Cara mengetahui IP address WhatsApp orang lain

Ketika sedang chatting-an di WhatsApp, mungkin kamu pernah penasaran ingin tahu lokasi dari teman chatting tersebut. Sebenarnya untuk bisa tahu lokasi teman chatting-an kamu ada cara yang sangat mudah, kamu bisa minta mereka share lokasinya, dan kamu akan dapat lokasi akurat.

Namun jika kamu ingin “diam-diam” tau lokasinya, kamu bisa melacaknya dengan IP Address mereka. Namun yang perlu diketahui, hasilnya akan sangat tidak akurat.

Jadi jika tujuan utama kamu adalah melacak lokasi pengguna WhatsApp tsbt, IP address-nya ini bukan solusinya.

Walaupun begitu, IP Address bisa digunakan untuk keperluan lain. Jadi jika kamu memang perlu IP Addressnya saja, berikut akan dibahas bagaimana cara mendapatkannya.

Cara Mengetahui IP Address WhatsApp Orang Lain

Disini kamu perlu siapkan konten menarik yang kira-kira mau dibaca atau dilihat oleh target kamu. Konten bisa berupa sebuah laman di internet, sebuah video di Facebook atau Youtube, sebuah gambar di Pinterest, dll.

Intinya disini kita perlu link ke konten tsbt.

Link ini nanti akan di “pendekkan” dengan situs IP logger (seperti grabify). Situs IP loggers ini mirip seperti pemendek URL biasa, hanya saja mereka menyediakan data akses (termasuk IP address) orang yang mengklik link mereka.

Selain itu kita juga perlu situs pemendek URL biasa (seperti bit.ly), yang akan kita gunakan untuk “memendekkan” url dari situs IP logger tsbt. Ini supaya target tidak curiga IP address mereka sedang dilacak.

Jika masih belum paham kemana arah bahasanku tsbt, langsung saja ikuti dan praktekkan langkah-langkah dibawah steb-by-step.

1. Cari konten menarik dan buatkan link pendeknya di di Grabify

Langkah pertama, kamu harus membuat URL atau link di Grabify lebih dulu. Berikut step-by-step-nya.

1. Siapkan Kontennya terlebih dulu, misalnya di sini aku akan mengambil konten artikel menarik di situs Bukugue. Kamu bisa salin link-nya ya.

Salin Link Sumber

2. Kemudian buka situs Grabify.link, pastekan link konten menarik tadi ke kolom yang tersedia dan tap tombol Create URL.

Masukkan Link ke Grabify

3. Nantinya akan muncul notifikasi, kamu bisa tap tombol “I Agree & Create URL“.

Klik I Agree Create URL

2. Salin URL pendek dari Grabify

Setelah membuat URL, kamu akan diarahkan ke halaman Tracking & Logs dari Grabify. Di halaman inilah nanti kamu bisa mendapatkan informasi mengenai IP Address orang lain dari WhatsApp.

Tapi dilangkah ini, kamu bisa copy link dulu dengan klik tombol Copy di kolom New URL.

 Copy Link Grabify

Kalau sudah menyalin URL dari Grabify, selanjutnya kamu akses situs pemendek URL. Salah satu yang aku rekomendasikan untuk kamu pakai Bitly.

Alasan aku merekomendasikan Bitly, karena bisa memakai simbol khusus, seperti strip (-). Karena di beberapa situs modifikasi URL, umumnya hanya bisa memakai Alfanumerik saja, tidak bisa simbol.

Nah untuk bisa membuatkan url pendeknya di Bitly, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Silahkan akses situs Bitly lebih dulu, klik icon Strip 3 dan klik Sign Up Free.

2. Pilih Get Started di kolom yang Free.

Daftar di Opsi Free

3. Masukkan data diri kamu, seperti Username, Email dan Password . Setelah itu klik tombol Sign Up with Email.

Pilih Sign Up With Email

4. Nantinya kamu akan berhasil masuk ke dashboard, silahkan klik tombol Create.

 Klik Tombol Create

5. Masukkan Link Grabify tadi ke kolom Enter Long URL dan klik tombol Create.

Masukkan Link ke Bitly

6. Lalu akan muncul kotak dialog untuk memodifikasi Link dan Title. Kalau ingin memodifikasi nama Link, silahkan ubah di kolom Title.

Edit Title Link

7. Kemudian silahkan masukkan nama Link sesuai keinginan kamu di kolom Customize Back-Half. Kalau sudah, klik tombol Save.

Modifikasi URL di Bitly

8. Selanjutnya kamu tinggal tap dan tahan pada URL dan pilih Salin URL untuk mendapatkan link-nya.

4. Bagikan Link terakhir tadi di WhatsApp

Setelah di copy, silahkan kamu bagikan Link Bitly tadi ke teman chatting-an kamu di WhatsApp.

Kirim URL ke WhatsApp

Kurang lebih tampilannya seperti gambar di atas sih. Kalau kamu memilih konten yang bertemakan artikel atau video, nantinya akan muncul thumbnail di WhatsApp.

5. Cek hasil tracking kamu di Grabify

Setelah teman kamu klik link yang diberikan, kamu bisa cek lagi di halaman Tracking & Logs pada situs Grabify. Tapi kamu harus refresh dulu supaya halamannya diperbarui.

Cek IP Address Pengguna WhatsApp di Grabify

Gulir ke bawah dan cari bagian Result. Di bagian ini akan terdapat tabel data dari orang yang sudah mengakses link yang kamu berikan tadi. Salah satu data di dalamnya ada IP Address teman chatting-an kamu.

Bonus: Melacak lokasi teman WhatsApp dari data IP address-nya

Jika kamu penasaran dengan lokasi seseorang berdasarkan IP addressnya, kamu bisa gunakan laman https://whatismyipaddress.com/ip-lookup. Pastekan IP address dikolom yang tersedia dan tap “Get IP details”.

Tips supaya teman WhatsAPp kamu mau klik link yang kamu kirim

Tidak semua orang mau klik URL yang dicurigainya. Apalagi kalau orang tersebut cukup cerdas dan tahu situs Grabify, mungkin tidak akan sembarangan mau mengklik-nya.

Nah oleh sebab itu, pada panduan di atas aku menyarankan kamu memodifikasi link-nya dulu lewat Bitly. Selain itu, ada beberapa tips lain supaya orang lain mau klik URL yang kamu berikan, seperti:

  • Cari konten yang mereka sukai, misalnya mereka suka mengotak-atik aplikasi bisa cari konten berupa artikel atau video YouTube tentang hal tersebut
  • Pastikan konten memiliki thumbnail, untuk hal ini kamu bisa coba sendiri mengirim ke teman atau keluarga. Karena kalau muncul thumbnail, membuat orang tidak ragu untuk mengakses URL tersebut. Biasanya hanya konten berupa artikel, video dan sosial media yang punya thumbnail
  • Kamu bisa coba berikan penjelasan yang menarik, supaya mereka tertarik untuk mengakses URL tersebut.

Kesimpulannya, untuk mengetahui IP Address WhatsApp orang lain ini bisa kamu dapatkan lewat situs Grabify. Namun tentu saja, kamu masih perlu “kerja” manual disini. Tidak ada cara instant sayangnya.

Kalau ada kesulitan, silahkan tanyakan saja lewat kolom komentar. Sekian pembahasan dariku, terimakasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *