Cara menonaktifkan facebook [untuk sementara waktu]

Halo guys jumpa lagi di Bukugue. Kali ini aku akan bahas tutorial mengenai cara menonaktifkan akun facebook untuk sementara waktu.

Simak yuk, guys!

Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan saat ini. Sebagai media sosial dengan jaringan terbesar, maka tidak heran jika penggunanya yang beragam. Dengan beragamnya orang yang memakai facebook, seringkali kita menemukan informasi yang tidak jelas sumbernya atau hoax. Terkadang melelahkan jika kita harus melihat hoax setiap harinya.

Di lain cerita, penggunaan sosial media yang berlebihan juga akan menimbulkan kecemasan dan penurunan mood. Sampai di suatu titik mungkin kita ingin rehat sejenak dari sosial media, terutama Facebook.

Tapi bagaimana ya caranya bisa “fokus” rehat sejenak dari facebook?

Salah satu cara yang mungkin dapat kamu lakukan adalah dengan meng-uninstall aplikasi facebook. Dengan begitu, intensitas penggunaan akan menurun.

Namun seringkali cara tersebut tak banyak membantu, maka ada baiknya menonaktifkan akun facebook untuk sementara waktu saja.

Tapi bagaimana ya caranya? Lihat lebih lanjut yuk.

Perbedaan menonaktifkan dan menghapus akun

Jika kamu menonaktifkan akun facebookmu, data-data yang telah tersimpan di facebookmu tidak akan hilang. Mulai dari status, foto, grup, dsb tetap akan kembali seperti semula saat kamu mengaktifkan akunmu kembali.

Sedangkan jika kamu menghapus [permanen] akun facebookmu, kamu tidak akan mendapatkan akses terhadap akunmu kembali. Sehingga kamu perlu pertimbangan yang lebih untuk menghapus akun secara permanen.

Konsekuensi yang perlu diketahui

Sebelum mengetahui langkah-langkah atau tutorial menonaktifkan facebook untuk sementara, pastikan dulu kamu mengetahui konsekuensi yang harus siap diterima.

  1. Kamu memang dapat mengaktifkan akunmu kembali. Tetapi selama akunmu dinonaktifkan, orang lain tak akan bisa melihat linimasamu dan mencarimu di facebook.
  2. Beberapa informasi tetap dapat dilihat orang lain. Misalnya pesan yang telah kamu kirimkan di inbox messenger mereka.

Cara menonaktikan facebook kamu untuk sementara waktu

Jika kamu ingin menonaktifkan akun facebookmu, langkah termudah yang dapat dilakukan adalah melalui browser di hp kamu. Disini aku mencontohkan tutorialnya menggunakan chrome di ponsel android. Mari kita lihat langkah-langkahnya.

  1. Pertama, kamu harus login dulu ke akun facebookmu melalui browser. Setelah kamu berhasil login, pada beranda klik ikon garis tiga di ujung kanan atas seperti gambar di bawah ini.

    pada beranda pilih ikon garis tiga

  2. Setelah mengklik ikon garis tiga, maka tampilan akan menjadi seperti gambar berikut. Terus scroll layar ke bawah, hingga kamu menemukan Pengaturan. Klik menu pengaturan seperti gambar berikut.
  3. Setelah masuk ke menu pengaturan, terdapat beberapa opsi yang muncul. Scroll layar kamu ke bawah sampai kamu menemukan Kepemilikan dan Kontrol Akun. Disitu kamu bisa mengubah pengaturan mengenai pengelolaan data, ubah kontak pewaris, menonaktifkan dan menghapus akun, dan lain-lain.
  4. Akan muncul tiga opsi berikut, pilihlah Penonaktifan dan Penghapusan. Melalui opsi tersebut, kamu bisa menghapus atau menonaktifkan akun facebook untuk sementara waktu.

    pilih penonaktifan dan penghapusan

  5. Dari kedua opsi di bawah ini, pastikan kamu ketahui konsekuensi dari masing-masing pilihan. Jika kamu hanya ingin rehat sejenak dari facebook, maka menonaktifkan sementara jadi pilihan yang tepat. Maka dari itu pilihlah Nonaktifkan akun. Lalu tap Lanjutkan ke penonaktifan akun.

    pilih nonaktifkan akun

  6. Masukkan kata sandi kamu ke kolom yang tersedia. Jika sudah, kamu bisa mengklik Lanjutkan. Namun jika kamu lupa kata sandi akun facebookmu, kamu bisa mengklik “Lupa kata sandi?” terlebih dahulu, dan ikutilah prosedur yang ada.

    masukkan kata sandi kamu

  7. Pilihlah alasan mengapa kamu ingin menonaktikan akunmu untuk sementara. Jika alasanmu diluar dari pilihan yang tersedia, maka kamu bisa mengisinya sendiri pada kolom Lainnya, jelaskan lebih lanjut.
  8. Lalu apakah kamu ingin tetap menerima notifikasi dari facebook atau tidak, jika iya beri tanda check list pada kolom yang disediakan. Kali ini aku akan beri tanda check list karena aku tak ingin menerima notifikasi. Setelah alasan terisi, maka selanjutnya kamu bisa klik Tutup.

    jika alasan sudah terisi, klik tutup

  9. Akun kamu berhasil dinonaktifkan untuk sementara.

Cara mengaktifkan facebook kembali

Kalau kamu merasa waktu istirahat kamu sudah cukup dan ingin kembali menggunakan facebook, maka untuk mengaktifkannya kembali sangat mudah.

Dilaman terakhir diatas, kamu bisa lihat, bahwa kamu bisa kembali “KAPAN SAJA”, hanya dengan masuk ke facebook dengan username dan kata sandi seperti biasa.

Ya, itu tadi guys penjelasan mengenai bagaimana langkah-langkah menonaktifkan facebook untuk sementara.

Semoga tulisan ini bermanfaat, dan stay tuned terus di Bukugue dot com untuk informasi-informasi lainnya yang bermanfaat. Selamat mencoba.

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan