Cara mudah ganti bahasa akun google melalui browser pc kamu

Terkadang ketika kamu baru saja membuat akun google, lalu kamu ingin login atau masuk ke akun mu, setelan dari akunnya masih dalam keadaan default atau belum diatur.

Sehingga bahasa di dalamnya pun terkadang ada yang menggunakan Bahasa Inggris (UK dan US) dan ada pula yang sudah menggunakan Bahasa Indonesia.

Hal ini lantas akan mempengaruhi semua produk google yang kamu gunakan seperti Gmail, Google Drive, Play Store, Maps, Google+, dll.

Jika kamu mungkin mengalami kesulitan ataupun tidak terbiasa dengan tampilan menu yang menggunakan Bahasa Inggris, maka ubahlah menjadi Bahasa Indonesia agar kamu dapat memahami dengan mudah.

Misalnya saat akan mengirim email, yang biasanya harus menekan tombol “Tulis”, tetapi jika Bahasa Inggris maka akan berganti menjadi “Compose”. Hal ini mungkin membuatmu sedikit bingung dan tidak terbiasa, lalu bagaimana cara mengganti bahasa di akun Google kamu ?

Saya memiliki dua cara untuk mengganti bahasa produk google kamu, dicontoh ini akan dijelaskan cara mengubah bahasa akun gmail.

Cara pertama adalah dengan mengganti bahasa di langsung di pengaturan gmail. Sedangkan cara kedua, untuk mengganti bahasa di oengaturan akun google (“ganti bahasa ke seluruh produk google yang terkait dengan akun tsbt, bukan hanya gmail, tapi produk google lainnya seperti adsense, blogger, google webmaster tools, google drive, dll.

Caranya pun sangat mudah, kamu cukup mengikuti langkah-langkah yang akan di jelaskan di bawah ini. Cara yang pertama adalah seperti di bawah ini.

A. Cara merubah pengaturan Bahasa di inbox GMail kamu

1. Login ke akun Google

Cara yang pertama saya khususkan pada Google Mail terlebihi dahulu. Masukkan nama pengguna atau email mu untuk masuk akun google mail mu, setelah itu masukkan password dengan benar. Lalu tekan Sign in.

cara mengganti bahasa akun google, tutorial cara mengganti akun google di pc

2. Tekan roda bergerigi

Setelah kamu login ke dalam gmail, lihatlah pada bagian pojok kanan tampilan beranda, lalu tekan roda bergerigi yang sudah di tandai pada gambar di bawah ini.

Setelah itu, akan muncul beberapa menu pilihan. Lalu pilihlah Setting, sudah di tandai juga pada gambar di bawah ini.

cara mengganti bahasa akun google, tutorial cara mengganti akun google di pc

3. Pilih Bahasa yang kamu inginkan

Selanjutnya, kamu akan berada di tampilan Setting dengan beberapa pilihan menu.

Pilihlah menu General. Setelah itu akan ada menu Language yang berarti bahasa, dan pilihlah bahasa yang membuatmu mudah paham. Misal saja disini aku mengganti dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia.

cara mengganti bahasa akun google, tutorial cara mengganti akun google di pc

4. Simpan perubahan

Setelah sudah mengganti bahasa yang kamu inginkan, scroll trus ke bawah dan maka kamu akan menemukan pilihan Save Changes dan Cancel. Jika kamu sudah yakin dengan bahasa yang kamu pilih, maka tekanlah Save Changes.

cara mengganti bahasa akun google, tutorial cara mengganti akun google di pc

5. Refresh halaman untuk melihat perubahan

Jika sudah menekan save changes, maka tampilan pilihan menu di google mail mu sudah berubah menjadi bahasa yang kamu pilih tadi. Tetapi jika belum berubah, mungkin dapat disebabkan oleh koneksi jaringanmu.

Tidak perlu bingung, yang harus kamu lakukan hanyalah merefresh atau menyegarkan halaman.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cara diatas hanya akan mengganti bahasa di GMail kamu. Jadi, jika kamu menggunakan cara seperti di atas maka bahasa produk google yang lain tidak akan ikut beribah.

Di bawah ini saya memiliki alternatif cara kedua yang berfungsi untuk mengganti bahasa semua produk google sekaligus.

B. Cara mengganti Bahasa di seluruh produk google yang kamu gunakan melalui setting di https://myaccount.google.com/

1. Kembali ke halaman utama Google

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu kembali ke halaman utama google. Caranya cukup ketik google di url, atau dengan cara menutup browser mu lalu masuk lagi ke browser mu.

Setelah itu, lihat pada bagian pojok kanan atas. Lalu pilihlah menu yang berlogo kotak berjumlah 9. Setelah menekannya, kamu akan berhadapan dengan beberapa pilihan produk google. Tapi kamu harus memilih menu Akun Saya atau My Account.

cara mengganti bahasa akun google, tutorial mengganti bahasa akun google

Atau bisa dengan klik disini : https://myaccount.google.com/

2. Setelan akun mu

Setelah mengikuti langkah tadi, maka kamu sudah masuk ke dalam setelan akun mu. Disana akan ada beberapa pilihan menu, seperti Login & keamanan, Info pribadi & privasi, dan Preferensi akun. Maka fokus lah pada bagian menu Preferensi akun. Lalu pilihlah Bahasa & Input Tools.

 

cara mengganti bahasa akun google, tutorial mengganti bahasa akun google

3. Pililh Bahasa

Jika kamu sudah memilih pilihan Bahasa & Input Tools, maka kamu harus memilih menu Bahasa seperti pada gambar di bawah ini. Setelah itu pilih bahasa yang kamu inginkan. Misal disini saya memilih bahasa English (Inggris). Setelah memilih maka tekan OK.

cara mengganti bahasa akun google, tutorial mengganti bahasa akun google

Lakukan percobaan untuk memastikan bahasa sudah berubah

Setelah mengikuti langkah-langkah tadi, maka lakukan percobaan untuk melihat apa kamu mengganti bahasa tadi sudah berhasil atau belum.

Tes 1, kembali ke halaman utama google, dengan cara yang sudah saya jelaskan tadi. Lalu jika bahasa sudah berganti, maka cara yang kamu lakukan sudah benar.

Tes 2, yang kedua, pilih menu kotak 9 tadi, lalu pilih produk Google Drive. Setelah masuk ke dalam halaman utama Google drive, lihatlah apa sudah berganti bahasa. Jika sudah beganti maka cara yang kamu lakukan berhasil.

cara mengganti bahasa akun google, tutorial mengganti bahasa akun google

Tes 3, untuk percobaan ketiga, lakukan pada Google Mail. Caranya sepeti pada tes yang kedua. Setelah masuk ke halaman utama Gmail, apabila semua pilihan menu sudah berganti bahasa maka cara yang sudah kamu lakukan tadi berhasil.

Jadi, bisa dilihat bahwa kedua cara tersebut memiliki sebuah perbedaan.

Cara yang pertama, akan berfungsi untuk mengganti bahasa satu produk google saja, misalnya hanya mengganti bahasa akun Google Mail. Dan cara yang kedua, akan berfungsi untuk mengganti bahasa semua produk google sekaligus.

C. Gagal merubah bahasa akun google kamu ?

Jika bahasa yang ditampilkan di halaman https://myaccount.google.com/ tidak cocok dengan bahasa yang dipilih, hapus cache dan cookie browser, lalu coba setel ulang bahasa lagi.

Catatan: Menghapus cookie juga akan menghapus setelan yang telah disimpan untuk situs lain yang pernah kamu kunjungi.”

Setelah mengikuti langkah-langkah seperti di atas, maka kamu sudah tau cara mengganti bahasa akun google. Bagaimana mudahkan? Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini kepada temanmu yang mungkin belum tahu dengan cara share di akun sosial media kamu.

Di atas itulah tutorial cara mengganti bahasa akun google. Semoga artikel yang sudah aku jelaskan di atas dapat membantu dan menambah wawasan mu tentang cara mengganti bahasa akun google di PC. Jika kamu bingung atau ada yang ditanyakan, silahkan berkomentar pada kolom di bawah ini.

maulidzaks

Aku maulid, paling suka nulis artikel yang berhubungan sama teknologi. Semoga tulisan ku bermanfaat buat kalian semua... Kalo ada kritik saran, komentar di bawah ini yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *