Apa itu pin chat atau sematkan chat pada Whatssapp?

Internet yang menyebar luas kini menyerbu semua kalangan. Fungsinya yang praktis menjadi alasan kepercayaan dalam penggunaan. Saat ini generasi net pun muncul berhamburan. Teknologi smartphone menjadi semakin diminati.

Peningkatan kualitas smartphone dan semakin terjangkaunya harga smartphone membuat hampir semua orang saat ini punya akses kesana. Kita pun bisa merasakan kehidupan yang begitu dekat dengan dunia maya.

Dahulu penggunaan smartphone hanya sebatas untuk berkomunikasi via suara atau pesan singkat saja, tetapi sekarang muncul beranekaragam aplikasi yang menawarkan solusi yang menarik.

Kita tidak hanya berkomunikasi via suara dan pesan singkat saja bahkan dapat melihat keadaan sesungguhnya dari lawan komunikasi kita. Ada banyak aplikasinya. Disini kita akan hanya bahas tentang whatsapp.

WhatsApp merupakan salah satu dari aplikasi yang menawarkan fitur Video Call. Kita bisa menyaksikan secara langsung apa yang sedang dilakukan lawan bicara.

Tidak hanya itu, fitur lainnya adalah kita dapat berkomunikasi melalui pesan singkat tanpa harus khawatir kehabisan pulsa. Pesan singkat kita tidak akan dikenakan biaya. Dengan ketentuan, kita harus mempunyai kuota internet.

Berkaitan dengan chat di WhatsApp, tentunya kita mempunyai prioritas chat yang selalu berhubungan dengan kita baik secara individual maupun kelompok dalam grup chat. Kalau lagi rame, ada kemungkinan chat yang kita anggap begitu penting dapat tertutupi atau tertimbun dengan chat yang lainnya. Hal ini mempersulit kita untuk melakukan komunikasi dengan teman yang menjadi prioritas utama.

Kamu tidak perlu khawatir. Kali ini aku akan menjelaskan Cara Menyematkan/pin Chat di WhatsApp kamu.

Apa itu menyematkan? Terdengar familiar dan erat hubungannya dengan jarum, peniti, dan sebagainya ya. Hehe.. Tapi aku tidak akan membahas hal itu tentunya. Menyematkan disini lebih berarti menempelkan pesan yang menjadi prioritas utama kita di urutan paling atas. Tujuannya adalah pesan yang menjadi prioritasmu akan selalu muncul di bagian atas pada daftar chatmu.

Masih kebingungan ya? Untuk lebih jelasnya kita langsung saja masuk ke penjelasan inti ya. Ayo simak penjelasan berikut mengenai Langkah-langkah Menyematkan Chat di WhatsApp. Selamat memahami ya.

Langkah-langkah Menyematkan Chat di WhatsApp

  • Buka WhatsApp

Pertama-tama dan pasti harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi WhatsAppmu. Tampilan awal yang akan muncul misalnya seperti gambar dibawah ini.

  • Memilih Chat yang ingin disematkan

Berikutnya kamu harus memilih chat yang ingin disematkan. Gambar yang memiliki tanda “centang” dibawah ini menunjukkan bahwa chat tersebut ingin disematkan. Cara memilih chat yang ingin disematkan dengan mengklik tahan beberapa detik. Setelah itu akan muncul tanda centang pada chat tersebut. Artinya chat tersebut siap untuk disematkan.

  • Memilih fitur yang dilingkari

Setelah muncul tanda centang pada chat yang ingin disematkan, selanjutnya kamu harus mengklik fitur yang dilingkari.

  • Tanda Berhasil

Ketika muncul pemberitahuan Chat disematkan, maka proses yang kamu lakukan berhasil. Tanda lainnya adalah akan tertera gambar fitur pada penjelasan sebelumnya dibagian bawah kiri gambar tersebut. Kamu bisa melihat contoh gambar seperti dibawah ini. Fitur yang sebelumnya berada dibagian atas dashboard WhatsAppmu, kini juga tertera dibagian bawah kiri chat yang disematkan. Artinya kamu berhasil menyematkan chat yang menjadi prioritas utamamu.

Kamu tidak hanya bisa menyematkan satu chat saja melainkan banyak chat yang dapat kamu sematkan. Kamu bisa memprioritaskan lebih dari satu orang. Dengan ini kamu tidak akan kesulitan mencari chat prioritasmu. Kamu juga tidak perlu khawatir bahwa chat prioritasmu akan tertimbun oleh chat lainnya.

Apabila kamu ingin menghentikan penyematanmu dan mengakhiri chat prioritasmu, kamu cukup mengklik tahan beberapa detik chat yang menjadi prioritasmu. Pada bagian atas dashboard WhatsAppmu akan muncul fitur Penyematan yang sudah diberi coretan. Selanjutnya kamu cukup mengklik fitur tersebut. Penyematan chat prioritasmu secara langsung akan berubah statusnya. Kamu tidak akan melihat chat tersebut dibagian atas dashboard WhatsAppmu lagi. Dengan ini kamu berhasil menghentikan penyematan chat tersebut.

Akhirnya selesai juga penjelasanku mengenai Cara Menyematkan Chat di WhatsApp. Semoga tips ini bisa kamu terapkan ya. Semoga bisa membantu kamu untuk berkelana di dunia maya terutama untuk menggunakan aplikasi WhatsApp. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan