Apa itu pin chat atau sematkan chat di WhatsApp?

Terbit

Diperbarui

Salah satu fitur penting WhatsApp yang banyak di lupakan adalah fitur pin chat. Fitur ini berfungsi untuk menyematkan sebuah obrolan yang di anggap penting untuk selalu ada di urutan teratas.

Pin chat sendiri memiliki segudang manfaat dan bagi sebagian orang manfaatnya bisa cukup besar, salah satunya misalnya, jika kalian adalah seorang pembisnis, fitur ini bisa jadi cukup vital.

Seorang pembisnis biasanya memiiki banyak sekali kontak WhatsApp, jika chat WhatsApp aktif ada ratusan, akan membingungkan jika harus mencari satu chat penting tetapi nomornya atau namanya nyelip di antara chat lain yang tidak terlalu penting.

Admin: Kalau susah dipahami, menyematkan itu seperti menempelkan chat di posisi paling atas di antara semua chat yang ada. Walaupun nanti ada chat baru yang masuk, chat yang disematkan akan terus berada di posisi teratas.

Baca juga: Cara pakai tulisan tebal miring dicoret dan renggang di whatsapp

Menyematkan atau pin chat di WhatsApp

Kamu bisa menyematkan tidak hanya chat personal, tapi juga grup whatsapp. Jadi jika ada grup yang kamu ingin selalu ikuti perkembangannya, kamu bisa pin grup tersebut. Caranya sama kok, berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Cari obrolan yang ingin di sematkan.
  3. “Tekan dan tahan” pada obrolan yang ingin disematkan.
  4. Akan muncul pilihan menu dibagian atas, tap ikon “pin”

5. Setelah diberi pin, obrolan tersebut akan naik ke posisi paling atas dan ada ikon pin-nya.

Selesai. Mudah bukan?

Menghapus atau melepas pin chat di WhatsApp

Jika kalian sudah merasa bahwa ruang chat tersebut sudah tidak penting lagi untuk disematkan, maka kalian bisa membatalkan penyematan untuk chat tsbt. Hal itu bisa dilakukan dengan mudah, berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi whatsapp kalian.
  2. Tekan dan tahan pada ruang chat yang disematkan.
  1. Setelah beberapa saat, akan muncul pilihan menu dibagian atas.
  2. Disini pilih ikon “pin yang di slash” untuk melepaskan pin chat tsbt.

5. Selesai. Obrolan yang dilepaskan pin-nya akan kembali seperti semula dan bisa tertimbun jika ada chat baru yang masuk.


Nah itu tadi cara menyematkan pin di chat penting kamu di aplikasi whatsapp. Kamu tidak hanya bisa menyematkan satu chat saja, kamu bisa menyematkan banyak chat sekaligus, jadi kamu bisa memprioritaskan lebih dari satu orang. Yang perlu kamu ingat adalah untuk tidak terlalu banyak pinnya, karena nanti bisa bikin bingung juga kan.

Saya harap penjelasan kali ini cukup detail dan mudah dipahami. Jika ada pertanyaan dan saran, bisa tambahkan di kolom komentar. Terima kasih.

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *