Cara Mengetahui Anggota Grup WhatsApp yang Online

Grup WhatsApp menjadi salah satu wadah untuk bisa berkomunikasi dengan banyak orang. Fitur ini pun sudah menjadi sarana utama untuk berbagi informasi, perkumpulan orang-orang yang memiliki hobi sama, maupun sebagai penunjang pekerjaan.

Meski bisa menampung banyak orang, ada kalanya grup WhatsApp bisa berubah menjadi sepi. Entah itu karena pembahasan tidak menarik, anggota yang cuma membaca, hingga nomor yang bergabung di grup sudah tidak aktif.

Lantas bagaimana caranya kita bisa tahu anggota grup WhatsApp yang masih online? Apakah memerlukan sebuah aplikasi khusus? Tenang saja, kita tidak perlu repot-repot mengecek satu per satu atau menginstall aplikasi pihak ketiga. Cukup ikuti panduan dibawah ini.

Mengetahui anggota grup WhatsApp yang online

  1. Buka salah satu grup WhatsApp kamu.
  2. Ketik dan kirim pesan di grup tersebut.
  1. Setelah pesan terkirim, tekan cukup lama pada pesan tsbt.
tekan cukup lama pada pesan hingga muncul menu pilihan
  1. Akan muncul bar menu dibagian atas. Tap ikon “titik tiga” disana.
  2. Selanjutnya pilih opsi “Info”.
  1. Kamu akan masuk ke menu Info Pesan. Disini kamu bisa melihat anggota yang online saat ini. Berikut penjelasannya dibawah.

a. Kolom ‘Dibaca Oleh’. Disini akan muncul orang atau nomor yang sudah membaca pesan kita. Angka sisa dibawahnya berarti anggota yang belum membaca namun sudah menerima pesan kita.

b. Kolom ‘Tersampaikan ke’. Disini akan ditampilan anggota yang WhatsAppnya aktif namun belum membaca pesan kita. Status ini bisa berubah menjadi dibaca ketika anggota tersebut sudah membuka pesan yang kita terkirim. 

Jadi untuk anggota yang ada dikolom “Dibaca oleh” sudah pasti online saat itu. Sedangkan untuk anggota yang dikolom “Tersampaikan Ke”, kita tidak bisa ambil kesimpulan apa-apa.

  1. Selesai.

Mengetahui anggota grup WhatsApp yang offline

Walaupun kita tidak bisa tau pasti semua anggota grup yang online saat itu juga, tapi setidaknya kita bisa mengetahui siapa saja yang sedang offline saat itu.

Untuk tahu anggota yang tidak aktif atau offline, kita tinggal menggeser layar ke paling bawah dan akan terlihat jumlah orang tersisa. Angka ini menunjukkan jumlah anggota yang belum menerima pesan.

sisa anggota yang tidak aktif di grup

Tidak aktif disini bisa karena banyak hal ya. Bisa karena pulsa atau paket data habis. Bisa karena HP-nya yang mati. Atau bisa karena sinyalnya yang hilang, dstnya.

Kamu tinggal mengirim pesan kepada nomor tersebut secara pribadi untuk memastikan hal tersebut atau cek di profilnya kapan terakhir kali membuka WhatsApp.


Mungkin sekian yang aku bisa bahas kali ini. Memang tidak semua anggota online bisa dideteksi dengan cara ini. Tapi setidaknya kamu bisa dapat gambaran, mana yang sedang online, mana yang whatsappnya aktif dan mana yang tidak aktif.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *