Cara mengganti nama kontak WhatsApp (termasuk yang susah diganti)

Ketika kontak WhatsApp kita masih sedikit, mungkin tidak masalah jika kita sembarang memberi nama kontak tbst, yang penting ingat dan bisa dicari. Tapi ketika jumlah kontak mulai banyak, kita perlu membuat nama kontak yang “mudah dicari”.

Aku sendiri misalnya menggunakan nama lengkap plus nama panggilan di kontakku, jadi aku bisa mencarinya dengan mudah.

Tiap orang punya cara berbeda-beda mengelola kontaknya. Kamu sendiri mungkin punya ide lain.

Intinya kita perlu mengelola kontak dengan baik, menambahkan teman-teman yang belum ditambahkan, mengubah nama-nama yang salah, serta menghapus nomor-nomor lama yang sudah tidak aktif.

Disini kita akan bahas terkait mengubah nama kontak di WhatsApp. Simak pembahasannya.

Cara mengganti nama kontak WhatsApp

Buat yang masih belum sadar, nama kontak WhatsApp diambil dari nama kontak yang tersimpan di ponsel kamu. Jadi kamu hanya perlu mengganti nama kontak yang tersimpan tsbt.

Berikut langkah-langkahnya.

1. Masuk ke aplikasi WhatsApp.
2. Klik salah satu percakapan dengan teman yang ingin kamu ganti namanya;

Klik percakapan teman yang ingin diedit namanya

3. Selanjutnya tap nama orang tsbt untuk melihat detail WhatsApp-nya.

Menuju laman profil teman yang ingin diedit namanya di kontak WhatsApp

4. Selanjutnya tap tombol dropdown titik tiga) di bagian atas kanan layar. Lalu akan muncul beberapa opsi. Pilih menu “Edit“.

Masuk ke laman profil WhatsApp

5. Kamu akan dibawa ke aplikasi kontak telepon kamu. Disini tinggal ubah nama teman tsbt. lalu tap ikon “Centang” untuk menyimpan.

Mengganti nama teman pada kontak WA

6. Selesai.

Kamu tidak harus mengikuti prosesnya dari WhatsApp. Kalau kamu mau, kamu bisa langsung buka aplikasi kontak di ponsel kamu dan langsung cari kontak tsbt dari sana.

Beberapa Permasalahan Terkait Nama Kontak WhatsApp

1 Nama kontak WhatsApp tidak bisa diganti.

Ada momen ketika kamu sama sekali tak bisa mengubah nama kontak WhatsApp teman. Hal ini dikarenakan kontak tersebut berstatus read-only atau baca-saja. Lalu apa yang menyebabkan statusnya jadi demikian? Besar kemungkinan pengaturan kontak tersebut telah diutak-atik, aplikasi phone book yang tidak update dan kesalahan saat import, dll.

Kontak berstatus read only atau baca-saja

Tapi jangan khawatir, status read only pada kontak tersebut tak akan memengaruhi proses bertukar pesan Anda dengannya. Solusi akan hal ini akan dibahas di bawah. So, baca hingga tuntas ya, Sob!

2. Nama Kontak WhatsApp Berubah Sendiri

Penyebabnya adalah sinkronisasi HP kita dengan akun Google milik orang lain. Lho kok bisa? Bukan tidak mungkin, hal ini aku rasain sendiri. Di mana ada orang lain yang sempet login akun Google-nya ke HP-ku. Lalu tanpa sadar, data-data akunnya tersebut tersinkronisasi dengan data gawaiku.

Akun Google milik orang lain yang login ke HP penulis
Akun Google orang lain yang login ke perangkatku

Misalnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Awalnya, aku menamakan kontak si B dengan sebutan “My Telkomsel”. Beberapa saat kemudian, ada teman yang login ke HP-ku dengan akun Google-nya. DAAAN. . .tiba-tiba nama kontak si B tadi berubah dengan sendirinya!

Hal ini tentunya jadi pelajaran bagi siapa pun, agar tak serampangan memberi izin orang lain untuk bisa login. Apalagi sampai terjadi sinkronisasi data-data akun Google.

Solusi untuk nama kontak yang tidak bisa diganti

Pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengupdate aplikasi phone book kamu. Banyak yang tidak sadar bahwa aplikasi bawaan juga bisa diupdate.

Berikut adalah link aplikasi phone yang umum digunakan di Android. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.dialer&hl=en&gl=US

Ada kemungkinan ponsel kamu tidak memakai aplikasi default tsbt jika ponsel tipe lama atau produsen ponsel menggunakan aplikasi buatan sendiri bukan aplikasi default dari Androidnya.

Setelah diupdate, kamu bisa ulangi langkah-langkah mengubah nama diatas sebelumnya. Jika tetap tidak bisa, langkah selanjutnya adalah menghapus kontak tsbt dan membuat ulang kontak dari awal.

Berikut langkah-langkahnya.

1. Masuk ke aplikasi kontak kamu. Nama aplikasinya bisa “Kontak”, bisa “Phone”, dll tergantung tipe HP.
2. Cari nomor orang yang ingin diganti kontaknya.
3. Hapus kontak tsbt. Jika ada lebih dari satu kontak dengan nomor tsbt, hapus semua.
4. Untuk menghapus kontak, kamu hanya perlu buka kontaknya, tap ikon titik tiga, lalu pilih menu “Hapus kontak”.

Menghapus nama teman di kontak HP

5. Jika sudah, buka aplikasi WhatsApp kamu, pastikan chat dengan orang tadi sudah tidak ada namanya.
6. Selanjutnya tap nomor orang tsbt sehingga kamu masuk kehalaman profil WhatsAppnya. Disini tap menu titik tiga, lalu pilih menu “Tambah ke Kontak“.

Cara mengganti nama kontak WhatsApp (termasuk yang susah diganti) 12

7. Selanjutnya kamu akan dibawa ke aplikasi kontak kamu, tap “Buat kontak baru”. Selanjutnya tinggal ikuti proses membuat kontak baru sampai selesai.

Cara mengganti nama kontak WhatsApp (termasuk yang susah diganti) 14

8. Selesai.

Intinya disini solusinya adalah menghapus seluruh data kontak tsbt, lalu menambahkannya sebagai kontak baru. Jadi kalau ada data yang rusak saat import, atau data yang double, perlu dihapus semuanya, baru setelah itu kita bisa menambahkan ulang kontak tsbt.

Solusi untuk nama kontak yang berubah sendiri

Ini juga harusnya cukup jelas. Kamu hanya perlu mengeluarkan akun Gmail yang bukan milik kamu dari ponsel kamu tsbt.

Setelah itu mulai mengelola kontak dengan benar. Data kontak seperti nomor HP, nama, dll itu saat ini bisa disimpan di perangkat kamu, bisa di simpan ke kartu SIM, dan bisa disimpan ke Gmail.

Jadi pastikan menyimpannya ke satu tempat saja supaya kamu mudah mengelolanya. Pastikan juga data tsbt tidak tersimpan double.


Itulah tadi cara mengganti nama kontak WA. Mulai dari metode default hingga cara mengganti nama kontak WA yang susah diganti. Jangan lupa untuk share artikel ini jika kamu rasa bermanfaat.

Apabila kamu menemukan kesulitan dalam melakukan langkah-langkah di atas, maka jangan sungkan untuk menulis di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *