Cara Menyimpan Postingan Facebook Untuk Dibaca Nanti Atau Tidak Dibagikan

Semakin hari, fitur-fitur maupun update status orang-orang di Facebook semakin menarik. Selalu ada saja yang baru, fresh, unik, kreatif, dan bikin kita ketagihan buat mengikutinya.

Lalu, apa jadinya jika semua postingan menarik itu ternyata tidak sempat kita baca di satu waktu karena kesibukan. Sayang kan jika ia berlalu begitu saja? Apalagi pas kita cari di lain waktu, ternyata kita lupa siapa yang sudah membagikan postingan tersebut.

Kalau mau ditelusuri, ternyata ada cara mudah menyimpan postingan tersebut tanpa mengganggu kegiatan kita yang lain. Saya siap membagikan caranya khusus untuk kamu yang belum tahu. Jika sudah tahu, tak ada salahnya jika kamu membagikan artikel ini ke teman-teman Facebook kamu semua.

  1. Jenis Postingan Yang Biasa Disimpan
  2. Alasan Harus Disimpan atau Dibagikan Kemudian
  3. Cara Menyimpan Postingan Untuk Dibaca Nanti atau Tidak Dibagikan
  4. Cara Melihat Kembali Postingan Yang Di-save

Jenis Postingan Yang Biasa Disimpan

Sejumlah postingan sering menjadi target disimpan oleh sebagian besar warganet di Facebook untuk berbagai kepentingan. Diantara jenis postingan yang biasa disimpan oleh warganet adalah postingan fanpage yang diikuti, foto unik/lucu/menarik, video tutorial, foto/video produk yang ditawarkan oleh akun tertentu, resep masakan, tulisan yang menginspirasi, jadwal event tertentu, dan lain-lain.

Setelah disimpan, ada yang membagikannya kembali di lain waktu. Dan ada pula yang tetap menyimpannya untuk keperluan pribadi dengan tidak membagikannya kembali.

Alasan Harus Disimpan Atau Dibagikan Kemudian

Lalu, mengapa sih postingan tersebut disimpan?

Seperti kita tahu, Facebook punya fitur search yang fungsinya untuk mencari postingan yang pernah masuk ke news feed beberapa waktu lalu. Namun, ternyata fitur ini kurang bisa memenuhi fungsi tersebut. Karena pengguna masih harus mengingat judul atau kata-kata yang berkaitan dengan postingan yang dicari. Belum lagi jika ada postingan yang mirip-mirip, pengguna jadi harus scrolling sampai bisa menemukan postingan yang dimaksud.

Dengan adanya fitur baru dari Facebook bernama ‘save’, pengguna jadi lebih mudah menyimpan postingan tertentu. Mereka biasanya menyimpan suatu postingan karena untuk keperluan (kesenangan) pribadi, untuk belajar melalui (tutorial), mencari bahan tulisan, atau mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari akun yang mereka ikuti. Mungkin kamu juga begitu pada akun yang sering membuat tulisan inspiratif, kan?

Setelah disimpan, ada yang membagikannya kembali saat momennya sudah tepat. Misalnya, seorang ibu yang berhasil membuat kue nastar dari melihat video tutorial yang ia simpan beberapa waktu lalu. Kemudian, ia membagikan video itu ke akunnya saat sudah pertengahan Ramadan atau menjelang Idul Fitri dengan harapan warganet yang melihatnya juga bisa ikutan membuat nastar sesuai video tersebut.

Baca juga : Cara reset kata sandi facebook dengan mudah

Cara Menyimpan Postingan Untuk Dibaca Nanti atau Tidak Dibagikan

Untuk menggunakan fitur ‘save’ Facebook ini sangatlah mudah. Tidak perlu ribet harus download aplikasi tambahan atau mengikuti page tertentu. Langkah-langkah menyimpan postingan tersebut diantaranya:

  1. Masuk ke home Kemudian, pilih postingan yang mau disimpan.
  2. Dalam postingan tersebut, klik tanda titik 3 (…) pada bagian pojok kanan atas. 
  3. Muncul beberapa pilihan seperti ‘save post’, ‘copy link’, atau ‘turn on notifications for this post’. Pilih ‘save post’.
  4. Sekarang kamu telah menyimpan postingan tersebut. Bisa dibaca/disimak nanti atau dibagikan kemudian.

Cara Melihat Kembali Postingan Yang Di-Save

Selanjutnya, untuk bisa melihat kembali postingan yang telah disimpan tersebut, kamu bisa mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini:

  1. Dalam home kamu, pilih tanda strip 3 (-) yang terletak di pojok kanan atas.
  2. Kemudian, akan keluar sejumlah pilihan. Kamu bisa langsung klik ‘saved’.
  3. Muncul tampilan seperti di bawah ini. Untuk melihat keseluruhan postingan, kamu bisa langsung klik ‘ALL’.
  4. Tampilan setelah klik ‘ALL’ adalah seperti di bawah ini. Kamu bis alangsung pilih kategori postingan yang kamu cari. Jika bingung, maka langsung saja pilih ‘all types’.
  5. Kembali ke tampilan nomor 3. Jika ternyata postingan yang kamu cari sudah terlihat, maka kamu bisa langsung klik postingannya atau tanda titik 3 di sampingnya.
  6. Tampilan yang terlihat setelah meng-klik tanda titik 3 adalah sebagai berikut:
  7. Selanjutnya, kamu bisa membagikannya kembali ke akun kamu dengan meng-klik ‘share’. Jika kamu ingin mengirimkannya via inbox, kamu tinggal klik ‘send in Messenger’. Lalu, ketika kamu sudah tidak mau menyimpannya lagi, kamu bisa klik ‘unsave’.

Bagaimana, mudah bukan menyimpan postingan di Facebook? Jika kamu merasa infomasi ini sangat bermanfaat, yuk silakan dibagikan ke teman-teman warganet kamu di media sosial. Terimakasih.

ulfah

ulfah

penulis artikel online, penulis buku-buku non fiksi, penulis novel, penulis skenario, guru ekskul menulis, penulis status media sosial dan anak rumah tangga wkwkwkhidup freelance writer!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *