Cara menghapus akun LINE

Ada banyak alasan mengapa kamu ingin menghapus akun LINE, mungkin salah satunya karena kamu sudah tidak aktif menggunakannya lagi. Daripada aplikasi ini tidak kamu gunakan dan memenuhi ruang memori di ponsel, lebih baik hapus saja.

Hal lain yang biasa menjadi alasan seseorang ingin menghapus akun line mungkin adalah karena ingin membuat akun baru dengan data yang baru juga.

Apapun alasannya, disini penulis akan memberikan penjelasan lengkap mengenai masalah “menghapus akun LINE” ini. Kita akan bahas lengkap semuanya. Aku harap kamu tidak sedang terburu-buru dan ingin menghapus akun tsbt detik ini juga.

So, sebelum kamu ambil keputusan yang bisa membuat kamu menyesal di kemudian hari, coba baca dulu penjelasan dibawah ini dengan seksama.

Apa yang akan terjadi setelah akun LINE dihapus permanen?

Ada beberapa dampak yang terjadi setelah akun line kamu hapus. Berikut ini penulis akan memberi infonya buat kamu.

  1. Username dan profil kamu akan menghilang dari LINE. Akibatnya temanmu tidak akan bisa mencarimu lagi dan namamu tidak akan ada pada daftar teman miliknya.
  2. Data seperti nomor telepon, email, ataupun akun facebook yang kamu daftarkan di line akan hilang. Sehingga data tersebut bisa kamu gunakan untuk membuat akun line yang baru.
  3. Kamu juga akan kehilangan daftar teman dan grup yang pernah ada di akun line-mu. Jadi, kamu tidak akan bisa berkomunikasi lagi dengan mereka.
  4. Semua riwayat pembelian yang pernah kamu lakukan akan hilang, baik pembelian stiker, koin, poin, tema dan lain sebagainya.
  5. Semua riwayat obrolan tidak dapat kamu pulihkan lagi karena semua akan terhapus secara permanen.
  6. Kamu juga akan kehilangan akses ke aplikasi resmi (LINE Games, LINE Play, dan lain sebagainya) dan setiap item yang telah kamu beli melalui aplikasi tersebut.

Kalau kamu sudah tau konsekuensi penghapusan akun dan tetap akan kekeuh untuk menghapus akun LINE tersebut. Kamu bisa ikutin langkah-langkah dibawah ini.

Cara menghapus akun LINE permanen

Penulis akan menjelaskan panduan menghapus akun LINE dengan dua versi. Satu versi LINE biasa, satu lagi versi LINE lite. Mengingat metode penghapusannya “sedikit” berbeda. Kamu bisa menyesuaikan dengan tipe aplikasi LINE yang sedang kamu gunakan saat ini.

Versi 1: Hapus akun LINE di LINE Lite

Menghapus akun di aplikasi line lite lebih mudah dilakukan daripada menghapus akun di line versi biasa karena fitur-fitur di aplikasi ini memang lebih sederhana. Simak penjelasan dibawah ini.

  1. Buka aplikasi LINE Lite dan ketuk menu gerigi yang terletak di bagian pojok kanan atas pada halaman utama LINE. Perhatikan gambar di bawah ini.
    ketuk menu gerigi
  2. Ketuk menu “Akun” yang ada di kolom kedua.
    Ketuk menu “Akun”
  3. Perhatikan kolom terakhir yang bertuliskan “Hapus Akun”. Ketuk menu tersebut untuk menghapus akun line-mu.
    ketuk menu “Hapus Akun”
  4. Selanjutnya akan muncul notifikasi pop up seperti gambar berikut ini. Klik menu “OK” untuk melanjutkan penghapusan akun LINE-mu. Ingat, dan baca lagi konsekuensi penghapusan akun yang sudah dishare sebelumnya sebelum kamu ambil keputusan.
    Klik menu “OK”
  5. Penghapusan akun LINE-mu sudah selesai.

Versi 2 : Hapus akun LINE di LINE biasa

Aplikasi LINE biasa memiliki jauh lebih banyak fitur, dan data. Jadi cara menghapusnya akan sedikit lebih panjang karena banyaknya hal yang harus kamu setujui. LINE disini ingin memastikan bahwa kamu benar-benar ingin menghapus akunmu dan siap kehilangan seluruh data mu di LINE.

Baca panduan berikut sambil mempraktekkannya di hp mu.

