Cara Merekam Video Call WhatsApp Dengan Suara

Whatsapp kini telah menjadi aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat di indonesia. Whatsapp menjadi semakin populer, seiring dengan bertambahnya fitur-fitur baru yang bisa di nikmati oleh masyarakat secara gratis.

Salah satu fitur yang bisa di nikmati adalah fitur video call.

Fitur ini memudahkan kalian untuk bisa berkomunikasi dengan jelas karena bisa berbicara sambil tatap muka secara langsung. Buat yang sudah lama tidak berjumpa, momen video call adalah sebuah momen yang berharga.

Walaupun video call bisa sering dilakukan, tapi kadang lawan bicara kita sedang sibuk sehingga waktu tatap muka yang dilakukanpun tidak bisa lama.

Nah untuk mengatasi hal ini, kalian bisa merekam video call kalian. Setidaknya rekaman tsbt bisa diputar ulang saat lagi rindu, atau bisa dibagikan ke keluarga lain untuk sekedar lucu-lucuan.

Untuk bisa merekam video call, kalian perlu aplikasi tambahan, karena whatsapp sendiri belum dilengkapi dengan fitur merekam video call. Kalian bisa menggunakan aplikasi AZ screen recorder yang bisa kalian download di playstore.

Berikut caranya.

1. Buka aplikasi “AZ screen recorder” yang ada di smartphone kalian. Jika belum punya bisa kalian download dulu, berikut tampilan aplikasinya di playstore.

buka apliaksi AZ screen recorder

2. Jika sudah, berikut tampilan awal aplikasinya. Disini kalian tap “GO TO ALLOW THIS”.

klik GO TO ALLOW THIS

3. Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman seperti gambar di bawah ini. Kalian aktifkan tombol navigasinya. Jika sudah aktif, kalian kembali saja ke halaman home smartphone kalian.

4. Silahkan mulai video call kalian terlebih dahulu. Selanjutnya kalian klik saja “ikon kamera berwarna oranye” yang ada di layar. Setelah itu akan muncul beberapa ikon menu baru, pilih “icon kamera” seperti dibawah.

klik icon kamera

5. Jika ingin menghentikan rekamannya. Kalian swipe-down layar atas kalian, lalu tap saja “icon stop” seperti pada gambar.

klik stop untuk menghentikan

6. Untuk melihat hasilnya, kalian bisa cari AZ screen recorder di notification bar kalian. Pilih menu “Galeri” seperti pada gambar dibawah ini.

klik galeri untuk melihat hasilnya

7. Kalian akan di bawa kehalaman penyimpanan videonya. Kalian pilih saja videonya. Untuk contoh hasil rekaman video call nya kalian bisa lihat gambar 2.

Untuk bisa merekam video call, kalian harus menyediakan ruang kosong di memori penyimpanan kalian untuk menyimpan hasil rekamanannya. Biasanya untuk hasil rekaman layar seperti ini, cukup banyak memakan memori penyimpanan.

Untuk kualitas rekaman video call-nya tentu bergantung kepada bagaimana kualitas video call kalian saat itu. Jika saat video call, terlihat patah-patah karena jaringan internet lelet, maka hasil rekaman pun akan sama.

Jadi jika ingin kualitas rekamannya bagus, maka tingkatkan kualitas video callnya. Misalnya dengan memberi pencahayaan yang cukup saat video call, atau pakai jaringan wifi yang bagus dan cepat.


Mungkin tidak semua smartphone memerlukan aplikasi tambahan seperti ini, karena dibeberapa smartphone sudah ada aplikasi perekam layar bawaan. Jadi aplikasi ini dibutuhkan jika smartphone kalian belum ada aplikasi perekam layar.

Bukan hanya untuk merekam video call whatsapp saja, aplikasi ini bisa dipakai untuk banyak keperluan lainnya, seperti untuk merekam permainan game, tutorial smartphone dan lain sebagainya.

Biasanya yang di pakai oleh para youtuber adalah yang versi premium-nya jadi fitur yang ditawarkan lebih banyak.


Sekian pembahasan kali ini, jika ada kritik dan saran, jangan sungkan untuk menambahkannya dikolom komentar dibawah.

This Post Has 2 Comments

  1. Avatar
    Redi

    Gak ada suaranya… Gimana nih solusinya

    1. Avatar
      yudha

      ada harusnya mas.. mas pake aplikasi yang sama kan dgn yang disaranin diatas?

Tinggalkan Balasan