Cara menghapus chat di Telegram

Telegram merupakan salah satu aplikasi chatting yang banyak di gunakan di Indonesia. Telegram sendiri memiliki banyak fungsi yang mirip dengan aplikasi chatting lainnya.

Salah satunya adalah fitur menghapus pesan.

Fitur menghapus pesan ini memang baru hadir di pada tahun 2019 lalu di aplikasi telegram. Jika dulu untuk menghapus pesan di batasi, kini kalian bisa menghapusnya secara langsung saat merasa ada kesalahan pada pesan yang sudah terkirim.

Nah disini kita akan bahas cara menghapus pesan telegram ini. Pertama, kita akan bahas cara menghapus pesan yang dikirimkan ke pengguna lain satu-satu, kedua kita akan bahas cara menghapus semua chat yang ada.

Menghapus pesan di Telegram satu-persatu

Disini kita bisa menghapus pesan yang salah kirim dengan mudah. Fitur ini mirip seperti fitur membatalkan pesan di whatsapp. Berikut caranya.

1. Buka aplikasi telegram yang ada di smartphone kalian masing-masing.
2. Setelah kalian berada di halaman beranda telegram, silahkan kalian pilih percakapan yang akan kalian hapus chat nya.

3. Jika sudah berada di halaman chat, kalian pilih pesan chat yang akan di hapus. Tekan dan tahan pesan tersebut. Setelah itu tap “ikon tong sampah” yang muncul dipojok kanan atas.

4. Setelah itu akan muncul halaman kecil di tengah layar. Di bagian ini kalian di beri pilihan untuk menghapus pesan untuk kalian sendiri atau menghapus pesan untuk kedua penerima. Centang disana jika kalian ingin menghapusnya juga dari teman kalian. Setelah itu tap “HAPUS”.

5. Selesai.

Menghapus chat dan semua pesan dalam chat tersebut

Untuk cara yang kedua ini kalian bisa menghapus obrolan atau semua pesan yang ada di halaman percakapan secara bersamaan dengan satu kali klik saja.

1. Buka aplikasi telegram yang ada di smartphone kalian masing-masing. Setelah berada di halaman beranda silahkan pilih percakapan mana yang akan kalian hapus pesanya.

pilih percakapan

2. Jika sudah berada di halaman percakapan, silahkan kalian klik icon titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

klik titik tiga pojok kanan atas

3. Setelah itu akan muncul pilihan opsi disana, pilih menu “Hapus obrolan”.

klik hapus obrolan

4. Jika sudah akan muncul halaman kecil konfirmasi. Apakah kalian ingin menghapus dari sudut pandang kalian sendiri atau benar-benar menghapus semua percakapannya.

halaman konfirmasi

5. Untuk menghapus semua pesan obrolan, silahkan beri centang lalu tap “HAPUS OBROLAN”.

klik hapus obrolan

6. Jika sudah tunggu proses penghapusannya selesai. Setelah itu kontak percakapan teman kalian yang obrolannya kalian hapus akan hilang dari daftar pesan telegram kalian.

7. Selesai.

Jika kalian ingin membuat chat baru dengan teman kalian, itu bisa dilakukan seperti membuat chat baru pada umumnya, hanya saja chat lama tentu tidak akan kembali lagi.


Kalian bisa menggunakan cara diatas untuk menghapus pesan sesuai kebutuhan yang kalian inginkan. Sebenarnya cara di atas hampir sama dengan cara menghapus pesan di whatsapp yang membedakanya mungkin hanya tampilan pada halamannya saja.


Sekian bahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditambahkan, jangan sungkan untuk mengirimkannya dikolom komentar dibawah ini. Sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Tinggalkan Balasan