  1. Buka aplikasi LINE dan ketuk menu gerigi yang terletak di bagian pojok kanan atas pada halaman utama line untuk membuka halaman pengaturan. Perhatikan gambar di bawah ini.
    ketuk menu gerigi
  2. Perhatikan bagian Info Saya dan ketuk menu “Akun” yang terletak di bawah menu “Akun”. Lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya.
    ketuk menu “Akun”
  3. Perhatikan bagian bawah dan ketuk menu “Hapus Akun”.
    ketuk menu “Hapus Akun”
  4. Selanjutnya akan muncul notifikasi pop up seperti gambar di bawah ini. Baca notifikasi tersebut dan tekan menu “Berikutnya” untuk melanjutnya proses penghapusan akun.
    tekan menu “Berikutnya”
  5. Setelah itu line akan memastikan bahwa kamu siap menghapus permanen semua item-item line milikmu, seperti riwayat pembelian, koin, poin, stiker, tema, dan item lain yang telah kamu beli.
  6. Beri tanda centang pada keterangan “Saya memahami bahwa semua item saya akan terhapus secara permanen” jika kamu setuju. Perhatikan gambar di bawah ini.
    Beri tanda centang pada keterangan “Saya memahami bahwa semua item saya akan terhapus secara permanen” jika kamu setuju
  7. Scroll ke bawah dan beri centang pada keterangan “Saya memahami bahwa saya akan kehilangan akses ke aplikasi resmi akun line dan setiap item yang telah saya beli melalui aplikasi tersebut” jika kamu setuju. Lihat gambar di bawah ini.
    beri centang pada keterangan “Saya memahami bahwa saya akan kehilangan akses ke aplikasi resmi akun line dan setiap item yang telah saya beli melalui aplikasi tersebut”
  8. Scroll lagi ke bagian yang paling bawah dan beri centang pada keterangan “Saya memahami bahwa semua item saya akan terhapus secara permanen” jika kamu setuju data yang akan hapus tidak dapat dipulihkan lagi nantinya. Ketuk menu “Hapus Akun” jika kamu sudah memberi tanda centang dan setuju dengan seluruh keterangan di atas.
    Ketuk menu “Hapus Akun”
  9. Selanjutnya akan muncul lagi notifikasi pop up seperti gambar di bawah ini. Baca pesan pada notifikasi tersebut dan ketuk menu “Hapus” untuk melanjutkan.
    Ketuk menu “Hapus”
  10. Tunggu proses penghapusan dan LINE akan membawamu ke halaman awal seperti gambar berikut ini, berarti penghapusan akunmu telah berhasil.

Sampai di titik ini kamu sudah berhasil menghapus akun LINE kamu. Baik itu pakai LINE biasa atau LINE Lite, prosesnya tidak terlalu rumit. Setelah menghapus akun LINE, kamu bisa uninstal aplikasi LINE-nya.

Bonus: cara menonaktifkan akun LINE sementara waktu

Kalau kamu pengguna facebook atau instagram, mungkin kamu tau, bahwa ada fitur yang memang di sediakan untuk menonaktifkan akun untuk sementara waktu.

Tujuan utama fitur ini adalah untuk mereka yang ingin istirahat sejenak dari sosial media, tapi tidak ingin menghapus akunnya secara permanen.

Sayangnya, di LINE tidak ada fitur default untuk menonaktifkan akun LINE sementara. Tapi, hal ini bisa di akali dengan beberapa metode. Walaupun tidak benar-benar perfect.

Versi 1 : Menghapus aplikasi LINE

Yup, cara paling mudah adalah dengan menghapus aplikasi LINE. Tapi sebelum menghapus, pastikan bahwa akun LINE kamu sudah ada passwordnya, karena nanti detail login seperti nomor hp dan password bisa digunakan untuk masuk ke akun kamu yang lama.

Kamu juga bisa meng-koneksikan akun LINE tersebut dengan facebook, karena nanti bisa login LINE langsung dengan akun facebook. Fitur ini mirip dengan fitur login ke instagram dengan facebook. Jadi nanti akun LINE dan facebook akan saling terkoneksi, selama kamu punya akses ke akun facebook tersebut, kamu bisa akses akun LINE lama kamu tsbt.

Jadi, jika suatu waktu kamu butuh akses ke akun LINE lama-mu, kamu tinggal install ulang aplikasi LINE dan login lagi dengan detail login akun lama sebelumnya tersebut.

Versi 2 : Me-restrict aplikasi LINE

Berbeda dengan versi pertama, di versi kedua ini kita tidak akan menghapus aplikasi LINE. Keuntungannya adalah data-data lama seperti chat, atau game yang sudah di download tetap tersimpan di ponsel. Tentu saja kekurangannya juga jelas, karena tidak dihapus, semua datanya tentu akan makan tempat di SD card atau memori internal hp mu.

Me-restict disini artinya adalah membatasi aplikasi LINE. Jadi aplikasi nya tetap ada diponsel, tapi dibatasi atau permissionnya di disable sehingga aplikasi ini tidak bisa ngapa-ngapain, permission untuk akses internet di disable, dll.

Untuk merestrict LINE, kamu cukup masuk kepengaturan app info untuk aplikasi LINE seperti berikut ini.

Disini kamu bisa “FORCE STOP” aplikasinya. Matikan notifikasinya. Di bagian permission, matikan semua permissionnya. Di bagian data usage, kamu bisa mematikan akses nya keinternet (restrict background data). Semuanya bisa dilakukan di satu tempat.

Setelah kamu matikan semuanya, aplikasi line akan seperti aplikasi yang baru di install dan belum pernah digunakan, karena aplikasi ini tidak akan bisa mengirimi kamu notifikasi apapun dan tidak akan memakan kuota paket internet kamu.


Aku rasa disini sudah cukup jelas. Kalau kamu perlu waktu istirahat sebentar, menghapus akun LINE permanen bukan lah solusinya. Walaupun begitu, menonaktifkan LINE sementara juga tidak bisa dilakukan, trik diatas hanyalah sebagai alternatif yang tidak bisa mewakili 100% fungsi menonaktifkan sementara seperti yang ada di sosmed lain.

Jadi pilih yang paling sesuai menurutmu dan jangan lupa tinggalkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Share woy :D

Tinggalkan Balasan