta (facebook baru), serta berikan alasan mengapa berpindah ke facebook klasik

4. Jika diperlukan, isikan keterangan atau penjelasan lebih lanjut tentang alasan yang telah kamu isikan tadi. Penjelasan ini dapat menjadi feedback yang membantu tampilan Facebook lebih baik lagi. Jika sudah mengisikan keterangan, klik “selesai”.

berikan penjelasan rinci mengenai alasan tadi

5. Tunggu hingga Facebook selesai untuk memuat ulang halaman.

tampilan facebook klasik

Bonus: Mengubah tampilan Facebook klasik ke Facebook baru

Ingin kembali ke tampilan Facebook yang baru lagi? Tenang saja, karena pengguna Facebook juga dapat berganti kembali ke tampilan Facebook yang baru kapan saja. Caranya pun tak kalah mudah. Berikut ini langkah-langkahnya.

1.Pada tampilan Facebook lama, klik ikon panah ke bawah pada ujung kanan atas.
2. Klik “beralih ke Facebook baru”.

klik "beralih ke facebook baru"

3. Tunggu halaman Facebook baru selesai dimuat.

Tampilan Facebook baru memang lebih lama untuk dimuat. Akan tetapi Facebook baru memiliki fitur yang tidak tersedia pada Facebook klasik. Salah satunya adalah fitur mode malam. Dengan mode malam, pengguna Facebook tetap dapat membuka Facebook dengan nyaman meskipun pada tempat yang kurang pencahayaan. Terlebih lagi, perlu diketahui bahwa Facebook klasik tidak akan dapat digunakan lagi mulai September mendatang. Oleh karena itu, para penggemar tampilan Facebook klasik perlu bersiap dan membiasakan diri dengan tampilan Facebook yang baru.


Nah demikianlah informasi mengenai cara mengubah tampilan Facebook ketampilan yang lama. Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat untuk pembaca sekalian. Jika ada pertanyaan terkait topik artikel kali ini, silahkan ajukan pada kolom komentar.

Tinggalkan Balasan