Cara mengganti ID LINE tanpa ganti nomor

ID LINE yang sudah kamu set tidak akan dapat kamu ubah lagi karena memang sudah menjadi kebijakan privasi dari LINE. Namun, terkadang kita merasa “perlu” untuk mengganti ID LINE yang lama dengan ID yang terbaru.

Lalu, adakah cara yang bisa dilakukan untuk mengubah ID LINE yang sudah terlanjur di set? Tentu jawabannya ada karena di sini penulis akan memberikan tutorialnya buat kamu secara lengkap dan detail.

Mengubah ID LINE akan memberikan konsekuensi kepada akun kamu seperti hilangnya riwayat obrolan, riwayat penbelian stiker, poin, riwayat pertemanan, dan kamu harus mengganti nomor telepon. Tentu hal ini akan sangat merugikan dan repot kalau kamu hanya punya satu nomor telepon saja. Namun, kamu tetap bisa mengubah ID LINE-mu tanpa harus mengganti nomor telepon, menarik kan?

Adakah fitur khusus LINE untuk Mengganti ID?

LINE tidak menyediakan fitur khusus untuk mengubah ID LINE yang sudah terverifikasi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa sebenarnya ID LINE yang sudah terverifikasi tidak bisa diubah-ubah atau diganti di dalam aplikasi LINE. Hal ini dimaksudkan agar keamanan akun penggunanya dapat terjaga dengan baik. Tapi kita tetap bisa melakukannya dengan mencari jalan lain sebagaimana yang akan penulis paparkan di bawah ini.

Keuntungan reset ID LINE

Ada banyak tujuan mengapa seseorang ingin mengganti ID LINE, salah satunya mungkin karena ingin memblokir banyak teman sekaligus atau mungkin karena tidak ingin seseorang menemukanmu dengan ID yang sudah terlanjur bocor. Dengan mereset ID LINE, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti di bawah ini.

  1. Tidak perlu repot-repot memblokir teman satu persatu. Ini akan sangat berguna ketika kamu tidak ingin lagi berteman dengan beberapa orang sekaligus. Tentu akan lebih praktis karena LINE akan membatalkan pertemanan secara otomatis.
  2. Mengamankan akun dari orang yang tidak ingin kamu jadikan teman. Orang lain bisa menambahkan kamu sebagai teman jika ia sudah mengetahui ID LINE-mu. Reset ID LINE ini akan sangat berguna saat kamu tidak ingin orang lain menemukanmu dengan ID LINE yang lama.
  3. Menghapus spam chat dengan cepat dan praktis. Reset ID LINE ini akan menghapus seluruh chat yang tidak penting dalam riwayat obrolanmu. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot menghapusnya satu persatu karena bisa mengubah ID sekaligus membersihkan room chat dengan cepat.
  4. Mengurangi beban memori. Reset ID LINE ini juga berdampak pada penggunaan memori karena stiker, riwayat obrolan, dan riwayat  aktifitas lain akan ikut terhapus. Mengapa berpengaruh pada memori? Karena semakin banyak aktifitas yang kamu lakukan di line, maka cache yang masuk ke memori juga semakin banyak. Jadi, reset ID LINE ini juga akan mengurangi beban data aplikasi LINE yang tersimpan di memori ponsel.
  5. Mengganti Nomor Telepon. Jika nomor telepon yang terdaftar di akun line sudah tidak aktif, kamu bisa mengubah ID LINE sekaligus mengganti nomor telepon dengan nomor baru yang masih aktif. Tapi, jika kamu ingin mengganti ID LINE tanpa mengganti nomor, itu juga tetap bisa dilakukan.

Kerugian reset ID LINE

Sebelum mulai tutorial reset ID LINE, kamu harus tahu terlebih dahulu apa saja konsekuensi yang akan kamu terima ketika memutuskan untuk mengganti ID LINE. Perhatikan penjelasan di bawah ini sebelum kamu memutuskan untuk mengganti ID LINE.

  1. Pertama, kamu akan kehilangan riwayat obrolan atau chat yang pernah kamu lakukan dengan teman line-mu.
  2. Kedua, kamu juga akan kehilangan semua riwayat pertemanan dan kontak teman-teman line-mu. Lalu bagaimana cara agar tetap bisa berteman dengan mereka? Penjelasan akan penulis paparkan di bawah.
  3. Ketiga, item-item berbayar yang pernah kamu beli di line akan menghilang termasuk stiker. Jadi, kamu harus membeli lagi jika ingin stikermu kembali. Tapi, di sini penulis akan memberikan solusi agar stiker yang pernah kamu beli tidak menghilang meskipun sudah mengganti ID LINE.

Hal-hal yang harus disiapkan

Sebelum mulai mengganti ID LINE, kamu harus menyiapkan beberapa hal berikut ini yang menjadi syarat utama reset ID LINE tanpa mengganti nomor. Perhatikan penjelasan penulis di bawah ini dengan seksama.

  1. Pertama kamu harus memiliki aplikasi LINE versi biasa dan LINE Lite. Mengapa harus dua aplikasi? Karena dengan cara ini kamu tidak perlu menghapus data. Jika kamu hanya memiliki satu aplikasi LINE versi biasa, maka kamu harus menghapus data.
  2. Kedua kamu harus memiliki akun tumbal yang ada di aplikasi LINE Lite. Jika kamu belum memiliki akun tumbal, buat terlebih dahulu di LINE Lite ya. Tapi ingat, setelah mendaftar jangan membuat ID LINE pada akun tumbal tersebut. Biarkan ID LINE pada akun tumbal tersebut kosong. Jangan lupa untuk set email dan password untuk akun tumbal tersebut.
  3. Ketiga pastikan akun utama yang ingin kamu ganti ID-nya telah login di aplikasi LINE versi biasa.
  4. Keempat kamu harus memastikan bahwa nomor telepon yang telah kamu daftarkan di akun line utama masih aktif di perangkatmu sekarang. Mengapa harus aktif di perangkat yang sekarang? Karena nomor tersebut berfungsi untuk menerima kode verifikasi untuk reset ID LINE.
  5. Kelima pastikan bahwa kamu sudah menyimpan ID LINE atau nomor telepon teman-teman line-mu agar kamu lebih mudah menemukan dan berinteraksi kembali dengan mereka setelah reset ID LINE. Kamu juga perlu memberi tahu kepada teman-teman line-mu bahwa kamu akan mengganti ID baru agar mereka tetap dapat menemukanmu di LINE setelah reset ID. Dengan cara ini, kamu bisa berteman dan mengobrol kembali dengan mereka.

Cara mengganti ID LINE tanpa ganti nomor

Setelah kamu selesai menyiapkan hal-hal yang telah dijelaskan di atas, selanjutnya kita akan mulai mempraktekkan cara mengganti id line tanpa mengganti nomor. Perhatikan setiap langkahnya dengan cermat dan jangan sampai ada yang terlewat ya.

1. Pertama buka aplikasi LINE Lite, hapus dulu akun tumbalnya dari aplikasi tersebut. Lalu buka ulang aplikasi dan ketuk menu login.

ketuk menu login untuk masuk ke akun tumbal.

2. Baca pertanyaan dari LINE dan beri tanda centang pada halaman dialog seperti gambar di bawah ini.

3. Masukkan email dan password akun tumbal. Ketuk menu OKE untuk melanjutkan.

Masukkan email dan password akun tumbal.

4. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan nomor telepon. Tapi ingat, masukkan nomor telepon yang tercantol di akun utama, jangan memasukkan nomor telepon yang lainnya. Ketuk menu Berikutnya jika kamu sudah selesai memasukkan.

Masukkan nomor telepon akun utama

5. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirim LINE melalui SMS. Ketuk menu Berikutnya jika kamu sudah selesai memasukkan.

Masukkan kode verifikasi

6. Baca notifikasi pop up seperti gambar di bawah ini. Ketuk menu OK untuk melanjutkan dan tunggu proses loadingnya hingga 100%.

Ketuk menu OK

7. Setelah itu jangan mengotak-atik akun tumbal tersebut. Selanjutnya beralihlah ke aplikasi LINE resmi, refresh, dan tunggu kurang lebih 1 hingga 2 menit. Setelah beberapa menit kamu akan diarahkan pada halaman seperti gambar di bawah ini. Ketuk OK untuk melanjutkan.

Ketuk OK untuk melanjutkan.

8. Setelah proses logout selesai, kamu harus login kembali ke LINE resmi dan masukkan nomor telepon yang tercantol di akun utama (yang dimasukkan di langkah 4 tadi). Jika sudah selesai memasukkan, ketuk tanda panah hijau yang ada di pojok kanan bawah.

masukkan nomor telepon yang tercantol di akun utama

9. Pilih menu OK pada pesan pop up yang tampak seperti gambar di bawah ini untuk mengirim kode verifikasi pada nomor telepon yang telah kamu tuliskan tadi.

Pilih menu OK pada pesan pop up

10. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirim LINE melalui SMS.

Masukkan kode verifikasi yang telah dikirim LINE melalui SMS.

11. Beri tanda centang pada menu Tambah Teman Otomatis dan Izinkan Orang Menambahkan untuk mengembalikan pertemanan kamu dengan teman-teman line-mu. Pilih tanda panah yang ada di pojok kanan bawah jika kamu sudah selesai mencentang.

Beri tanda centang

12. Baca keterangan seperti gambar di bawah ini. Ketuk Setuju dan OK untuk melanjutkan dan tunggu proses loadingnya hingga 100%.

13. Tunggu proses loadingnya hingga 100% dan kamu akan dibawa ke halaman utama beranda LINE. Pada halaman utama ini, pilih menu pengaturan yang bergambar gerigi. Perhatikan gambar di bawah ini.

pilih menu pengaturan yang bergambar gerigi

14. Selanjutnya pilih menu Profil yang ada di kolom paling atas.

pilih menu Profil

15. Pilih menu ID Pengguna untuk membuat ID LINE yang baru.

Pilih menu ID Pengguna

16. Masukkan ID LINE baru yang kamu inginkan. ID LINE yang kamu buat hanya dibatasi 20 karakter agar mudah ditemukan orang lain, jadi jangan buat ID yang terlalu panjang dan rumit. Periksa ketersedian ID LINE tersebut dengan cara mengetuk menu Periksa yang ada di bawahnya.

Masukkan ID LINE baru yang kamu inginkan.

17. Jika ID yang kamu masukkan tersebut sudah ada yang memakai, maka akan muncul pesan “ID ini telah digunakan” seperti gambar di bawah ini. Hal ini berarti kamu harus menggantinya dengan ID LINE yang lain.

Hal ini berarti kamu harus menggantinya dengan ID LINE yang lain.

18. Jika ID LINE yang kamu masukkan belum ada yang memakai, maka akan muncul pesan “ID ini dapat digunakan”. Selanjutnya ketuk menu Ingat, saat kamu mengetuk menu Simpan, kamu tidak akan bisa mengubahnya lagi kecuali dengan mengulangi langkah-langkah di atas.

Jika ID LINE yang kamu masukkan belum ada yang memakai, maka akan muncul pesan “ID ini dapat digunakan”. Selanjutnya ketuk menu Ingat, saat kamu mengetuk menu Simpan

Dengan mengikuti langkah-langkah reset ID LINE di atas kamu tidak akan kehilangan stiker-stiker yang pernah kamu beli di LINE. Walaupun semua kontak dan riwayat pertemananmu akan terhapus, kamu tetap bisa mengembalikannya karena telah mengatur menambah teman otomatis dan mengizinkan orang menambahkan pada saat reset ID LINE di atas. Tapi kamu akan kehilangan semua riwayat obrolan yang pernah kamu lakukan.  Jadi, pertimbangkan keuntungan dan kerugiannya sebelum memutuskan untuk mengganti ID LINE.

Admin note: Aku barusan udah cobain untuk ganti ID LINE, dan berhasil, cuma caranya agak sedikit beda dari penulis, aku utak-atik aja, sepertinya, setelah di force log-out dilangkah 7 itu, setelah di daftarin lagi akunnya dengan nomor yang sama, aku liat bisa memang diset ulang IDnya, tapi dari pengalamanku, akunnya seperti akun baru, jadi aku tidak yakin apakah ada yang bisa dipertahankan dari akun lama (seperti riwayat pembelian, dstnya).

Prinsip penulis diatas juga seperti memindahkan nomor hp ke akun tumbal, lalu nomer hp dipindahkan lagi ke line yang lama, dan harusnya yang kebawa ke aplikasi yang line lama disana adalah akun baru/tumbal itu. Aku ga bener-bener yakin bagaimana cara kerjanya ini, maaf. Jika kalian udah cobain, bisa ceritain hasil akhirnya disini, tapi aku memang perlu ingatkan disini, bahwa ada kemungkinan semua datanya hilang, seperti buat akun baru lagi, tapi dengan nomor yang lama, itu aja sih. Aku harap teman-teman paham dengan resikonya.

Memang bisa diganti IDnya, tapi resikonya menurutku tidak sesuai sih, apalagi untuk akun lama yang sudah melakukan pembayaran ini itu disana. Bisa jadi karena aku agak beda langkah waktu ngutak-ngatiknya, jadi hasilnya beda seperti yang penulis jelasin.

Sekian dulu penjelasan kali ini, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan komentar dibawah ini.

Share woy :D

Tinggalkan Balasan