Cara menggunakan soundmoji di Messenger (Lengkap)

Setiap harinya, lebih dari 2 Miliar pesan yang dilengkapi emoji dikirim di Messenger. 

Angka yang fantastis.  

Tapi kalau dipikir-pikir, gak heran pihak Meta dapat mencatat angka seperti itu karena emoji sendiri, baik disadari atau tidak, telah menjadi hal yang wajib ada saat kita chatting dengan teman Facebook.

Ketika seorang teman lama tiba-tiba menghubungi saya di Messenger pun, (bukan karena alasan kepepet mau pinjam uang 🤣 ) , saya chatting dengannya selama berjam-jam dan nyaris semua pesan yang saya dan dia kirim dilengkapi dengan emoji, stiker dan gambar GIF.  

Rasanya, sulit untuk mengekspresikan perasaan jika hanya menggunakan teks saja sehingga saya dan teman saya sering kali menggunakan fitur-fitur tersebut ketika chatting di Messenger.

Tentu kamu pun merasakan hal yang sama dan sering menggunakan emoji saat chatting di Messenger. Nah, jika iya, maka kamu juga pastinya akan tertarik untuk menggunakan fitur baru yang hadir dengan nama Soundmoji.

Sama seperti emoji, stiker dan GIF yang sudah lebih dulu hadir di Messenger, fitur ini juga bisa kamu gunakan untuk mengekspresikan perasaanmu ketika chatting dengan orang lain.  

Apa Itu Soundmoji?

Fitur ini diluncurkan di hari emoji dunia pada 17 Juli 2021 lalu. Jika dilihat dari namanya, ini merupakan gabungan dari kata sound (suara) dan emoji. Jadi bisa dibilang, Soundmoji ini merupakan emoji yang dilengkapi dengan suara.  

Ketika kamu memilih Soundmoji, maka kamu akan mendengar suara yang sesuai dengan Soundmoji yang kamu pilih. 

Saat ini ada 32 pilihan Soundmoji yang bisa kamu gunakan. Semuanya hadir dengan suara yang bervariasi, mulai dari suara jangkrik hingga potongan suara dari film dan lagu populer.  

Langkah-Langkah mengirim Soundmoji di Messenger 

Kalau kamu ingin mencoba mengirim Soundmoji ke teman chat-mu, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.  

1. Buka Messenger. Kemudian tap teman yang akan kamu kirimi pesan.  

Tap teman yang akan kamu kirimi pesan.  

2. Tap ikon emoji di kolom “Aa”. 

Tap ikon emoji di kolom “Aa”

3. Kemudian tap ikon “Speaker” di sebelah kanan. 

tap ikon “Speaker” di sebelah kanan. 

4. Scroll ke bawah, kemudian tap Soundmoji yang ingin kamu kirim. Setelah itu, tap “Kirim” di bawah Soundmoji yang kamu pilih.  

Baca juga :  Cara keluar dari grup Messenger (lengkap)

5. Soundmoji pun akan langsung terkirim. 

Soundmoji langsung terkirim.

Itulah cara untuk mengirim Soundmoji di Messenger. Ada cukup banyak Soundmoji yang bisa kamu pilih. Semuanya hadir dengan suara yang berbeda.

Namun sayangnya, suara tersebut tidak diputar secara otomatis ketika Soundmoji dikirim. Untuk mendengarkan suara dari Soundmoji yang dikirim, pengirim atau penerima harus men-tap Soundmoji tersebut.

SoundMoji belum hadir di Messenger lite untuk saat ini

Fitur ini baru tersedia di Messenger saja sehingga pengguna Messenger Lite tidak dapat mencoba fitur yang satu ini.  

Jika teman chat-mu menggunakan Messenger Lite atau membuka Facebook di browser, maka mereka juga tidak akan bisa mendengarkan suara dari Soundmoji yang kamu kirim. Mereka hanya akan melihat pemberitahuan seperti ini.  

Soundmoji tidak muncul di Messenger Lite

Bagaimana menurut kamu mengenai fitur terbaru Messenger tsbt? Apakah kamu tertarik untuk menggunakannya dalam keseharianmu?

Mungkin sampai disini untuk artikel kali ini. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.