Cara Menghapus Atau Mengganti Tanggapan di Pesan Messenger

Fitur Reaction atau Tanggapan merupakan fitur yang pertama kali hadir di Messenger tahun 2017 lalu. Fitur ini membuat pengguna Messenger dapat memberikan reaksi pada pesan yang mereka sukai.

Kita bisa menanggapi pesan yang kita dapatkan di Messenger dengan reaksi berupa emoji hati, ketawa, sedih, hingga emoji berupa hewan-hewan lucu. Bahkan kalau kamu mau, kamu juga bisa memberi reaksi pada pesan yang kamu kirim.

Sekilas fitur Reaction sendiri bagi saya tampak seperti fitur emoji biasa. Hanya saja pada fitur Reaction ini, emoji yang kita kirim menempel pada pesan yang kita tuju, seperti fitur Like pada Facebook.

Meski demikian, pada keadaan tertentu memang akan lebih mudah atau lebih nyaman menggunakan fitur Reaction untuk membalas pesan yang kita terima. Misalnya, kalau kamu sudah tidak ingin lagi membalas pesan dari temanmu tapi merasa tidak enak kalau tidak membalas pesannya, maka cukup kasih Reaction pada pesan terakhir yang dia kirim. 

Atau kalau kamu sedang mengikuti percakapan di salah satu grup Messenger dan ingin memberikan tanggapan pada pesan yang dikirim salah satu teman grup, maka tinggal tap dan tahan pada pesan tersebut kemudian pilih Reaction yang kamu inginkan. 

Tentunya kamu sudah tahu bagaimana cara menggunakan fitur Reaction ini. Tapi mungkin sedang mengalami masalah karena salah kirim Reaction sehingga kamu merasa perlu menghapus atau mengganti Reaction yang kamu kirim.

Nah, jika memang demikian, maka kamu bisa melakukan salah satu dari dua langkah yang saya bahas di bawah.

Menghapus Tanggapan di Messenger

Untuk menghapus Reaction yang kamu kirim, kamu bisa melakukannya dengan langkah-langkah berikut.

  1. Buka ruang chat kamu dengan temanmu tsbt.
  2. Cari pesan yang sudah kamu beri Tanggapan tsbt.
  3. Tap dibagian Tanggapan di bawah pesan yang kamu tanggapi tsbt. 
Tap Reaction di bawah pesan yang kamu tanggapi. 
  1. Muncul daftar orang yang memberi tanggapan disini. Silahkan tap nama akunmu.  
Tap nama akunmu.
  1. Selesai. Tanggapan pun berhasil dibatalkan atau dihapus.
Reaction pun sudah berhasil dihapus. 

Mengganti Emoji Tanggapan di Messenger

Kalau tujuanmu adalah ingin mengganti Reaction karena salah kirim emoji, maka kamu tidak perlu menghapus Reaction yang kamu kirim. Kamu bisa menggantinya dengan cara berikut.

  1. Tap dan tahan pada pesan yang telah kamu tanggapi.
  2. Pilih Reaction yang kamu inginkan.
Baca juga :  Cara menyebut nama di komentar facebook
  1. Reaction pun sudah berganti dengan yang kamu pilih.
Reaction pun sudah berganti dengan yang kamu pilih.

Bagaimana? Mudah bukan?


Itulah cara untuk menghapus dan mengganti Reaction yang telah kamu kirim. Salah satu cara di atas bisa kamu gunakan ketika salah kirim Reaction. Kamu bisa melakukannya baik sesaat setelah mengirim Reaction atau beberapa waktu kemudian.

Namun sayangnya untuk pengguna Messenger Lite, kamu hanya bisa mengganti Reaction tapi tidak bisa menghapusnya. Jadi kalau ingin menghapus Reaction, gunakan aplikasi Messenger.

Sekian untuk artikel cara menghapus Reaction ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.