Cara mengubah warna teks saat membuat pesan di Gmail

Hampir setiap orang di indonesia memiliki smartphone. Dan seorang yang memiliki smartphone tentunya memiliki minimal satu akun email. Salah satu penyedia layanan email yang terbesar saat ini adalah google dengan Gmailnya.

Berbicara soal gmail, kita tahu fungsi utama gmail adalah berkirim dan menerima pesan. Memang biasanya pesan yang dikirim dan diterima di email bersifat formal, tapi tetap saja ada sebagian kecil surel yang kita kirimkan yang non-formal kepada teman-teman dekat.

Disini kita akan bahas bagaimana cara membuat pesan email berwarna-warni untuk mengkreasikan pesan email yang kita kirim.

Caranya cukup simpel, tapi karena memang jarang digunakan, kadang kita lupa bahwa fitur ini disediakan oleh pihak penyedia layanan email. Langsung aja, kita akan bahas bagaimana caranya dibawah ini.

1. Buka aplikasi gmail di ponsel kalian. Jika tidak melalui aplikasi, kalian juga bisa membuka akun gmail kalian di browser, tapi lebih disarankan menggunakan aplikasi.

2. Jika sudah, tekan ikon plus untuk mulai menulis pesan.

3. Setelah masuk kehalaman penulisan pesan seperti dibawah ini, tulis pesan yang akan kalian kirim seperti biasa.

4. Jika sudah selesai kalian tulis pesannya. Kalian klik dan tahan sebuah kata atau kalimat dipesan tsbt. Setelah itu akan muncul halaman kecil di atas kata tadi, disini kalian bisa memilih “FORMAT”.

5. Setelah kalian pilih “FORMAT” tadi, akan muncul bar diatas keyboard kalian. Bar ini berisi beberapa pilihan menu, pilih ikon A seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah.

6. Setelah itu akan muncul bar diatasnya yang berisi pilihan warnanya, tinggal pilih warna yang kalian mau. Kalian bisa mengulanginya sesuai kebutuhan kalian masing-masing. Untuk hasil warna tulisannya kalian bisa lihat gambar di bawah.


Dengan memberi warna pada tulisan maka kalian akan bisa memberi efek memperjelas arti dari tulisan sebelumnya. Atau untuk menandai bahwa tulisan yang memiliki warna mempunyai makna tersendiri.

Tapi memang email warna-warni seperti ini tidak cocok untuk email formal, walaupun mungkin dikondisi tertentu email formal bisa diberi warna, tapi memang umumnya email formal itu warna hitam sih setauku.


Selain memberi warna kalian juga bisa memberi format lain pada tulisan kalian supaya tulisan pesan kalian mudah di pahami. Untuk warna di atas itu hanya sebagai contoh saja kalian bisa memilih lebih banyak warna lagi.

Bagaimana menurut kalian, kira-kira dalam kondisi seperti apa teks warna-warni ini bisa dipakai?

Jika ada yang ingin ditambahkan, jangan sungkan untuk menambahkannya dikolom komentar di bawah ini. Sekian pembahasan kali ini, sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Tinggalkan Balasan