Cara Mengganti Nama Grup WhatsApp (Update 2023)

Mengganti nama grup di WhatsApp adalah hal mudah sebenarnya, tidak hanya admin grup, anggota juga bisa mengubah nama grup WhatsApp.

Secara default, saat grup baru dibuat, semua anggota bebas mengganti nama dan deskripsi grup, namun admin bisa mengubah pengaturan ini sehingga membatasi hal tsbt.

Hal ini dilakukan admin untuk kebaikan bersama, supaya informasi grup tidak diutak-atik sembarang anggota.

Langsung saja, kita masuk kepembahasan.

Langkah Mengganti Nama Grup WhatsApp

Cara dibawah bisa digunakan oleh admin, ataupun anggota grup biasa (selama pengaturan “Edit Info grup” membolehkan semua anggota).

Langsung saja, berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka grup WhatsApp yang ingin kamu ubah namanya tsbt.
  2. Tap pada “nama grup” untuk membuka halaman ‘Info grup’.
  3. Dihalaman ‘Info grup’, tap ikon titik tiga dipojok kanan atas.
  4. Muncul pilihan menu, pilih ‘Ubah subjek’. Selanjutnya kamu akan dibawa kehalaman ‘Masukkan subjek baru’.
  5. Dihalaman ‘Masukkan subjek baru’ ini, silahkan masukkan nama grup yang baru.
  6. Jika sudah tap ‘OKE’ dipojok kanan bawah.
  7. Selesai. Kamu akan dibawah kembali kehalaman info grup. Bisa dilihat disini nama grup WhatsApp tsbt sudah berhasil diubah.

Ohya, jika kamu ingin grup kamu terlihat lebih ‘mencolok’ di daftar chat anggotamu, salah satu yang kamu bisa lakukan adalah menggunakan font berbeda untuk nama grup tsbt.

Misalnya dengan membuat nama grup dari font tebal atau font unik. Kamu bisa baca tulisan ‘Bagaimana membuat nama grup WhatsApp 𝘁𝗲𝗯𝗮𝗹 atau dengan font 𝔲𝔫𝔦𝔨 lainnya?‘ supaya lebih jelas.

Mengganti nama grup WhatsApp yang tidak bisa diganti

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, secara default, sebenarnya setiap anggota bisa mengganti nama grup di WhatsApp. Namun admin bisa mengatur supaya hanya admin saja yang bisa mengubah info grup supaya info grup tidak berubah setiap saat karena anggota yang iseng.

Intinya, kalau kamu tidak bisa merubah namanya, berarti admin di grup tersebut sudah mengkonfigurasi pengaturan grup.

Lalu bagaimana solusinya? Berikut beberapa solusi yang mungkin bisa kamu coba untuk hal ini.

Catatan: Solusi dibawah ini bisa kamu coba di grup formal ataupun informal. Untuk grup formal, misalnya kamu dijadikan admin, pastikan tidak mengubah nama atau deskripsi secara sembarang. Sedangkan untuk informal, misalnya grup teman main mungkin tidak masalah.

  • Meminta untuk jadi admin. Dengan menjadi admin, nantinya kamu bisa mengkonfigurasi nama grup dan deskripsinya sesuai keinginan. Tapi usahakan, jangan melenceng dari tujuan grup tersebut supaya kamu tidak dijadikan anggota kembali.
  • Menyarankan nama baru ke admin. Kalau kamu yakin nama yang baru akan lebih baik dan lebih merepresentasikan grup tsbt, kamu bisa vokal menyuarakan perubahan nama tsbt. Jika memang saran kamu baik, admin tentu akan pertimbangkan hal tsbt.

Bisakah mengganti nama grup WhatsApp tanpa ketahuan?

Saat seseorang mengubah nama grup, didalam grup akan ada penjelasan “Pengguna telah mengubah subjek dari nama lama menjadi nama baru“. Tulisan ini akan selalu muncul, terlepas apakah yang melakukan perubahan nama grup itu seorang admin ataupun seorang anggota.

Jadi ya, tidak bisa diam-diam mengubah nama grup tanpa ketahuan. Anggota lain ataupun admin pasti akan tau siapa yang iseng mengubah nama grup.


Nah kurang lebih seperti itulah cara untuk mengganti nama grup WhatsApp. Jadi secara default, semua anggota bisa mengubah nama dan deskripsi grup. Apabila tidak bisa mengubahnya, tandanya admin dari grup tersebut sudah mengkonfigurasi pengaturan untuk membatasi perubahan tersebut.

Sekian artikelku kali ini, semoga bisa bermanfaat ya.

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *