Cara membuat email Outlook atau Hotmail

Outlook adalah salah satu penyedia layanan email gratis. Layanan ini salah satu produk dari Microsoft. Secara fungsional, Outlook sama seperti email-email yang lain.

Kamu bisa mengirimkan email, menerima email, menyisipkan lampiran (berupa foto, video, dokumen, dan file berekstensi .zip).

Secara kasat mata, perbedaan email Outlook dengan email lainnya adalah domain/identitas di belakang alamat emailmu. Jika kamu menggunakan Gmail, maka emailmu akan menjadi [email protected], jika kamu menggunakan Outlook, nama emailmu akan menjadi [email protected] atau [email protected] atau bisa juga [email protected].

Yudha note: Email outlook dan hotmail itu sama-sama buatan microsoft. Jadi kamu bisa pilih mau akhiran outlook atau hotmail saat proses pendaftaran nanti.

Selain digunakan untuk mengirim dan menerima email, perbedaan lainnya antara akun Outlook dan beberapaakun dari penyedia layanan email lainnya adalah penggunaan/pengaplikasian akun Outlook dalam kehidupan sehari-sehari.

Jika kamu pengguna smartphone dengan OS Android, kamu akan menemukan Google Play Store, (toko bawaan untuk mengunduh aplikasi) agar dapat mengunduh aplikasi tersebut yang ada di dalamnya kamu memerlukan akun Gmail (contoh: [email protected]).

Jika kamu pengguna Iphone, kamu akan menemukan Apple Store, dan memerlukan Apple Id (contoh: [email protected]) untuk mengunduh aplikasi yang ada di Apple Store.

Nah, akun Outlook ini (contoh: [email protected]) bisa kamu gunakan untuk mengunduh aplikasi-aplikasi yang telah tersedia di Microsoft Store, program bawaan yang ada di komputer/laptop dengan Operation System Windows 8 ke atas.

Selain itu, dengan membuat akun Outlook, secara otomatis kamu sudah memiliki akun Microsoft, artinya kamu juga bisa login di website Microsoft menggunakan akun Outlookmu.

Cara membuat email microsoft outlook atau hotmail

Lalu, bagaimana cara membuat akun Outlook? Simak di bawah ini. Ohya, penulis menganjurkan untuk menggunakan browser Chrome untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Klik link ini untuk membuka proses pendaftaran akun outlook: outlook.live.com/owa/?nlp=1&signup=1

2. Masukkan username yang ingin kamu kamu gunakan sebagai alamat emailmu.

Cari username yang kamu inginkan
Cari username yang kamu inginkan

Jangan lupa memilih akhiran yang kamu suka, bisa menggunakan @outlook.com, atau @outlook.co.id, atau @hotmail.com. Selanjutnya pilih “Berikutnya”.

Admin note: Aku coba sendiri barusan, entah kenapa pilihan @outlook.co.id tidak muncul. Jadi aku hanya bisa milih antara @outlook.com dan @hotmail.com

Setelah kamu memasukkan namamu di kolom yang telah disediakan, tunggu sebentar (sekitar 5-10 detik, tergantung browsermu) untuk membiarkan server mengecek apakah nama yang kamu inginkan sudah digunakan atau belum.

Jika di atas kolom ada keterangan berwarna merah, artinya nama yang kamu inginkan sudah digunakan oleh orang lain, maka kamu harus mencari nama yang lain yang dapat kamu gunakan.

3. Selanjutnya, membuat Password pada kolom yang telah disediakan. Jika sudah, pilih Berikutnya

masukkan sandi dengan benar
masukkan sandi dengan benar

4. Selesai membuat password, kamu harus mengisi identitasmu, isilah nama depan dan nama belakang. Biasanya, penulis membagi nama lengkap penulis menjadi dua kata atau menjadi masing-masing satu frasa yang diinput di nama depan dan nama belakang. Pilih Berikutnya

masukkan nama depan dan nama belakang kamu
masukkan nama depan dan nama belakang kamu

5. Isi informasi pribadimu mengenai tempat dan tanggal lahirmu di kolom yang telah disediakan, pilih Berikutnya.

Isi tempat dan tanggal lahir
Isi tempat dan tanggal lahir

6. Masukkan kode captcha dengan menulis ulang huruf-huruf yang dapat kamu baca di halaman tersebut, pilih berikutnya.

Masukkan kode captcha
Masukkan kode captcha

7. Tunggu sebentar sampai proses loadingnya selesai.

Tunggu sampai selesai

Sampai disini harusnya proses pembuatan akun email kamu sudah berhasil.

Pengaturan awal akun microsoft kamu

Kamu hanya perlu melakukan setting sesuai yang diminta oleh system microsoft untuk memudahkan penggunaan akun email kamu kedepannya.

Disini kamu akan diminta atur bahasa utama yang akan ditampilkan pada menu utama. Selain itu, pilih juga zona waktu yang akan kamu gunakan.

atur bahasa dan zona waktu

Penulis, memilih UTC + 07.00, Bangkok, Hanoi, Jakarta. Jika kamu ingin menggunakan zona waktu yang lain juga tidak masalah, sesuai dengan kesukaan hati. Pilih Simpan.

Tunggu sampai website menyelesaikan tugasnya, kurang lebih setengah menit, maka kamu akan dibawa ke tampilan utama email tersebut.

Email selamat Datang

Alangkah lebih baiknya ketika kamu sudah menyelesaikan langkah-langkah di atas, coba kamu logout akun Outlookmu, lalu coba login lagi.

Kalau kamu pelupa, jangan lupa catat sandinya, karena kalau udah lupa kata sandi outlook, ribetnya minta ampun.

Selain itu, untuk kamu yang masih awam (gaptek), kamu bisa baca bahasan mengenai penulisan email yang baik dan benar, dilaman ini : bukugue.com/cara-menulis-email-formal/


Sekedar untuk informasi, meskipun di Google Play Store, ada aplikasi bernama Outlook, ternyata kamu tidak bisa membuat akun Outlookmu dari aplikasi tersebut.

Jika kamu ingin membuat akun Outlookmu, kamu harus mendaftar melalui browsermu.

Aplikasi Outlook yang tersedia di Google Play Store hanya dapat digunakan untuk mengirim, menerima email. Namun, tidak menutup kemungkinan, penulis belum menemukan cara daftar Outlook melalui Aplikasi Resmi Outlook.

Cukup mudah bukan? Jadi tunggu apalagi untuk membuat akun Outlookmu?

Selamat Mencoba!

Andreas Aditya Yoga Prasasta

Nikmati apa yang ada, gak cuman yang seneng yang harus dinikmati. Yang susah pun juga harus dinikmati. Jika tak bisa dinikmati, cukup jalani

This Post Has 2 Comments

  1. Avatar

    cara buat masuk ke microsoft outlooknya gimana ya pake akun yang udah di daftarkan ?

    1. Avatar

      ini maksudnya gmana mas? mau login ke inbox emailnya?

      akses aja outlook.com nanti di redirect ke menu login, masukin alamat email dan password, lalu nanti mas akan di redirect lagi ke inbox…

      atau bisa cari aplikasi outlook, di google playstore (untuk android), dan install serta login dari sana..

Tinggalkan Balasan