Cara Menghapus Grup WhatsApp yang tidak Digunakan

WhatsApp saat ini sudah menjadi aplikasi messaging / berkirim pesan yang paling banyak digunakan. Hampir semua pengguna smartphone memiliki aplikasi WhatsApp ini karena kemudahan dalam menggunakannya.

Selain karena mudahnya menggunakan aplikasi ini, banyak orang memilih WhatsApp sebagai aplikasi messaging utama karena sederhana dan banyak fitur yang dapat dimanfaatkan dengan memori yang tidak terlalu banyak dan kuota yang dibutuhkan tidak terlalu banyak serta akses internet yang tidak harus kuat seperti yang dibutuhkan oleh aplikasi lain.

Fitur-ftur yang disediakan oleh WhatsApp dan dapat dinikmati oleh pengguna atau pemilik akunnya antara lain telfon suara, video call (panggilan video), berkirim pesan seca tertulis dan suara (voice note) dan grup.

Yudha note : menurutku alasan terkuat orang2 pakai whatsapp itu karna “simple” nya, aku pernah pakai line, itu banyak banget aplikasi pendukung lainnya, malah sempat nyepam keluarga dengan invite mereka main “line let get rich”. Nah di wa, yg beginian ga ada setauku, jadi memang fungsi basik dan penunjangnya semua berkaitan dengan komunikasi. CMIIW..

Mengapa harus membuat Grup Whatsapp?

Grup WhatsApp merupakan salah satu fitur yang diberikan oleh WhatsApp yang memungkinkan beberapa user atau pengguna WhatsApp berada dalam satu ruangan chat dan dapat melakukan aktivitas messaging yang sudah kami sebutkan di atas. Grup WhatsApp bisa dibuat oleh salah satu orang yang kemudian disebut admin dan admin tersebut dapat memasukkan kontak yang dimilikinya untuk menjadi member atau anggota grup tersebut. Nantinya, semua anggota grup akan lebih mudah berinteraksi dan berkomunikasi dengan anggota lain tanpa harus mengirim pesan personal atau pribadi.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan adanya grup WhatsApp ini, seperti memudahkan koordinasi saat ada acara atau event tertentu dalam periode jangka pendek seperti kepanitiaan dan periode jangka panjang seperti perkumpulan organisasi tertentu. Dengan adanya grup WhatsApp, tentunya untuk membahas suatu masalah tidak harus dengan berkumpul secara langsung namun bsa secara online melalui WhatsApp. Selain itu, dengan membahas sesuatu melalui WhatsApp akan meningkatkan persentase anggota yang bisa ikut serta atau berpartisipasi dalam bahasan tersebut karena membahas lewat grup WhatsApp tentunya bisa disambi mengerjakan hal lain karena penggunaan WhatsApp seperti yang kita tahu bisa dimana saja asal mempunyai kuota dan akses internet yang memadai.

Sebagian grup yang dibuat sebagai sarana komunikasi jangka pendek seperti grup kepanitiaan tentunya tidak akan digunakan selamanya. Setelah acara yang mereka rencanakan sudah sukses diselenggarakan, grup yang tadinya dibuat untuk memudahkan koordinasi tentunya sudah tidak akan digunakan lagi. Lalu apa yang harus kita lakukan terhadap grup tersebut? Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah dengan menghapusnya. Menghapus grup WhatsApp yang sudah tidak digunakan lagi dapat membuat WhatsApp bekerja lebih enteng dan memori yang digunakan jadi lebih sedikit. Selain itu, apa salahnya kita mengapus sesuatu yang sudah tdak kita gunakan?

Baca juga: Mengatur siapa yang bisa melihat status whatsapp kita

Cara Menghapus Grup WA

Lalu bagaimana cara menghapus grup WhatsApp? Ternyata banyak yang belum tahu cara untuk menghapus grup WhatsApp, untuk itu mari kita simak langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menghapus grup WhatsApp.

1. Buka Grup WhatsApp yang Akan dihapus

Tentunya untuk mengapus sebuah grup, kita harus menentukan grup mana yang ingin kita hapus. Pilih grup tersebut dan klik info grup yang berada di bagian atas sebelah kanan foto profil grup.

2. Keluarkan anggota grup

Untuk mengeeluarkan anggota dari grup, kalian harus menjadi admin terlebih dahuu yang bererti orang yang dapat menghapus grup adalah salah satu admin dari grup tersebut. Untuk mengeluarkan anggota dari grup, kalian bisa melakukannya dengan cara tap pada anggota grup tersebut dan akan muncul beberapa pilihan seperti chat dengan kontak tersebut, jadikan admin grup dan keluarkan. Tap atau klik keluarkan dan orang tersebut sudah berhasil kalian keluarkan dari grup.

Untuk mengeluarkan semua anggota dari grup, kalian harus mengeluarkannya satu persatu sampai hanya tinggal kalian yang berada dalam grup tersebut.

3. Keluar dari grup

Setelah kalian berhasil mengeluarkan semua anggota grup, maka kalian juga harus keluar dari grup tersebut dengan cara klik pilih keluar dari grup.

4. Hapus grup

Setelah kalian berhasil keluar dari grup, maka akan muncul pembertahuan untuk menghapus grup. Pilihlah HAPUS dan grup tersebut akan terhapus.

Itulah tadi sekilas pembahasan tentang cara menghapus grup dari WhatsApp. Caranya yang mudah akan menjadi cukup lama dan ribet apabila anggota grup terlalu banyak dan kita tetap harus mengeluarkan semua anggota satu per satu secara manual. Mungin untuk memudahkan dan mempercepat keluarnya anggota dari grup, kita dapat memberikan pengumuman dalam grup tersebut bahwa grup akan dihapus dan meminta semua anggota grup untuk keluar. Hal tersebut sangat memudahkan dan mempercepat tugas admin untuk menghapus grup WhatsApp.

Baca juga: Kirim gambar tanpa terkompress di whatsapp

Dikarenakan grup dalam WhatsApp akan memakan memori smartphone kita yang nantinya bisa menghambat kinerja aplikasi WhatsApp maupun aplikasi lainnya. Selain itu, apabila grup yang sudah tidak digunakan tersebut tidak dihapus, memungkinkan salah satu atau beberapa orang yang berada dalam grup tersebut menyalahgunakan fungsi grup seperti menjadikannya lapak jualan atau membuat rusuh grup yang tentunya akan mengganggu kenyamanan kita dalam menggunakan WhatsApp. Untuk itu, maka sebaiknya kita menghapus grup yang sudah tidak diperlukan lagi.

Advertisements
Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *