Cara menyimpan status WhatsApp dengan ataupun tanpa aplikasi

Bagi pengguna aplikasi WhatsApp, kamu tentu tak asing lagi dengan fitur status (story) di WhatsApp. Fitur ini diadaptasi dari fitur story di Instagram yang meniru fitur di Snapchat.

Berbicara soal status whatsapp, kamu tentu pernah mempunyai keinginan untuk menyimpan gambar atau video yang dibagikan oleh teman-temanmu bukan? Sayang sekali, WhatsApp tidak menyediakan fitur untuk menyimpan status, sementara status akan hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu 24 jam.

Lalu bagaimana solusinya?

Disini akan dijelaskan beberapa solusi yang bisa kamu coba untuk menyimpan status, dimulai dari yang paling mudah dulu.

a. Menyimpan status whatsapp melalui screenshot

Meskipun tidak dapat menyimpan status yang berbentuk video, akan tetapi cara ini memiliki kelebihan tersendiri. Cara ini adalah cara yang paling simpel dan hampir semua orang bisa melakukannya. Terlebih lagi cara ini tak mengharuskan kita menginstall aplikasi apapun.

Status tertutup caption

Sedangkan untuk kelemahannya sudah dijelaskan beberapa tadi, cara ini tak dapat digunakan untuk video.

Selain itu, seringkali kita menjumpai WhatsApp Status dengan caption yang cukup panjang hingga menutupi sebagian gambar. Ketika kita melakukan screenshot, mau tak mau gambar yang disimpan juga sedikit terpotong tulisan.

b. Menyimpan status whatsapp melalui aplikasi tambahan

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi untuk donwload status whatsapp di playstore, ada puluhan bahkan ratusan. Jadi disini sulit untuk mencari yang paling bagus.

Saya sendiri menggunakan aplikasi dengan status downloader ini : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.downlood.sav.whmedia&hl=in

Berbeda dengan pakai screenshot, aplikasi ini bisa dipakai untuk menyimpan status gambar ataupun video ke galeri dengan mudah.

Adapun langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Tentukan dulu status yang ingin kamu download. Pastikan bahwa kamu sudah menonton status tersebut. Status yang sudah ditonton, akan disimpan di folder tersembunyi didalam ponsel, nah aplikasi yang didownload tadi hanya perlu mengakses folder tersembunyi tadi..

Status yang ingin disimpan

2. Download dan install aplikasinya status downloader-nya. Dicontoh ini, aplikasi yang dipakai adalah aplikasi dibawah. Ukurannya hanya 2 MB saja.

3. Setelah terinstall dengan baik, buka aplikasinya dan pilih Start. [Kekurangan aplikasi seperti ini kadang iklannya terlalu berlebihan banyaknya.]

Tekan start

4. Selanjutnya, carilah status yang ingin kamu download di bagian atas. Jika tidak ditemukan, tap “WhatsApp Status” untuk melihat keseluruhan status yang tersimpan diponsel kamu.

Pilih WhatsApp status

5. Selanjutnya, akan muncul tampilan berikut ini. Ada pilihan untuk gambar atau video. Jika kamu sedang mencari video, tap bagian “Video”, akan terlihat seluruh status video yang sudah terdownload diponsel kamu.

Cari status yang ingin disimpan

6. Setelah itu buka status yang kamu inginkan. Dibagian bawah ada ikon download, tap ikon ini untuk menyimpan dan memindahkan video ke galeri.

Tekan tombol download

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, aplikasi ini hanya bisa melihat status yang sudah tersimpan di ponsel kamu, jadi jika statusnya tidak ditemukan, balik lagi ke whatsapp dan lihat ulang statusnya sampai selesai, lalu baru balik ke aplikasinya, dan seharusnya status akan muncul disana.

Cara ini memiliki kelebihan, yaitu diantaranya dapat digunakan baik itu status yang berbentuk gambar maupun video. Selain itu aplikasi pihak ketiga ini cukup ringan karena hanya memakan memori tak lebih dari 3 MB.

Meskipun terdengar sempurna, namun cara ini juga memiliki kelemahan. Dengan menggunakan cara ini, itu artinya kamu mau tak mau harus menginstall aplikasi tambahan dari pihak ketiga. Terlebih pada aplikasi ini terdapat iklan yang mungkin akan mengganggu kenyamanan kamu.

