Cara Menyematkan Postingan di Grup Facebook

Ada banyak fitur yang bisa kalian gunakan untuk membantu mengelola grup kalian, ada fitur topik, pertanyaan saat masuk ke grup, moderator, pin postingan dan masih banyak lagi.

Kali ini kita akan membahas salah satu fitur di atas, yaitu fitur pin atau menyematkan postingan.

Fitur ini bisa kalian gunakan untuk “menyematkan” kiriman atau postingan penting yang ada di grup kalian, sehingga postingan tsbt bisa menempati posisi paling atas.

Siapa yang bisa menyematkan postingan di grup?

Fitur menyematkan kiriman ini hanya bisa di lakukan oleh admin dan moderator saja.

Jadi anggota biasa tidak memiliki akses untuk bisa memberikan pin pada postingan mereka.

Jadi kalian bisa menyematkan postingan hanya jika kalian bagian dari moderator ataupun admin disuatu grup. Jika kalian anggota biasa, kalian perlu meminta bantuan admin ataupun moderator digrup tsbt.

Langkah-langkah menyematkan postingan di grup Facebook

1. Buka aplikasi Facebook kalian.

2. Masuk ke grup yang kalian kelola.

Dihalaman beranda, ketuk ikon garis tiga yang ada di pojok kanan atas. Lalu pilih menu “Grup”.

Kalian akan dibawah kehalaman grup seperti dibawah ini. Disini masuk ke tab “Grup Anda”. Selanjutnya tinggal buka grup yang kalian kelola tsbt.

3. Cari postingan yang ingin kalian sematkan.

Sebaiknya postingan yang ingin disematkan adalah postingan yang benar-benar penting, mengingat hanya ada 10 slot untuk postingan yang bisa disematkan.

4. Tap ikon titik tiga dipostingan tsbt, dan pilih menu “Sematkan ke Unggulan”.

5. Periksa hasilnya di tab “Unggulan”

Jika sudah, kalian bisa periksa di bar paling atas ada menu unggulan. Kalian tap saja menu tersebut. Disana akan muncul postingan yang kalian sematkan tadi. Akan muncul postingan lain juga yang kalian sematkan, jika kalian menyematkan lebih dari satu postingan.

6. Selesai.

Facebook ini memiliki ketentuan dimana kalian hanya di beri limit untuk memberikan 10 pin saja tidak bisa lebih. Meskipun begitu postingan yang kalian sematkan tidak memiliki batasan waktu. Postingan yang di sematkan bisa selamanya ada di posisi paling atas, selama kalian belum melepaskan pin tersebut.

Jika kalian punya grup yang memiliki banyak anggota tentu fitur ini akan sangat menguntungkan bagi kalian. Kalian bisa pin postingan berupa iklan berbayar ataupun informasi yang mengarahkan kepada usaha yang kalian miliki. Secara umum kalian bisa manfaatkannya fitur ini media promosi, media pengumuman, dan media untuk mengatur dan mengembangkan grup yang kalian miliki.


Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan terkait topik “menyematkan postingan di grup Facebook”. Jika dirasa ada yang kurang atau meragukan, jangan sungkan untuk bertanya dikolom komentar dibawah.

Sampai jumpa ditulisan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *