Cara menghapus teman di Line messenger

Line merupakan adalah satu aplikasi messenger yang cukup banyak digunakan oleh anak muda. Memiliki fitur sticker yang bervarian dan lucu-lucu membuat line semakin menarik untuk digunakan sebagai media berkirim pesan.

Untuk mengirimkan pesan kepada seseorang, kamu diharuskan menambahkan si penerima pesan tersebut sebagai temanmu di line. Bahkan untuk berkirim pesan sekali saja pun, kamu tetap diharuskan menambahkan si penerima pesan sebagai teman. Padahal, terlalu sering menambahkan teman ke akun line membuat daftar pertemananmu semakin panjang. Semakin banyak orang asing di kontak line-mu, semakin penuh juga isi timeline-mu.

Atau dalam lain cerita, kamu pernah menambahkan suatu akun line untuk kamu ikuti. Namun makin lama kamu merasa bahwa chatmu sudah terlalu penuh, dan seringkali pesan penting lainnya menjadi tenggelam.

Lalu bagaimana dong caranya, jika kamu ingin menghapus pertemanan di line?

Cara mem-blokir teman (block friend)

Blokir pertemanan atau block friend merupakan salah satu cara termudah yang dapat dilakukan jika ingin menghapus pertemanan di line. Dengan melakukan blokir pertemanan, kamu tak akan bisa menerima pesan dari orang yang kamu blokir. Sehingga pastikan untuk bijak dalam memblokir seseorang di line. Salah-salah, jika ada pesan penting kamu tak akan tahu.

Tak usah panjang lebar, aku jelaskan langkah-langkah yang dilakukan untuk block friend berikut ini.

  1. Buka menu Friends pada aplikasi line kamu. Silahkan cari nama kontak yang ingin kamu blokir. Kamu bisa memanfaatkan fitur search disini, namun disini aku langsung mencarinya secara manual.

    cari teman yang ingin diblokir

  2. Setelah kamu menemukan kontak yang akan diblokir, tekan sebentar pada namanya sampai muncul pilihan seperti pada gambar berikut. Tap block, setelah itu tekan ok.
  3. Selesai, kini kamu berhasil memblokir seseorang di line.

Meskipun kita tak dapat menerima pesan dari orang yang kita blokir, akan tetapi orang tersebut masih bisa melihat profil kita. Memblokir seseorang di line tidak serta membuatmu menghilang dari daftar kontaknya. Orang yang di blokir tersebut bahkan masih dapat melihat foto profil kita, bahkan saat berganti foto profil pun, orang tersebut dapat mengetahuinya.

Mereka juga dapat melihat postingan yang kita set menjadi public. Namun untuk postingan yang di set privasinya menjadi all friends tidak akan terlihat oleh orang tersebut.

Cara membatalkan blokiran teman (unblock friend)

Kamu dapat membatalkan blokir pertemanan dengan cara sebagai berikut.

  1. Silahkan menuju menu friends, setelah itu tekan icon roda gigi. Selain itu, kamu juga bisa membuka pengaturan line pada menu more lalu tap icon roda gigi.

    tap icon roda gigi

  2. Lalu scroll ke bawah untuk mencari opsi pengaturan friends. Tap pilihan tersebut.

    tap “friends”

  3. Untuk mencari daftar orang yang diblokir, silahkan tap blocked user. Pada teman yang ingin kamu batalkan blokir pertemanannya, tap tombol edit. Setelah itu pilih unblock.

    pilih “unblock”

  4. Selain itu, kamu juga dapat membatalkan blokir pertemanan dengan cara membuka chatnya yang belum terhapus. Setelah itu, tap tombol unblock seperti pada gambar berikut ini.

    tap “unblock”

Cara menyembunyikan teman (hide friends)

Hide merupakan salah satu fitur yang disediakan line untuk menyembunyikan seseorang dari daftar temanmu di line. Berbeda halnya dengan memblokir seseorang, dengan hide friend kamu masih bisa menerima pesan dari orang yang kamu hide atau sembunyikan.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk hide friend adalah sebagai berikut.

  1. Buka menu friends pada line messenger. Temukan orang yang ingin kamu sembunyikan.
  2. Setelah ketemu, tekan dan tahan sebentar pada nama kontak atau orang tersebut sampai muncul pilihan seperti pada gambar berikut. Untuk melakukan hide friend, silahkan tap opsi hide. Setelah itu, tekan ok.

Sama halnya dengan memblokir seseorang, dengan menyembunyikan temanmu dari daftar kontak, tidak serta merta membuatmu menghilang dari daftar kontaknya juga. Bedanya, orang tersebut juga masih bisa melihat postinganmu, baik itu postingan yang di set menjadi public post maupun all friends.

Cara membatalkan menyembunyikan teman (unhide friend)

Sewaktu-waktu, kamu juga dapat meng-unhide temanmu. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka pengaturan atau settings dengan menekan icon roda gigi di menu friends atau more (pilih salah satu).

    tap icon roda gigi

  2. Scroll kebawah untuk mencari friends, tap friends.

    pilih “friends”

  3. Tap hidden users, setelah itu cari teman yang ingin kamu unhide. Tap edit, lalu pilih unhide.

Cara menghapus (delete) teman kamu dari line

Berbeda halnya dengan facebook, twitter, dan instagram yang menyediakan opsi unfriend dan unfollow secara langsung, menghapus pertemanan di line pada dasarnya hanya dapat dilakukan dengan cara meng-hide atau mem-block. Namun dengan sedikit otak atik, sebenarnya kamu masih bisa kok melakukan hapus pertemanan di line-mu. Bagaimana caranya?

  1. Lakukan hide friend terlebih dahulu. Kenapa disini aku pilih hide friend, bukan block? Karena disini aku masih pengen menerima pesan dari orang yang aku ‘unfriend’.

    pilih “hide”

  2. Silahkan buka settings atau pengaturan line dengan cara menekan icon roda gigi di menu friends atau more. 

    tap icon roda gigi

  3. Scroll kebawah sampai kamu menemukan friends dan tap pilihan tersebut.

    pilih “friends”

  4. Untuk mencari daftar orang yang disembunyikan, silahkan tap hidden users.

    pilih “hidden users”

  5. Pada teman yang ingin kamu unfriend, silahkan tap edit. Setelah itu tap delete untuk menghapus pertemanan.
  6. Kini proses hapus pertemanan telah berhasil dilakukan. Jika kamu tidak ingin menerima pesan dari orang tersebut, kamu bisa melakukan block friends melalui chat maupun cara tadi.

    berhasil meng-unfriend

Kesimpulan

Dari cara-cara tadi, jika ditanya mana yang lebih baik maka perlu dilihat kembali apa tujuanmu melakukan hapus pertemanan. Apakah kamu ingin menghapus pertemanan dan tidak ingin menerima pesan dari orang yang kamu unfriend? Maka pilihanmu adalah block friend. Ataukah kamu ingin menghapus pertemanan saja, dan masih ingin menerima pesan dari orang yang kamu unfriend? Maka pilihan yang tepat adalah hide friend.

Sekian itu tadi informasi mengenai cara menghapus teman di line messenger. Semoga informasi kali ini bermanfaat, dan selamat mencoba.

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan