Cara mengirim file lampiran lewat email gmail

(Update: 17 Des 2018)

Baru selesai buat email gmail dan masih belum tau cara mengirim email ataupun pesan berisi file lewat email ? Tenang aja. Karna disini aku bakal kasih contoh gimana caranya mengirim file lampiran seperti foto, video, PDF/word, RAR, dll lewat email gmail.

Kenapa hal ini penting ? Biasanya disekolah ataupun kampus, banyak tugas-tugas yang harus dikirimkan melalui email. Selain itu dalam kehidupan sehari-hari, email juga sering dipakai. Sering banget malah. Dan aku yakin kedepannya, penggunaan emailpun akan terus meningkat.

Aku sendiri biasanya pakai email, untuk merespon pengunjung blog ini yang nanyain masalah tutorial mengenai hal tertentu.

Saat balas-balasan email, mereka biasa kirim screenshot atau foto jika ada yang mereka ga ngerti. Akupun balesnya juga sering banget menyertakan file foto atau gambar gitu di “attachment” nya.

Jadi, bagaimana cara mengirim file lewat email ?

Sebenernya kamu tinggal “attach/lampirkan” dan “send/kirim”. Itu aja sih. Berikut ini penjelasan step-by-step mengenai hal tersebut.

1. Buka inbox kamu terlebih dahulu. Klik aja link ini mail.google.com/mail/Nanti akan terlihat laman inbox seperti dibawah ini.

cara mengirim file lampiran lewat email gmail (laman inbox gmail)

2. Klik tombol “Tulis” (Kalau gmail kamu dalam bahasa inggris, klik tombol “Compose”)

Setelah klik tombol “Tulis” akan muncul pop-up dibagian kiri bawah seperti gambar dibawah ini.

cara menulis dan melampirkan file lewat email gmail

Seperti yang bisa kamu liat di gambar di atas, disana adalah tempat kamu menulis email, dan melampirkan file.

Keterangan :

  • Kepada :
    Disini di isi dengan alamat email tujuan. Misalnya kamu mau mengirim email ke bejo, alamat email bejo adalah [email protected] , nah alamat email ini yang di isikan ke kolom ini.
  • Subjek :
    Subjek ini mirip banget sama judul atau isi email yang ingin kamu kirim. Subjek ini akan terlihat di list inbox sibejo, jadi bejo ga perlu buka satu-satu setiap email masuk, dia cukup liat subjek email kamu buat nebak isi emailnya. Jika dia tertarik dengan subjeknya, maka email kamu pun akan dibuka dan dibaca sama si bejo. Jadi, subjek adalah judul/tema/kalimat yang menggambarkan keseluruhan isi email kamu.

Contoh :

  • Kepada : [email protected]
  • Subjek : Foto Liburan ke monas di lampiran
  • Isi email : Hi bejo, maaf aku baru baca email dari kamu, kamu kemarin minta foto liburan kita dimonas itu kan, aku cuma punya 11 photo, aku kirimkan dalam bentuk zip, cek lampiran kamu. Oh ya, kamu juga punya sebagian foto kita di monas kan, kirimkan foto yang kamu punya, yang ada aku di dalam fotonya. Thanks.

Kira-kira diatas adalah contoh emailnya.

3. Untuk melampirkan file, perhatikan gambar klip dengan tulisan “lampirkan file” di gambar diatas. Klik tombol klip tersebut jika ingin melampirkan sesuatu.

Nanti akan muncul jendela baru untuk mencari file yang ingin kamu lampirkan

cara melampirkan dan mengirim file lewat gmail

4. Tinggal pilih aja file nya, seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya, file yang dikirim bisa apa saja, bisa photo, video, dokumen word atau PDF, atau file yang sudah di kompress (RAR/Zip).

Setelah memilih file yang di inginkan, klik Open.

cara menulis dan mengirim email gmail

Nanti file akan di upload ke email kamu untuk di lampirkan. Bisa terlihat digambar diatas, ada loading untuk upload, jadi tunggu selesai dulu loading uploadnya, barulah kirim.

5. Tunggu selesai proses uploadnya, lalu klik tombol biru “Kirim”.

Jangan lupa untuk isi alamat penerima, subjek dan juga isi pesan email. Email yang sudah dikirim akan terlihat di folder “Sent”.

Bisakah melampirkan dan mengirim BANYAK file sekaligus ?

Jawabannya adalah Bisa. Berikut dibawah ini aku coba untuk melampirkan beberapa file sekaligus.

cara memilih dan melampirkan file yang akan di kirim melalui gmail

Setelah memilih beberapa file tinggal klik “Open”. Nanti semua file yang dipilih akan terupload satu persatu.

cara menulis dan mengirim email gmail

Ingat, tunggu dulu selesai semua loading uploadnya, sebelum mengirim, karna kalau filenya belum selesai terupload biasanya tidak akan ikut terkirim.

Setelah klik tombol kirim, tunggu sebentar. Lalu klik menu “Pesan terkirim” atau “sent” (Lihat dibawah tombol “Tulis”, menu “pesan terkirim” ada diurutan ke-empat). Jika email yang kamu kirim udah muncul disini, artinya email tersebut sudah terkirim.

Bisakah mengirim file berukuran besar

Bisakah kita kirim file lampiran besar misalnya aplikasi game berukuran 1GB, atau video liburan dengan ukuran 100mb ?. Mungkin kamu ga banyak yang tau, tapi kirim file lewat cara diatas, itu ada limit 25MB untuk tiap file (setauku) dan beda server email bisa beda pula limitnya.

Jadi kalau kamu kirim ratusan photo, bisa aja, karena biasanya ukuran photo cuma dibawah 5-10mb. Jadi mau kirim seratus biji bisa. Cuma kalo ada video yang diatas 25mb, itu nanti ga akan bisa upload langsung ke email.

Jadi ada banyak alternatif untuk mengirim file besar lewat email. Prinsipnya adalah upload file ke “cloud storage/penyimpanan cloud”. Lalu share link cloudnya di pesan email kamu.

Sebagian diantara teman-teman mungkin pernah dengar istilah “cloud storage” atau “penyimpanan di cloud”. Tujuannya adalah mengupload ataupun menyimpan file di server cloud yang bisa diakses dari segala penjuru dunia.

Jadi prinsip dasar dari tulisan dibawah ini adalah, menyimpan file di cloud, lalu membagikannya melalui email. Perlu diperhatikan bahwa cloud itu seperti harddisk yang bisa diakses oleh siapapun, tapi kamu sebagai pemilik file, bisa mengatur “setting” siapa aja yang bisa mengakses file tsbt. Jadi walaupun ada banyak orang yang tau link menuju file tersebut, mereka ga bisa apa2, karena mereka tidak di beri akses ke file tsbt.

Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

1. Kirim file besar lewat Google Drive

Bagi kamu pengguna google mail pasti sudah tidak asing dengan fasilitas satu ini. Yup, Google Drive merupakan salah satu fasilitas google yang mendukung pengiriman file berukuran besar. Google drive dapat menampung file hingga 10GB. Berikut langkah-langkah dalam melampirkan file melalui google drive;

Langkah pertama: Buat pesan baru di Gmail. Jika jendela pesan baru sudah muncul,  klik pada ikon Drive untuk memasukkan file sebagai lampiran.

mengirim file berukuran besar

Langkah 2:  Setelah kamu klik icon drive, selanjutnya akan muncul jendela pemilihan file . Di sini, kamu dapat memilih file yang sudah ada di Google Drive atau kamu dapat memilih untuk melampirkan file baru.

mengirim file berukuran besar

Langkah 3: Setelah selesai dan kembali ke jendela tulis, Anda akan melihat lampiran  seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

mengirim file berukuran besar

Klik tombol “Kirim” dan lampiran akan terkirim seperti email pada biasanya. Satu-satunya perbedaan di sini adalah kamu belum mengirimkan salinan file yang independen.

File masih ada di drive kamu namun penerima email sudah bisa melihat dan mengunduh/download file tersebut.

Keuntungan lain dari pesan seperti itu adalah bahwa penerimanya akan selalu memiliki salinan file terbaru. Jadi jika kamu mengupdate isi file yang ada pada google drive, kamu tidak perlu mengirim file tersebut lagi.

Selain itu, mereka (di Blog Resmi Gmail) mengatakan, “setiap kali kamu mengirim file dari Drive yang tidak dibagi dengan semua orang, kamu akan diminta untuk mengubah setelan berbagi file tanpa meninggalkan laman email kamu. Hal ini juga akan bekerja dengan tautan Drive yang ditempelkan langsung ke email.

2. Kirim file besar lewat Dropbox

Cara kedua untuk mengirim file berukuran besar lewat email adalah melalui layanan dropbox. Bagi kamu yang belum mengetahui layanan ini, dropbox adalah suatu layanan berbasis internet yang digunakan untuk menyimpan data digital baik itu berupa dokumen, foto, video dan lain-lain. Dengan dropbox, kamu bisa mengakses data tersebut dimana saja dan kapan saja selama tempat kamu berada mendukung jaringan internet.

Bagaimana cara mengirim email yang memiliki file berukuran besar melalui layanan dropbox? Ikuti langkah-langkah berikut ini;

Langkah pertama: Hal pertama adalah kunjungi website dropbox . Selanjutnya kamu bisa login dengan menggunakan akun google atau membuat akun dropbox.

mengirim file berukuran besar

Langkah kedua: Setelah kamu login, akan muncul laman seperti gambar dibawah ini. Klik tombol “upload” untuk melampirkan file baru.

mengirim file berukuran besar

Langkah ketiga: Setelah file ter-upload, klik kotak kecil yang berada di kiri file untuk mencentang file yang akan kamu kirim. Lalu lihat bagian kanan laman. Klik tombol “Share” untuk mengirim file tersebut. Jika kamu ingin mengirim lebih dari 1 file, gabungkan file-file tersebut kedalam format rar.

mengirim file berukuran besar

Langkah keempat: Setelah kamu klik tombol “Share”, akan muncul pop up seperti gambar dibawah ini. Tuliskan alamat email penerima dan klik tombol “Share” yang berada di pojok kanan bawah untuk mengirim email tersebut.

mengirim file berukuran besar

3. Kirim file besar lewat OneDrive/SkyDrive

Bagi kamu yang menggunakan Outlook.com, kamu akan melihat bahwa Microsoft telah mengintegrasikan Google Drive dan Dropbox ke layanan emailnya. Namun jika kamu belum memiliki akun Google Drive maupun Dropbox, kamu bisa menggunakan layanan OneDrive (dulu bernama SkyDrive). OneDrive dapat menampung file hingga 15GB secara gratis.

Bagaimana cara mengirim email yang memiliki file berukuran besar melalui OneDrive? Lihat langkah-langkah berikut ini;

Langkah Pertama: Kunjungi website OneDrive. Selanjutnya login menggunakan akun Outlook.com kamu, setelah login kamu akan masuk kedalam laman seperti gambar dibawah ini. Selanjutnya klik “New” untuk melampirkan file baru.

mengirim file berukuran besar

Langkah kedua: Klik file yang ingin kamu kirim lalu klik “Share”.

mengirim file berukuran besar

Langkah ketiga: Setelah kamu klik tombol “Share”, akan muncul pop up untuk memilih membagikan file berupa tautan atau email. Jika kamu memilih untuk membagikan file berupa email maka tuliskan alamat email penerima dan klik tombol “Share” yang berada di pojok kanan bawah untuk mengirim email tersebut.

Tampilan pilihan cara membagikan file
mengirim file berukuran besar
Tampilan saat memilih bagikan file berupa email
mengirim file berukuran besar

Itulah beberapa cara mengirim email yang memiliki file berukuran besar, semoga artikel dapat membantu. Bagi kamu yang belum paham terhadap langkah-langkah diatas, silahkan tinggalkan komentar pada artikel ini.

Kesimpulan

Segitu aja deh. Jangan lupa share tulisan ini jika dirasa bermanfaat. Terus juga kalau ada yang masih tidak kamu mengerti jangan malu untuk bertanya. Oke 😎

yudha

Menulis itu seni. Menulis cerita fiksi misalnya butuh kemampuan menulis tinggi. Untuk penulis noob sepertiku, menulis informasi dasar di blog ini aja, sudah cukup untuk bikin rambut rontok. Hahaha :D