Kamu bisa testing aplikasi lain, mungkin ada yang lebih baik lagi (dan sedikit iklannya), jika kamu tertarik, kamu bisa cek di sini : https://play.google.com/store/search?q=status%20download%20whatsapp&c=apps&hl=in

C. Menyimpan status whatsapp tanpa aplikasi tambahan

Cara ini paling ribet, karena disini kita akan masuk langsung ke folder tersembunyi whatsapp, lalu mengambil status yang sudah terdownload dari sana. Jadi minimal kamu sudah harus punya pengalaman masuk ke file penyimpanan di ponselmu.

Kelebihannya, kamu tidak perlu download aplikasi apapun, karena biasanya setiap ponsel sudah ada aplikasi pengakses filenya (file manager).

Langsung saja.

1. Seperti biasa, lihat dulu statusnya sampai selesai. Status yang sudah dilihat akan otomatis tersimpan di folder tersembunyi whatsapp, jadi kalau statusnya berupa video, pastikan bahwa sudah ditonton sampai selesai.

tonton dulu statusnya

2. Setelah itu, kamu cari aplikasi “file manager” di ponselmu. Tampilan aplikasinya bisa beda, yang jelas fungsi aplikasi ini adalah untuk bisa mengakses memori penyimpanan di ponsel tersebut.

masuk ke folder atau file saya

3. Setelah masuk keaplikasinya, kamu akan dibawa kehalaman seperti dibawah. Dibawah saya coba testing menggunakan dua jenis HP, dan aplikasi file managernya memang kelihatan berbeda. Disini pilih untuk masuk kebagian memori penyimpanan.

4. Setelah itu kamu akan di bawa kehalaman penyimpanan internal. Disini kamu cari folder “whatsapp”. Jika sudah ketemu, silahkan masuk ke foldernya.

masuk ke folder whatsapp

5. Setelah masuk ke folder whatsapp, kamu pilih dan masuk ke folder “Media”.

masuk ke file media

6. Setelah itu kamu akan berada didalam forder “media”. Disinilah ada folder tersembunyi yang tidak kelihatan yang menyimpan status whatsapp dari teman-teman mu.

7. Untuk memunculkan folder tersembunyi tersebut, yang perlu kamu lakukan adalah mengaktifkan pengaturan “Tampilkan berkas tersembunyi”, atau kalau dalam bahasa inggris, “Show hidden folder”.

Ini contohnya di HP xiaomi saya.

Ini contohnya di ponsel samsung saya.

8. Setelah itu, di folder “Media” tadi, akan muncul folder baru dengan nama “.Statuses”. Folder inilah yang kita perlukan, dan folder ini juga lah yang disembunyikan oleh system diawal tadi. Disini tap untuk masuk ke folder “.Statuses”.

muncul folder baru yang bernama statues

9. Setelah masuk kedalam folder “.statuses”, kamu akan melihat semua status teman yang tersimpan diponsel kamu, baik itu berupa foto/gambar/image, ataupun video.

Status tersebut akan bertahan 24 jam, jadi jika ada yang kamu suka, copas dan pindahkan ke folder galery kamu. Jika tidak, status akan hilang dari folder ini secara otomatis setelah 24 jam.

Cara ini memiliki kelebihan yaitu dapat menyimpan foto dan video dari Status whatsapp tanpa aplikasi tambahan, tidak ada iklan yang mengganggu dan cukup mudah dilakukan. Sedangkan kelemahan menggunakan cara ini adalah langkah-langkah mungkin cukup ribet bagi sebagian orang.

FAQ

1. Kenapa saya tidak menemukan file status yang saya mau?

Status yang bisa diambil hanyalah status yang sudah kamu lihat/tonton sebelumnya, status ini akan tersimpan sementara diponsel kamu dan bertahan kurang dari 24 jam. Jadi jika tidak ditemukan, buka status tersebut diwhatsapp kamu, dan ulangi kembali proses nya dari awal.

Kesimpulan dan saran

Jika disuruh memilih, mana yang terbaik diantara ketiganya, jawabannya adalah tergantung kebutuhan. Jika status berbentuk gambar dan tidak banyak terpotong maka cara termudah adalah screenshot.

Jika status berbentuk gambar dan terpotong caption maka yang terbaik adalah dengan menggunakan cara kedua atau cara ketiga. Jika status berbentuk video, maka yang terbaik adalah dengan menggunakan cara kedua atau cara ketiga.

Semua pilihan ada di tanganmu, kamu bisa pilih cara yang paling mudah untukmu.


Nah itu dia cara yang dapat dilakukan untuk mendownload status WhatsApp. Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi untuk dapat mendownload status WhatsApp temanmu.

Sekian informasi tadi semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan