Cara mengirim pesan di Telegram [tanpa menyimpan kontak]

Jangan pernah mengaku kaum milenial jika kalian tidak tau Telegram. Aplikasi pengelola pesan instant yang disebut sebut sebagai saingan whatsapp ini, sudah menjadi aplikasi yang cukup populer dikalangan masyarakat.

Selain bisa mengirim file dengan ukuran yang sangat besar, telegram juga mampu mengirim pesan lebih cepat dibandingkan aplikasi perpesanan lainnya. Tidak hanya itu, fitur-fitur lain, seperti fitur bot yang memungkinkan kalian untuk bermain game bersama teman di telegram, fitur grup yang bisa menampung ratusan ribu anggota, dll, membuat tidak sedikit pengguna beralih ke telegram.

Berbicara soal chatting di telegram, sama seperti di Whatsapp, jika kalian ingin chat seseorang, kalian harus terlebih dahulu menyimpan nomor orang tersebut. Hal ini cukup ribet ketika kita harus buru-buru menghubungi seseorang yang tidak ada di kontak kita.

Untuk hal diatas, sebenarnya ada ada solusi/trik nya. Jika di whatsapp memungkinkan kalian untuk bisa chat tanpa harus menyimpan nomor kontak, sama halnya dengan telegram. Ternyata telegram juga memiliki fitur yang hampir sama untuk mengatasi hal tsbt.

Yup, fitur yang kita akan bahas kali ini adalah fitur klik link untuk chat.

Hal ini sangat berguna sekali jika kalian hanya akan menghubungi orang tersebut sekali saja. Selain itu kalian juga bisa membagikan link telegram kalian agar orang orang yang ingin menghubungi kalian tidak perlu menyimpan kontak kalian.

Berikut adalah cara bagaimana mengirim pesan tanpa harus menyimpan kontak telegram.

Jika kalian ingin mengirim pesan tanpa harus menyimpan nomor, maka yang kalian perlu siapkan adalah identitas dari orang yang akan kalian ajak ngobrol via chat.

Kalian harus tau username atau nomor orang tersebut. Ok, untuk caranya, langsung aja dibawah ini.

1. Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah masuk ke halaman awal googke chrome, kalian bisa menggunakan desktop atau smartphone. Pastikan di perangkat yang sama sudah terinstall aplikasi telegram kalian.

masuk ke halaman awal chrome
masuk ke halaman awal chrome

2. Masukkan link ini http://t.me/(masukkan username atau nomor telpon). Contoh linknya http://t.me/digogodi atau http://t.me/085891128345. Disini digogodi adalah username akun saya. Setelah dimasukkan link, tekan enter, sama seperti kalian akan mengakses internet seperti biasa.

masukkan link telegram akun tujuan

3. Setelah itu akan muncul laman seperti ini. Kalau akun tujuan tidak tau usernamenya, kalian gunakan nomor hp saja seperti yang sudah dijelaskan di langkah sebelumnya. Dilaman ini kalian tinggal tap tombol “SEND MESSAGE”

pilih send message

4. Selanjutnya kalian akan diarahkan ke aplikasi telegram dan bisa langsung chat ke akun tersebut. [Note: Jika ini pertama kali, biasanya akan ada notifikasi di browser chrome tadi bahwa kalian akan di redirect ke aplikasi telegram, kadang ada juga yang minta persetujuan, jadi pastikan untuk menyetujuinya agar kalian di redirect ke aplikasi telegram]

kirim pesan tanpa save nomor berhasil

Cara tersebut diatas bisa kalian gunakan juga melalui komputer. Kalian cukup buat link seperti yang dijelaskan diatas, lalu kalian akan terhubung ke Telegram desktop. Namun sebelumnya pastikan dulu bahwa telegram di desktop kalian sudah terinstall dan aktif.

Kalau ada pemberitahuan akun tidak ditemukan dilangkah 3, bisa jadi kalian salah memasukkan username atau nomor hp. Selain itu pastikan juga bahwa nomor atau username yang kalian masukkan memang terdaftar sebagai pengguna Telegram.


Itulah bagaimana cara mengirim pesan tanpa harus menyimpan nomor kontak di Telegram. Cukup mudah bukan? Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kirim ke kolom komentar. Sekian dan terima kasih.

Share woy :D

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan