Cara install dan setting email Outlook di hp kamu

Outlook adalah salah satu penyedia layanan email gratis milik perusahaan ternama yaitu Microsoft. Layanan email yang dahulunya bernama Hotmail ini diam –diam memiliki cukup banyak pengguna.

Tampilan yang simpel dan rapih menjadi salah satu alasan pengguna untuk tetap menggunakan Outlook. Selain itu saat membuat akun email, kamu bisa menentukan sendiri alamat email yang kamu inginkan, kamu juga akan mendapatkan fasilitas dan fitur – fitur yang bisa dikatakan lengkap.

Di Outlook kamu tidak hanya bisa mengirim dan menerima email. Kamu juga bisa melakukan editing file menggunakan Office secara online. Kapasitas penyimpanan nya pun bisa dikatakan cukup besar.

Penjelasan diatas hanyalah sedikit gambaran mengenai Outlook. Bagi yang belum punya akun emailnya, bisa baca sini: https://bukugue.com/cara-membuat-email-outlook/

Jika sudah punya akun emailnya, kita bisa langsung masuk kepembahasan dibawah, dimana kita akan menginstall aplikasi resmi outlook di hp dan melakukan setting awal disana.

Cara memasang dan mensetting email outlook

Yang perlu di siapkan diawal adalah alamat email outlook dan password nya, serta aplikasi outlook yang sudah terinstall. Kamu bisa download dan install aplikasinya di google play melalui link ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.microsoft.office.outlook&hl=en

Aplikasi microsoft outlook ini sudah di install oleh lebih dari 100 juta pengguna, dari sini bisa kelihatan bahwa outlook salah satu penyedia layanan email yang cukup populer.

Admin: 100 juta instalasi hanya versi android saja, sementara microsoft outlook juga dipakai di sistem operasi lainnya, misalnya di komputer atau laptop dengan system operasi windows versi 8 keatas. Jadi total penggunanya jauh lebih banyak harusnya.

1. Pertama, buka aplikasi Outlook di HP kamu. Nantinya akan muncul tampilan awal seperti pada gambar. Pilih “Get Started” untuk melanjutkan.

Halaman utama aplikasi Outlook Mobile
Halaman utama aplikasi Outlook Mobile

2. Disini kamu masukkan alamat email outlook yang tadi sudah dibuat. Pilih “Continue” untuk melanjutkan.

"Continue" untuk login kembali ke akun email yang baru dibuat

3. Masukkan kata sandi yang sebelumnya juga sudah kamu buat. Pilih “Masuk” untuk login ke akun email kamu.

Masukkan kata sandi akun email

4. Disini kamu bisa memutuskan untuk login ke akun email yang lain atau tidak. Jika kamu juga ingin login ke akun email kamu yang lain, kamu bisa pilih “continue”. Namun disini aku akan mencontohkan untuk login ke satu akun Outlook saja, jadi aku pilih “Skip” untuk lanjut.

"Skip" untuk melanjutkan jika tidak memiliki akun email lain

5. Di halaman ini kamu akan diperkenalkan mengenai beberapa fitur Outlook Mobile. Untuk mempersingkat, pilih saja “Skip” untuk melanjutkan.

"Skip" untuk melanjutkan

6. Nah, kini kamu sudah berada di halaman inbox akun email kamu. Kini email Outlook kamu sudah siap digunakan.

Tampilan halaman utama kotak masuk pada aplikasi Outlook Mobile
Tampilan halaman utama kotak masuk pada aplikasi Outlook Mobile

Jika kamu ingin mengkonfigurasi beberapa pengaturan di aplikasi Outlook ini namun belum tahu apa – apa saja yang perlu kamu konfigurasi, tenang saja. Semuanya akan dibahas dibawah.

Settingan tambahan yang perlu diperhatikan (untuk kemudahan penggunaan aplikasi ini)

Outlook Mobile tidak perlu disetting secara khusus. Hanya ada beberapa pengaturan saja yang perlu diganti jika kamu menginginkannya. Berikut ini akan dibahas beberapa pengaturan yang mungkin perlu untuk kamu ganti sesuai keinginan.

1. Filter kotak masuk bisa kamu ubah sesuai keinginan.

Ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih. Opsi yang dapat dipilih antara lain, semua pesan, belum dibaca, berbendera, dan lampiran. Misalkan kamu memilih opsi “Belum dibaca”, maka nantinya di kotak masuk kamu hanya akan muncul pesan email yang belum dibaca. Jadi kamu akan dengan mudah menemukan email yang belum kamu baca.

"Filter" untuk memilih opsi tampilan kotak masuk
“Filter” untuk memilih opsi tampilan kotak masuk

2. Selanjutnya kamu bisa membuka pengaturan Outlook untuk mengubah beberapa pengaturan defaultnya.

Pilih ikon gerigi untuk menampilkan berbagai pengaturan yang tersedia di aplikasi Outlook Mobile
Pilih ikon gerigi untuk menampilkan berbagai pengaturan yang tersedia di aplikasi Outlook Mobile

Pilih “Pemberitahuan” untuk masuk ke pengaturan nada pemberitahuan. Kamu bisa mengubah nada pemberitahuan email masuk disana. Silahkan sesuaikan.

Pilih "Pemberitahuan" untuk mengatur nada pemberitahuan email masuk

Berikutnya kamu bisa memilih “Geser Opsi” untuk mengatur opsi geser untuk mengambil tindakan pada email di kotak masuk. Silahkan atur sesuai kebutuhan. Untuk mengubah opsi geser kanan atau kiri, pilih saja “Ubah” untuk menampilkan semua opsi yang disediakan oleh Outlook. Buat yang kurang paham fungsi fitur ini, kamu bisa baca artikel ini untuk dapat gambaran mengenai hal tersebut.

Itulah beberapa pengaturan yang biasanya perlu untuk disetting diawal untuk mempermudah dan mempernyaman kamu dalam penggunaan aplikasi ini kedepannya.

Selain kamu bisa mengatur nada notifikasi dan mengubah opsi geser, kamu juga bisa mengubah tema Outlook. Silahkan scroll down pada pengaturan dan temukan pengaturan preferensi dan pilih “Tema” untuk mengubahnya.

Kamu juga bisa mengatur beberapa hal lainnya disana, sangat disarankan untuk mengeksplore di awal agar kamu tau fitur-fitur apa saja yang tersedia. Hal ini penting untuk memanfaatkan aplikasi ini secara optimal.


Aplikasi microsoft outlook tidak hanya bisa untuk membuka inbox email outlook, kalau kamu lihat di langkah 2, kamu bisa langsung menambahkan akun email gmail ke aplikasi ini, dilangkah 4 kamu juga diberi kesempatan untuk menambahkan akun email baru.

Perlu untuk diketahui, akun email outlook berbeda dengan aplikasi microsoft outlook. Akun email outlook bisa di akses lewat situs web outlook, bisa dibuka lewat aplikasi email bawaan diponsel kamu, dstnya. Sedangkan aplikasi microsoft outlook adalah aplikasi buatan microsoft untuk “pembaca email”, yang bisa digunakan untuk membaca email dari banyak akun, dan tidak hanya akun email outlook, tapi boleh dari akun email lainnya seperti email yahoo atau google.


Well, mungkin sampai disini dulu pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan, bisa tambahkan di kolom komentar dibawah ini. Selamat mencoba. Semoga berhasil.

Share woy :D

Tinggalkan Balasan