Cara menghapus teman facebook sekaligus banyak

Saat ini, Facebook menjadi sosial media yang paling banyak penggunanya. Walaupun banyak penggunanya, tapi ada segelintir orang yang mulai benar-benar meninggalkan Facebook.

Mungkin, mereka sudah menganggap Facebook tidak ada faedahnya bagi hidupnya. Bisa juga mereka memakai sosial media lainnya, seperti Instagram, Twitter, dll.

Hal ini akan membuat akun mereka terbengkalai, bahkan sampai tidak aktif (inactive). Tidak menutup kemungkinan akun-akun seperti ini ada di dalam daftar pertemananmu.

Karena akun-akun ini sudah tidak aktif lagi atau terbengkalai, kamu jadi memiliki alasan kuat buat menghapusnya dari daftar pertemanan.

Sebenarnya, kamu bisa menghapus akun-akun ini satu per satu dengan fitur menghapus pertemanan yang disediakan Facebook. Tapi bagaimana kalau ada puluhan atau ratusan atau bahkan ribuan yang perlu dihapus? Kamu pasti capek menghapus secara manual.

Itulah kenapa kamu memerlukan tools pembantu untuk menghapus teman FB secara massal sekaligus. Dengan tool ini kamu bisa menghapus beberapa teman sekaligus, atau bahkan “semua” teman bisa dihapus disaat yang sama, tergantung kemauanmu. Bagaimana caranya? Silakan simak penjelasannya!

WARNING: Tool yang digunakan disini bersifat auto, system facebook bisa mengira bahwa akun kamu adalah akun BOT, sehingga bisa beresiko kena blokir. Dari pengalaman pembaca, jika akun di blokir, kamu akan diminta upload kartu identitas untuk membuktikan bahwa akun tsbt bukan BOT.

Selain itu pastikan akunmu punya akses ke email ataupun nomer HP pemulihan, jadi jika ada masalah, bisa lebih mudah untuk diselesaikan.

Jangan terlalu takut juga, yang tidak bermasalah juga banyak kok. Yang penting jangan terlalu banyak saat menghapus pertama kali. Jadi gunakan drip system, diawal-awal sedikit, kalau bisa pisahin jadi beberapa hari jika yang dihapus lebih dari seribu.

A. Menghapus pertemanan di Facebook lewat komputer

Berdasarkan pengalamanku, menghapus teman FB yang akunnya tidak aktif lewat komputer, jauh lebih nyaman dibandingkan lewat HP. Jadi cara ini lebih ku rekomendasikan! Silakan ikuti tahap-tahapannya berikut ini!

1. Buka Chrome, lalu pergi ke Chrome web store, buka link https://chrome.google.com/webstore/detail/multiple-tools-for-facebo/eojdckfcadamkapabechhbnkleligand?hl=id ,untuk menambahkan ekstensi Multiple Tools for Facebook. Pasang addonnya di chrome, lalu restart Chrome.
2. Login ke akun Facebookmu memakai Chrome. Klik tombol ekstensi yang sudah muncul di kanan atas.

3. Kamu akan diarahkan ke pengaturan ekstensi Multiple Tools for Facebook. Klik free tools ⇢ friends remover.

4. Atur all row supaya Multiple Tools for Facebook menampilkan semua teman FB yang kita miliki.

5. Ceklis teman FB yang mau dihapus perteman satu per satu, atau jika kamu menginginkannya, tandai semua teman, untuk menghapus semuanya.

6. Kalau sudah yakin sama pilihanmu, klik bye bye. Kalau muncul popup, kamu klik unfriend. Ekstensi ini akan langsung bekerja. Teman yang terhapus juga akan tampil di sebelah kanan.

B. Menghapus pertemanan Facebook yang akunnya inactive via HP

Meskipun proses penghapusan pertemanan Facebook lebih nyaman dilakukan via PC, tapi kamu tetap bisa melakukannya via HP. Cara ini bisa dijadikan alternatif kalau tidak ada PC di dekatmu.

Untuk melakukan tahap-tahapnya, kamu memerlukan browser Yandex. Jadi, pastikan aplikasi tersebut terpasang di HP-mu. Yandex bisa di download disini : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.yandex.browser&hl=en

1. Buka browser Yandex, lalu buka link https://chrome.google.com/webstore/detail/multiple-tools-for-facebo/eojdckfcadamkapabechhbnkleligand?hl=id di browser yandex tsbt. Pasang ekstensi itu di Yandex.
2. Setelah terpasang, seperti biasa, restart atau tutup-buka browser tersebut, agar instalasi addonnya sudah terpasang dengan benar. Setelah yakin bahwa addon sudah terpasang, kamu masuk ke akun facebook kamu di browser tsbt.

3. Tap titik tiga kanan bawah, cari ekstensi.

4. Tap ekstensi “Multiple Tools for Facebook”.

5. Tab X untuk membuka pengaturan. Pilih free tools ⇢ friends remover.

6. Cari teman yang mau kamu hapus dari daftar pertemanan, lalu ceklis. Oiya, kamu miringkan ya HP-nya biar muat ceklisnya. [Admin note: maksudnya mungkin mode landscape atau mode datar sehingga bisa melihat layar lebih lebar]

7. Tab bye bye yang ada di bagian atas. Tab unfriend, dan Multiple Tools for Facebook akan bekerja otomatis.

C. Tips menyeleksi teman Facebook yang mau dihapus

Ekstensi Chrome, Multiple Tools for Facebook, memang bisa menghapus teman Facebook kamu sekaligus banyak dalam satu kali klik. Meskipun begitu, kamu tetap harus menyeleksi teman Facebook yang mau dihapus. Jika tidak begitu, bisa-bisa, kamu menghapus semua teman FB-mu dari daftar pertemanan.

Berikut tips menyeleksi teman Facebook yang mau dihapus!

1. Cari teman FB yang akunnya sudah tidak aktif

Untuk mencari tahu teman FB yang sudah tidak aktif lagi akunnya, silakan kamu buka daftar pertemananmu.

Cari nama teman yang tidak ada foto profilnya, diklik kanan tidak bisa, dan jika diklik kiri akan muncul informasi bahwa akun tersebut sudah tidak aktif lagi. Kalau ada akun dengan ciri-ciri seperti itu, kamu bisa langsung ceklis di Multiple Tools for Facebook.

2. Hindari menghapus teman Facebook secara membabi-buta

Kamu memang bisa menghapus semua teman FB dalam sekali klik, tapi menurut hematku hindari menghapus terlalu banyak.

Hal ini demi menghindari penonaktifan akun Facebookmu sendiri, karena BOT FB menganggap ada aktivitas tidak wajar pada akunmu. Tetapkan saja batas wajar, semisal 10-20 akun per hari.


Itulah cara menghapus teman Facebook yang tidak aktif sekaligus banyak. Kuharap usai melakukan hal ini, interaksimu dengan teman-teman di Facebook bisa semakin intens. Semoga!

This Post Has 44 Comments

  1. tom

    mantab gan

    1. yudha

      bagus deh.. thanks udh berkunjung..

  2. Vic

    Apakah teman yang dihapus akan tahu bahwa dia telah dihapus?

    1. yudha

      tidak ada pemberitahuan setauku mas.. tapi kalau mereka cek daftar pertemanan atau menggunakan aplikasi yang bisa cek perubahan daftar pertemanan, tentu mereka bisa tau..

  3. Ulum

    Saya di blook dari menghapus temen. Mungkin karna sudah banayk yang saya hapus.

    Ada solusi agar bisa menggunakan cara di atas dan sukses kembali.

    1. yudha

      istirahat dulu sih mas… blok seperti ini setauku sifatnya sementara…

  4. nurjanah

    Pas saya tap bagian friends remover, muncul jendela baru dg bacaan eror. Itu gimna ya?

    1. yudha

      coba testing ke teman yang lain mba… apakah sama?

      aku soalnya juga nemu bug di facebook, ada satu akun di grup facebook yang aku kelola, yang minta join, dan diapprove ga bisa, di delete ga bisa.. jadi akun tadi kayak daging yang ngeganjal di gigi, ga mau hilang dan selalu keliatan di kolom permintaan join ke grup… udh beberapa bulan ini aku udh approve ribuan member, tapi yang satu itu tetap aja disitu ga mau hilang..

      kalau bug seperti ini, salah satu caranya sih laporkan ke fb mba.. cma prosesnya agak lama, jadi sampe skarang aku masih biarin aja itu bug…

  5. Sendi

    Kalo ke blokir gimana gan?

    1. yudha

      ke blokir gmana mas? kebanyakan hapus itu kayaknya, kan udh di ingetin itu diatas… itu dibeberapa paragraf terakhir udh di ingetin agar jangan terlalu ekstrim hapus nya..

      bisa jelasin kronologisnya gmana mas? terus itu apa yang diblokir? bisa login? ada notif di email?

    2. Yoga

      Sama bang

  6. tata

    saya udah unfriend 2000 lebih hari ini, tapi mau dilanjut lagi gagal kenapa ya?

    1. yudha

      kemungkinan system fb mendeteksi hal tsbt mba… unfriend dalam jumlah besar tidak disarankan, karena beresiko akun dikira akun bot, dan bisa kena suspend sama pihak fb…

      kalau udh ga bisa, berhenti dulu,, istirahat untuk sementara waktu, coba lagi besok atau lusanya..

  7. Zia

    Saya dah ngikutin lngkah d atas, (dri hp) tpi pas pemcet extntion, trus fb tools, g ada bcaan friend removernya, dah brulanh kali coba gt mlu

    1. yudha

      udh coba dibuka bagian free tool nya mba?

      itu yang di install extensinya sama kan dengan yang dicontohkan, pake browser yandex?

  8. Zazin sugiono

    Fetching data muter truss…

    Gmna ya…

    1. Agus

      Iy Gak Ad Tampilan Nama Teman ” Ny

    2. yudha

      nanti mungkin akan aku minta penulis buat cek ulang mas… mungkin ada kendala di tools nya…

    3. Neima

      Kenapa status nya active semua ..
      Bingung mau hapus karena takut teman fb tersebut masih aktif..
      Hmmm..

    4. yudha

      ya berarti temannya pada aktif kemungkinan mba… kalau mau hapus, mungkin bisa pilah2 orang yang tidak dikenal dlu, cmiiw..

  9. ABBAS

    Kok tulisannya fetching data terus ya?
    Loading udh lama ku tungguin kok gini terus
    Saran min:)

    1. yudha

      dari beberapa komentar terakhir, kemungkinan ada kendala dengan toolsnya mas.. aku belum sempat cek ulang.. maaf..

  10. ramdhani

    versi 13.5 gak ada all rows, diminta untuk berlangganan premium.

    1. yudha

      nanti kita cek ulang deh mas.. kalau memang bnyk fiturnya di paywall, mungkin nanti kita cariin alternatifnya…

  11. Tari

    Njir.. Hampir ga bisa ke buka fb ku..lngsung hapus Apk ini.. Huftt hampir ilang ni aku fb

    1. yudha

      hampir ga bisa kebuka gimana mas? fb error? atau ada yang ubah passwordnya? selama ini aku lihat ga ada laporan terkait hal ini.. cmiiw.. mohon klarifikasinya mas.. 🙂

  12. Neima

    Parah ini caranya . Buat yg gak ingt pasword sm email atau no hp untuk login kembali.
    Jgn diikutin. Karena akun langsung di nonaktifkan .

    1. yudha

      penulis udh ingetin diatas kok mba untuk tidak membabi buta dalam menghapus teman, karena kalau terindikasi bot oleh fb bisa kena nonaktifkan akunnya.. jadi pelan2 aja… soalnya ga ada yang bisa instan hapus ribuan teman tanpa “bermasalah” ke fb mba..

      kalau masalah email dan nomer hp, aku rasa ini udh kewajiban tiap pengguna untuk memastikan semuanya ada..

      aku mohon maaf atas ketidaknyamanannya, solusinya memang mungkin coba reset sandi, bisa baca sini https://bukugue.com/lupa-kata-sandi-facebook/ … asalkan ada no hp atau email, prosesnya gampang kok..

      setelah login, bisa cek apakah kena penalti atau engga? bisa jadi itu systemnya memaksa logout aja (bisa jadi)…bisa jadi jg kena banned sementara.. cmiiw.. cek dlu..

  13. Wididi

    Masih lancar kok proses unfriendnya.
    Kalau tiba2 akun FB nya terkunci tinggal ikuti langkah verifikasinya aja.
    Pastikan email atau no hp yang terdaftar di FB bisa diakses.
    Dijamin langsung kebuka lagi..

    1. yudha

      iya mas, sepertinya itu antisipasi bot, jadi kalau kelewat banyak unfriend otomatis dalam waktu singkat, akan diminta verifikasi..

      thanks feedbacknya mas… jadi bisa lebih yakin buat ngasih saran ke pengunjung blog ini..

  14. Rani

    Saran mas, kira2 1 hari maksimal berapa yang boleh kita remove, trima kasih

    1. yudha

      kalau saran penulis dikisaran dua puluhan mba..sedikit memang, kalau mau aman…

      aku sendiri belum pernah cobain hapus bulk secara banyak, jadi kurang tau batas amannnya berapa.. tapi mengingat ini menghapus otomatis, walaupun sedikit tetap ada resiko sih mba..

      kalau aku butuh hapus ribuan teman skrg misalnya, aku paling berani cobain dibawah 100 akun perhari… tapi seperti komentar pengguna sebelumnya sih, kalau akunnya datanya bener, dan yakin nanti bisa verifikasi data, maka bisa ambil resiko untuk hapus lebih banyak lagi…

  15. Ervian

    Makasih sangat membantu sekali.

    1. yudha

      sip 🙂

  16. Ella

    Hallo mas, aku mau nanya. Teman di FB aku kan 4.839. Terus yang terdeteksi di multiple tools ini cuma yang aktif aja ada 4.260 orang yg aktif. Berarti 579 artinya yang gak aktif ya kan?
    Tapi kok nggak terdeteksi yang deactivatednya?

    Bisa dibagikan cara ubah status dari active ke deactived? Thank’s

    1. yudha

      untuk deactivated account perlu bayar premium mas.. dlu enggak, sekarang perlu bayar premium.. mungkin nanti akan aku minta penulis tulis ulang disini…

  17. Bagas Makhali

    mau tanya mas, saya menggunakan itu terus akun saya jadi terkunci itu kira-kira terkunci permanen apa tidak yah? kalo ngga biasanya berapa hari yah mas
    terimakasih apabila menjawab pertanyaan saya

    1. yudha

      disana penjelasannya gimana mas? setauku ga ada yang terkunci permanen, tapi diminta melakukan langkah-langkah tertentu seperti verifikasi, dan kalau udh dilakukan, biasanya kebuka lagi fb nya..

      baca notif dari mereka mas, harusnya jelas mereka kasih notifnya..

  18. nanang

    apa ini permanent bg?

    1. yudha

      iya mas.. semua yang dihapus di fb sifatnya permanen biasanya mas.. mas hapus temen, hapus foto, dll.. semuanya sifatnya permanen mas..

  19. Dodi

    Bisa mintak Gmail akak,Ado yg ondk awak cakapkan

    1. yudha

      cek di laman contact mas..

  20. Yoga

    Bang,saya di blok dari hapus pertemanan
    Tapi tidak ada pesan kalo fb saya di blok
    Itu ngeblok nya sementara atau gimana🙏
    Mohon solusinya bang

    1. yudha

      taunya diblock dari mana mas?

      udh coba login? saat login apa yang muncul?

Tinggalkan Balasan