Cara mengirim file lampiran berukuran besar melalui email

Mengirim email yang memiliki file berukuran besar  terkadang menjadi suatu hambatan tersendiri terlebih bagi kamu yang ada di dunia desain.

Sering kali file desain memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga menyulitkan ketika kamu ingin mengirim file tersebut. Sebagian besar server email akan menolak jika kamu memasukkan lampiran yang berukuran lebih dari 10MB.

Jika kamu menggunakan Gmail, pada saat kamu memasukkan lampiran yang memiliki ukuran lebih dari 10MB maka akan muncul alternatif untuk mengirim file tersebut. Dalam hal ini biasanya Gmail akan menyarankan kamu untuk menggunakan google drive (dibahas lebih lanjut dibawah ini).

Jika file yang akan dikirim berukuran kecil, seperti file photo ataupun dokument pdf berukuran di bawah 10MB, bisa dibaca disini penjelasannya : “Cara mengirim file lampiran lewat email gmail

Sebelum masuk kedalam pembahasan cara mengirim file berukuran besar melalui email, pastikan kamu sudah memiliki sebuah akun email (contoh: google mail atau yahoo mail). Jika kamu belum mempunyai sebuah akun, kamu bisa melihat artikel  dibawah ini;

Jadi, dengan cara apa saja sih kamu bisa mengirim file berukuran besar ?

3 alternatif untuk mengirim email yang memiliki file berukuran besar

Yudha note :

Kalau biasanya saat kirim file lampiran, bisa dilakukan langsung saat menulis email. Untuk file yang berukuran besar tidak bisa langsung. Dibawah ini penulis menggunakan “google drive”, “dropbox” dan “onedrive” untuk “mengirim file”.

Sebagian diantara teman-teman mungkin pernah dengar istilah “cloud storage” atau “penyimpanan di cloud”. Tujuannya adalah mengupload ataupun menyimpan file di server cloud yang bisa diakses dari segala penjuru dunia.

Jadi prinsip dasar dari tulisan dibawah ini adalah, menyimpan file di cloud, lalu membagikannya melalui email. Perlu diperhatikan bahwa cloud itu seperti harddisk yang bisa diakses oleh siapapun, tapi kamu sebagai pemilik file, bisa mengatur “setting” siapa aja yang bisa mengakses file tsbt. Jadi walaupun ada banyak orang yang tau link menuju file tersebut, mereka ga bisa apa2, karena mereka tidak di beri akses ke file tsbt.

Dibawah ini dijelaskan dengan lebih detail oleh penulis.

1# Google Drive

Bagi kamu pengguna google mail pasti sudah tidak asing dengan fasilitas satu ini. Yup, Google Drive merupakan salah satu fasilitas google yang mendukung pengiriman file berukuran besar. Google drive dapat menampung file hingga 10GB. Berikut langkah-langkah dalam melampirkan file melalui google drive;

Langkah pertama: Buat pesan baru di Gmail. Jika jendela pesan baru sudah muncul,  klik pada ikon Drive untuk memasukkan file sebagai lampiran.

mengirim file berukuran besar

Langkah 2:  Setelah kamu klik icon drive, selanjutnya akan muncul jendela pemilihan file . Di sini, kamu dapat memilih file yang sudah ada di Google Drive atau kamu dapat memilih untuk melampirkan file baru.

mengirim file berukuran besar

Langkah 3: Setelah selesai dan kembali ke jendela tulis, Anda akan melihat lampiran  seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

mengirim file berukuran besar

Klik tombol “Kirim” dan lampiran akan terkirim seperti email pada biasanya. Satu-satunya perbedaan di sini adalah kamu belum mengirimkan salinan file yang independen.

File masih ada di drive kamu namun penerima email sudah bisa melihat dan mengunduh/download file tersebut.

Keuntungan lain dari pesan seperti itu adalah bahwa penerimanya akan selalu memiliki salinan file terbaru. Jadi jika kamu mengupdate isi file yang ada pada google drive, kamu tidak perlu mengirim file tersebut lagi.

Selain itu, mereka (di Blog Resmi Gmail) mengatakan, “setiap kali kamu mengirim file dari Drive yang tidak dibagi dengan semua orang,kamu akan diminta untuk mengubah setelan berbagi file tanpa meninggalkan laman email kamu. Hal ini juga akan bekerja dengan tautan Drive yang ditempelkan langsung ke email.

2# Dropbox

Cara kedua untuk mengirim file berukuran besar lewat email adalah melalui layanan dropbox. Bagi kamu yang belum mengetahui layanan ini, dropbox adalah suatu layanan berbasis internet yang digunakan untuk menyimpan data digital baik itu berupa dokumen, foto, video dan lain-lain. Dengan dropbox, kamu bisa mengakses data tersebut dimana saja dan kapan saja selama tempat kamu berada mendukung jaringan internet.

Bagaimana cara mengirim email yang memiliki file berukuran besar melalui layanan dropbox? Ikuti langkah-langkah berikut ini;

Langkah pertama: Hal pertama adalah kunjungi website dropbox . Selanjutnya kamu bisa login dengan menggunakan akun google atau membuat akun dropbox.

mengirim file berukuran besar

Langkah kedua: Setelah kamu login, akan muncul laman seperti gambar dibawah ini. Klik tombol “upload” untuk melampirkan file baru.

mengirim file berukuran besar

Langkah ketiga: Setelah file ter-upload, klik kotak kecil yang berada di kiri file untuk mencentang file yang akan kamu kirim. Lalu lihat bagian kanan laman. Klik tombol “Share” untuk mengirim file tersebut. Jika kamu ingin mengirim lebih dari 1 file, gabungkan file-file tersebut kedalam format rar.

mengirim file berukuran besar

Langkah keempat: Setelah kamu klik tombol “Share”, akan muncul pop up seperti gambar dibawah ini. Tuliskan alamat email penerima dan klik tombol “Share” yang berada di pojok kanan bawah untuk mengirim email tersebut.

mengirim file berukuran besar

3# OneDrive/SkyDrive

Bagi kamu yang menggunakan Outlook.com, kamu akan melihat bahwa Microsoft telah mengintegrasikan Google Drive dan Dropbox ke layanan emailnya. Namun jika kamu belum memiliki akun Google Drive maupun Dropbox, kamu bisa menggunakan layanan OneDrive (dulu bernama SkyDrive). OneDrive dapat menampung file hingga 15GB secara gratis.

Bagaimana cara mengirim email yang memiliki file berukuran besar melalui OneDrive? Lihat langkah-langkah berikut ini;

Langkah Pertama: Kunjungi website OneDrive. Selanjutnya login menggunakan akun Outlook.com kamu, setelah login kamu akan masuk kedalam laman seperti gambar dibawah ini. Selanjutnya klik “New” untuk melampirkan file baru.

mengirim file berukuran besar

Langkah kedua: Klik file yang ingin kamu kirim lalu klik “Share”.

mengirim file berukuran besar

Langkah ketiga: Setelah kamu klik tombol “Share”, akan muncul pop up untuk memilih membagikan file berupa tautan atau email. Jika kamu memilih untuk membagikan file berupa email maka tuliskan alamat email penerima dan klik tombol “Share” yang berada di pojok kanan bawah untuk mengirim email tersebut.

Tampilan pilihan cara membagikan file
mengirim file berukuran besar
Tampilan saat memilih bagikan file berupa email
mengirim file berukuran besar

Itulah beberapa cara mengirim email yang memiliki file berukuran besar, semoga artikel dapat membantu. Bagi kamu yang belum paham terhadap langkah-langkah diatas, silahkan tinggalkan komentar pada artikel ini.

Advertisements

ArzLock19

Ariesty Ramadayanti (ArzLock19) earned her Bachelor’s degree from Major Information System, at Esa Unggul University in 2013 and currently she is working at Departement of Career Development at Esa Unggul University and she can be reached through taemin.shinee1973@gmail.com

4 Responses

  1. ataaris sandira says:

    mkasi bnyak ka yudha

  2. Hendri Widodo says:

    Selamat pagi,

    Maaf mau bertanya Bagaimana cara kirim email klo attach. Nya lebih dari 1 Gb???
    Terima kasih.

    Salam,
    Hendri

    • yudha yudha says:

      upload dulu filenya di filesharing mas… misalnya seperti 4shared atau situs filesharing … barulah nanti krim urlnya lewat email….

  3. Fitroh hasanah says:

    Permisi mas mau nanya bagai mana caranya yah kalau fb yang memakai nomor telepon terus ga bisa di buka di karena kan lupa kata sandi terus nomor telepon ya udah hilang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *