Cara menghapus banyak kontak telegram sekaligus

Pada setiap messenger, terdapat daftar kontak yang biasanya diisi oleh orang-orang yang kita simpan nomornya di HP kita. Tak terkecuali di dalamnya adalah aplikasi messenger Telegram. Adanya sinkronisasi akun telegram dengan ponsel akan membuat daftar kontak semakin penuh.

Sayangnya berbeda dengan Whatsapp, untuk menghapus kontak di Telegram ini tidak cukup dengan menghapus kontak di smartphone saja. Bahkan ketika kita menghapus kontak di smartphone, kontak pada Telegram tidak akan ikut terhapus.

Belum lagi yang membingungkan, tombol untuk menghapus kontak tidak dapat langsung kita temukan pada menu kontak. Lalu dimana kita bisa menemukan tombol delete contact tersebut? Bagaimana cara menghapus kontak di Telegram? Kemudian, bagaimana juga cara menghapus banyak kontak di Telegram sekaligus?

Pada kesempatan kali ini, Bukugue dot com akan memberikan tutorial bagaimana cara menghapus kontak di Telegram secara manual maupun massal.

Menghapus kontak di Telegram satu-persatu

Meskipun tombol hapus kontak tidak tersedia pada menu utama, akan tetapi kita dapat menemukan tombol ini pada informasi kontak.

Untuk lebih jelasnya, kamu dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka daftar kontak dengan menekan ikon tiga garis atau menu pada ujung kiri atas layar. Pada menu yang ditampilkan, pilih kontak.

2. Cari kontak dengan menggulir layar atau melalui kolom pencarian, lalu tap kontak yang akan dihapus dengan menekan nama atau foto profilnya.

tap kontak yang akan dihapus

3. Kamu akan ditujukan pada halaman chat. Untuk membuka informasi kontak, tekan kembali nama atau foto profilnya.

buka informasi kontak

4. Pada informasi kontak, tekan ikon tiga titik. Pilih “hapus kontak” untuk menghapus kontak tadi pada akun Telegrammu.

5. Pada dialog box yang muncul, kita perlu mengonfirmasi apakah kamu yakin ingin menghapus kontak ini. Tekan “hapus” untuk melanjutkan proses penghapusan kontak.

tap "hapus" pada dialog box

6. Selesai. Setelah menghapus kontak, nama profil temanmu mungkin akan berubah menjadi nama publik (bukan nama yang tersimpan dikontak).

nama profil berubah

Kamu bisa melakukan pengecekan jika masih belum yakin apakah kontak sudah terhapus atau belum melalui daftar kontak dilangkah dua sebelumnya. Biasanya jika nama sudah berubah seperti diatas, kontak tsbt sudah berhasil terhapus.

Menghapus BANYAK kontak di Telegram sekaligus

Menghapus kontak di Telegram secara manual sudah kita bahas satu per satu langkahnya tadi. Namun jika kamu akan menghapus banyak kontak, cara manual tadi tidaklah efektif. Lalu bagaimana cara menghapus kontak di Telegram secara massal?

Disini kita perlu gunakan telegram web. Buat yang ingin tau lebih lanjut terkait telegram web, bisa baca halaman bukugue.com/login-dan-logout-telegram-web.

Tapi tenang aja, dibawah dijelaskan dengan detail, jadi buat yang belum pernah pakai telegram web juga bisa mengerti prosesnya.

1. Buka Telegram web pada alamat berikut: https://web.telegram.org. Kamu dapat membukanya melalui browser desktop atau menggunakan smartphone. Untuk mempermudah pembaca, kami akan memberikan tutorial dengan menggunakan smartphone. Kali ini kami menggunakan browser Google Chrome.

2. Login pada Telegram web tersebut. Kamu hanya tinggal mengetikkan nomor yang terdaftar di Telegram saja, lalu tekan “next”. Pastikan akun yang kamu masukkan nomernya juga dalam keadaan online pada aplikasi Telegram. Karena nantinya Telegram akan mengirimkan kode konfirmasi melalui aplikasi Telegram.

masukkan nomor HP yang sudah terdaftar di telegram, lalu klik "next"

3. Masukkan kode yang dikirimkan oleh Telegram. Kode tersebut akan diterima dalam bentuk chat.

masukkan kode konfirmasi yang dikirim telegram pada aplikasi

4. Setelah berhasil login pada Telegram web, buka menu atau tap ikon tiga garis. Selanjutnya pada pilihan yang tersedia pilih “contacts”.

5. Akan muncul daftar kontak. Lalu klik ikon tiga titik pada ujung kanan atas. Selanjutnya pilih edit untuk dapat menandai kontak.

6. Tandai kontak yang akan kamu hapus. Setelah selesai menandai, selanjutnya kamu dapat menekan tombol “delete” pada ujung kanan atas tampilan web. Tidak ada konfirmasi perintah (dialog box) disini, itu artinya kontak akan terhapus dalam sekali klik. Maka dari itu pastikan kamu menandai kontak dengan tepat.

7. Selesai.

Konsekuensi menghapus kontak di Telegram

Ketika kita menghapus kontak seseorang di Telegram, orang tersebut masih dapat mengirim pesan kepada kita. Menghapus kontak di Telegram tidak menutup akses pesan dari kedua belah pihak. Itu artinya, kamu juga masih dapat mengirimi mereka pesan. Namun hal tersebut hanya berlaku jika:

  1. Kamu masih belum menghapus riwayat chat dengan orang tersebut. Sehingga ruang chat dapat kamu buka, dan kamu pun dapat mengirim pesan kepadanya meskipun tidak berteman di Telegram.
  2. Kamu masih belum menghapus riwayat pencarian orang. Ada kemungkinan orang tadi masih muncul pada hasil pencarian dan kamu dapat membuka ruang chat.
  3. Kamu tahu username orang tersebut. Sehingga walaupun sudah di-delete contact, kamu masih dapat membuka ruang chat dengannya.

Jika kamu ingin mencegah orang tersebut mengirim pesan, menghapus kontak bukanlah sebuah pilihan tepat. Agar seseorang tidak dapat mengirim chat kepada kita melalui Telegram, kita harus memblokir kontaknya di Telegram. Kami sebelumnya sudah pernah membahas topik ini pada tulisan berikut: https://bukugue.com/cara-memblokir-kontak-di-telegram/


Nah, menghapus kontak di Telegram sangat praktis bukan? Kamu bahkan tak perlu menginstall aplikasi tambahan untuk dapat menghapus kontak telegram secara massal. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca ya, terutama pengguna Telegram. Jika pembaca masih merasa kesulitan, coba tuliskan pada kolom komentar.

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan