Cara Mengetahui Anggota Grup WhatsApp yang Online

Meski bisa menampung banyak orang, ada kalanya grup WhatsApp bisa berubah menjadi sepi. Entah itu karena pembahasan tidak menarik, anggota yang cuma membaca, hingga nomor yang bergabung di grup sudah tidak aktif.

Lantas bagaimana caranya kita bisa tahu anggota grup WhatsApp yang online? Apakah memerlukan sebuah aplikasi khusus? Tenang saja, kita tidak perlu repot-repot mengecek satu per satu atau menginstall aplikasi pihak ketiga. Cukup ikuti panduan dibawah ini.

  1. Buka salah satu grup WhatsApp kamu.
  2. Ketik dan kirim pesan di grup tersebut.
  1. Setelah pesan terkirim, tekan cukup lama pada pesan tsbt.
  1. Akan muncul bar menu dibagian atas. Tap ikon “titik tiga” disana.
  2. Selanjutnya pilih opsi “Info”.
  1. Kamu akan masuk ke menu Info Pesan. Disini kamu bisa melihat anggota yang online saat ini. Berikut penjelasannya dibawah.
    • Kolom ‘Dibaca Oleh’. Disini akan muncul orang atau nomor yang sudah membaca pesan kita, artinya mereka sedang online saat ini.
    • Kolom ‘Tersampaikan ke’. Disini akan ditampilan anggota yang WhatsAppnya aktif namun belum membaca pesan kita. Status ini bisa berubah menjadi dibaca ketika anggota tersebut sudah membuka pesan yang kita terkirim. 
  1. Selesai. Jadi untuk anggota yang ada dikolom “Dibaca oleh” sudah pasti online saat itu. Sedangkan untuk anggota yang dikolom “Tersampaikan Ke”, kita tidak bisa ambil kesimpulan apa-apa. Pesan bisa tersampaikan asalkan ponsel anggota grup tadi punya akses ke jaringan internet.

Mungkin sekian yang aku bisa bahas kali ini. Memang tidak semua anggota online bisa dideteksi dengan cara ini.

Tapi setidaknya kamu bisa dapat gambaran kasarnya. Anggota yang membaca pesan, berarti lagi online. Sedangkan yang bisa menerima pesan, bisa jadi online bisa jadi juga tidak.

Selamat mencoba dan jangan sungkan untuk bertanya atau mengoreksi tulisan ini dikolom komentar jika ada kekeliruan.

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *