Cara mengubah bahasa di akun google (gmail, google search, dll)

Bahasa inggris merupakan bahasa universal yang digunakan oleh hampir seluruh negara di dunia. Sehingga tidak heran jika banyak aplikasi maupun website menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utama. Untuk beberapa orang, mungkin pernah merasa kebingungan karena bahasa  yang digunakan dalam suatu web maupun aplikasi merupakan bahasa inggris. Jika kamu tak ingin menggunakan bahasa inggris dalam aplikasi atau website tersebut, kamu harus mengubah bahasanya sendiri.

Google sebagai perusahaan multinasional yang banyak mengeluarkan jasa atau produknya ini juga menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utama karena bersifat universal. Namun demikian,

Google tak hanya menyediakan opsi bahasa inggris saja, Google juga menyediakan puluhan pilihan bahasa yang dapat kamu gunakan. Mulai dari bahasa jerman, belanda, hingga bahasa indonesia pun tersedia di Google.

Untuk mengubah bahasa di Google, kita mempunyai beberapa pilihan. Yaitu mengubah bahasa di satu produknya saja, misalnya Gmail, atau mengubah bahasa di aplikasi yang terinstall di ponsel saja, atau mengubah seluruh bahasa di semua produk google. Kamu dapat memilihnya sesuai kebutuhanmu.

A. Mengubah bahasa pada gmail

Jika kamu memiliki suatu keperluan yang cukup penting, misalnya untuk melamar pekerjaan, biasanya kamu  akan mengakses email melalui komputermu.

Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya untuk melihat tampilan desktop dari gmail, kamu dapat melakukannya melalui ponselmu? Kamu juga dapat mengubah bahasa di gmail bahkan melalui ponselmu. Sehingga jika kamu tak sempat membuka laptop atau komputermu untuk mengubah bahasa pada gmail, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Silahkan kunjungi http://mail.google.com melalui browser ponselmu. Disini aku akan gunakan Chrome untuk masuk ke akun gmail. Mengapa disini aku pakai Chrome? Karena disini aku akan ubah tampilan website menjadi versi desktop. Tap icon titik tiga pada ujung kanan atas Chrome, scroll kebawah, lalu tap desktop mode.

tap “desktop site”

2. Setelah masuk ke mode desktop seperti dibawah ini. Login ke akun gmail-mu dengan cara masukkan alamat email, lalu masukkan pula kata sandimu.

3. Setelah berhasil login, silahkan tap icon roda bergerigi di email kamu seperti pada gambar berikut ini.

Oh iya, untuk mempermudah, kamu dapat memperbesar tampilan dengan cara cubit layar (seperti halnya kamu men-zoom gambar). Setelah itu tap settings.

4. Pada menu general, carilah languange. Disitulah kamu dapat memilih bahasa yang akan kamu gunakan. Pilih bahasanya, disini aku akan ubah bahasa menjadi bahasa indonesia. Setelah itu scroll sampai ke bawah dan tap save changes untuk menyimpan perubahan.

Sekarang kamu dapat menggunakan gmail dalam bahasa indonesia.

Namun sayangnya, cara ini hanya bekerja pada email yang kamu akses melalui browser saja, sedangkan untuk aplikasi gmail pada ponselmu tidak akan terpengaruh.

B. Mengubah bahasa aplikasi gmail, youtube, dan lain-lain yang ada di ponsel mu

Selain gmail, kamu mungkin juga menginstall aplikasi keluaran Google lainnya di smartphone kamu. Adapun aplikasi tersebut diantaranya adalah Youtube, Google Drive, dll. Aplikasi-aplikasi tersebut mungkin banyak kamu gunakan dalam keseharianmu.

Namun bagaimana jadinya jika kamu kesulitan mengubah bahasa yang digunakan dalam aplikasi tersebut? Untuk mengubah bahasa aplikasi gmail dan aplikasi google lainnya dalam ponselmu, kamu dapat mengubah bahasa antarmuka pada ponselmu sendiri. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka menu settings pada ponselmu. Mungkin susunan pengaturan tidak akan sama pada setiap ponsel. Namun pada ponselku, aku membuka pengaturan bahasa pada additional settings.
buka menu setting, lalu buka “additional settings”

2. Tap languange & input, setelah itu tap languange untuk memilih bahasa yang akan kamu gunakan nantinya.

3. Pilih bahasa yang akan kamu gunakan. Disini aku akan mengubah bahasa antarmuka menjadi bahasa indonesia. Sehingga disini aku akan men-tap bahasa indonesia.

pilih bahasa antarmuka

4. Setelah dialog box muncul, tap OK.

tap “ok”

Sekarang, aplikasi gmail, youtube, google drive dan aplikasi-aplikasi lainnya dapat kamu gunakan dalam bahasa indonesia deh.

Admin: Karena disini kita mengubah bahasa keseluruhan di hp, artinya bukan cuma aplikasi google aja yang bahasanya berubah, tapi seluruh aplikasi dan system di ponsel pun bahasanya akan ikut berubah.

C. Mengubah bahasa semua produk google

Berbeda halnya dengan mengubah bahasa email yang hanya akan mengubah bahasa pada gmail saja, kamu dapat mengubah bahasa pada produk google. Kamu dapat mengubahnya, sehingga bahasa dari semua layanan google yang kamu gunakan akan berubah. Sama dengan cara sebelumnya, kamu dapat mengubahnya melalui browser ponselmu juga. Untuk langkah-langkahnya, kamu menyimak cara sebagai berikut.

  1. Login akun google melalui browser ponselmu. Kunjungi http://google.com, setelah itu masukkan email dan password akun google kamu.
  2. Setelah berhasil login, scroll layar kebawah. Setelah itu tap settings, lalu search settings.
tap “settings” lalu “search settings”

Untuk membuka search settings atau setelan penelusuran, kamu juga bisa langsung menuju link berikut untuk lebih mudahnya: http://google.com/preferences

3. Scroll layar ke bawah, kamu akan menemukan language in google products. Kamu dapat memilih opsi bahasa lainnya. Disini aku memilih untuk mengubah bahasa produk google menjadi bahasa indonesia.

4. Tap save. Setelah ada tulisan “your preferences have been saved”, silahkan tap OK.

Sekali lagi, pastikan bahwa kamu sudah login di google di browser tersebut. Karena kalau tidak begitu setting kamu akan hilang jika kamu akses di browser lain. Pastikan juga untuk login di browser lain tersebut jika kamu ingin seluruh setting kamu di google terbawa kesana. Aku harap part ini bisa dimengerti.

D. Mengubah bahasa penelusuran google (google search)

Tak hanya dapat mengatur bahasa yang digunakan pada emailnya saja, Google juga memungkinkan untuk kamu bisa mengubah bahasa penelusuran. Penasaran bagaimana caranya? Yuk langsung saja simak.

#Cara 1: Melalui aplikasi google

Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Google pada ponselmu. Pada kiri atas layar, terdapat icon garis tiga. Tap icon garis tiga tersebut, kemudian tap settings.

Tap search language seperti pada gambar berikut.

tap “search language”

Pilih bahasa yang akan kamu gunakan. Disini aku akan pilih bahasa Indonesia, maka aku akan menekan Bahasa Indonesia.

pilih bahasa penelusuran

#Cara 2: Melalui browser

  1. Buka google search melalui browser ponselmu, atau untuk lebih gampangnya lagi klik link berikut: http://google.com. Setelah itu login akun google.
  2. Setelah berhasil login, scroll layar ke bawah sampai kamu menemukan settings. Tap settings, lalu setelah itu tap search settings.
tap “settings” lalu “search settings”

Selain dengan cara ini, kamu juga bisa langsung mengunjungi http://google.com/preferences untuk lebih mudahnya.

3. Scroll layar ke bawah lagi, lalu kamu akan menemukan language of search results. Tap add another language untuk menambahkan bahasa lainnya. Pilih bahasa yang ingin kamu tambahkan.

4. Tap save, lalu tap OK.


Demikianlah itu tadi cara dan langkah mengganti bahasa gmail. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Update terus informasi menarik lainnya di Bukugue dot com. Jangan lupa share dan komentarnya jika dirasa bermanfaat.

Sekian dan terima kasih.

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan