Cara menyebut nama di komentar facebook

Menyebut nama di Internet biasanya dikenal dengan istilah “mention” atau “nge-tag”. Jadi jangan ragu jika istilah ini dipakai silih berganti dalam tulisan ini.

Nah ditulisan kali ini, kita akan bahas bagaimana cara mention atau nge-tag seseorang di kolom komentar Facebook.

Buat yang belum terlalu paham dengan fitur ini, aku akan jelaskan sedikit. Saat kamu mention seseorang di kolom komentar, system facebook akan mengirimkan notifikasi ke orang tsbt yang menjelaskan bahwa dia disebut didalam komentar tsbt.

Tujuannya adalah agar diskusi bisa lebih mudah. Ibaratnya saat diskusi tentang sesuatu, kamu bisa memunculkan “ahli-nya” dengan me-mention mereka disana.

Nge-tag orang di komentar Facebook lewat aplikasi Facebook biasa

Disini kita akan jelaskan bagaimana melakukannya di aplikasi Facebook biasa terlebih dahulu, nanti dibawah akan dijelaskan yang versi facebook lite-nya.

Langsung saja, berikut langkah-langkahnya.

1. Buka postingan Facebook yang ingin kamu komentari tsbt.
2. Dikolom komentar, tulis karakter “@” (dibaca:et) sebelum menuliskan nama teman di kolom komentar. Misalnya kita akan menyebut teman bernama Ida, maka tuliskan saja “@Ida”.

tuliskan karakter "@" sebelum nama teman

3. Akan muncul rekomendasi profil Facebook yang dapat kita pilih, ini karena biasanya yang punya nama mirip cukup banyak. Pilih profil teman yang akan kamu mention di kolom komentar. Tap pada bagian nama teman.

tap pada bagian nama teman

4. Setelah dipilih, kamu bisa menuliskan komentar seperti biasanya. Jika sudah, kamu tinggal tap tombol pesawat biru untuk mengirimkan pesan.

tap ikon kirim

5. Selesai.

Jika balasan sudah terkirim pastikan nama temanmu berwarna biru. Jika nama temanmu berwarna biru itu artiya kamu sudah berhasil menyebut temanmu di Facebook.

Nge-tag orang di komentar lewat Facebook Lite

Selain melalui aplikasi Facebook biasa, apakah kita juga dapat menyebut teman melalui aplikasi Facebook Lite?

Jawabannya, ya kita bisa.

Caranya pun masih sama, pengguna Facebook Lite dapat menyebut orang lain di kolom komentar dengan cara menambahkan karakter “@” di depan nama teman yang ingin kamu sebutkan.

tap nama teman

Kita juga dapat me mention teman dengan menggunakan Facebook mobile (m.facebook.com). Namun bagi kamu yang menggunakan Facebook free (free.facebook.com), saat ini mungkin belum dapat menyebut nama teman di kolom komentar.

Menyebut nama dengan membalas komentar

Selain dengan menggunakan cara tadi, kita juga dapat nge-tag dengan cara membalas komentar. Kekurangannya juga jelas sih, yang bisa dibalas hanya mereka yang sudah punya komentar sebelumnya. Berbeda dengan cara sebelumnya dimana kamu bisa menyebut siapa saja tanpa batasan.

Jadi ini langkah cepat jika kamu hanya ingin mention lawan bicara-mu saat ini saja.

Berikut langkah-langkahnya.

1. Pada komentar Facebook yang ingin ditanggapi, tap “balas”.
2. Setelah itu nama teman tsbt akan otomatis sudah terisi di kolom penulisan komentar-mu, kamu hanya perlu menambahkan isi komentar, setelah itu bisa langsung dikirim seperti biasa.

3. Selesai.

Apakah kita dapat menyebut nama orang di komentar Facebook tanpa berteman?

Ya, kita dapat menyebut orang di Facebook tanpa harus berteman dengan mereka. Caranya pun sama, kita cukup menuliskan karakter “@” sebelum nama teman.

Teman di Facebook ditandai dengan tulisan “teman” pada bagian bawah nama. Sedangkan jika tidak terdapat tulisan “teman” tersebut itu artinya orang tersebut bukan teman kita di Facebook.


Nah readers, itu tadi informasi mengenai cara menyebut teman di komentar Facebook. Semoga informasi kali ini bermanfaat untuk readers sekalian. Jika masih ada pertanyaan terkait topik kali ini, silahkan sampaikan pada kolom komentar dibawah ya.

Sekian dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Tinggalkan Balasan