Cara mengatasi lupa kata sandi akun email outlook

Kadang karena sudah lama tidak buka akun email, kita sering kali lupa kata sandinya. Dan hal ini adalah hal yang wajar.

Materi pelajaran seperti pelajaran SMA misalnya, tidak sampai setahun sejak tamat SMA, kita sudah lupa. Ini karena memang materinya tidak pelajari ulang, atau tidak di ingat-ingat ulang.

Sama juga dengan password dan detail login akun kita. Kalau jarang dipakai, ya pasti lupa. Penulis sendiri misalnya pernah juga lupa kata sandi akun penulis.

Apalagi saat ini setiap orang punya banyak akun, mulai dari akun email, akun sosmed sampai mungkin akun forum diskusi pelajaran hingga game online.

Disini, kita akan bahas khusus mengenai “lupa sandi akun outlook”. Bagaimana cara mengatasi masalah lupa sandi outlook ini? Jawaban singkatnya adalah dengan melakukan reset password menggunakan fitur reset yang memang sudah disediakan oleh outlook. Reset password bisa dilakukan asalkan kita memiliki akses ke nomor hp dan email pemulihan. Tanpa dua hal tersebut akan lebih sulit, walaupun tetap bisa dilakukan, dan akan butuh verifikasi manual, butuh waktu, serta tidak bisa instan.

Sebelum kita bahas semua caranya satu persatu, ada baiknya kamu cek dulu, apakah kamu pernah simpan password akun tersebut sebelumnya di browser kamu, karena hal ini lebih mudah dari pada harus nge-reset password.

Ok. kalau tidak ada password yang tersimpan, penulis akan mulai pembahasannya.

Ohya, jangan skip-skip. Luangkan waktu sebentar untuk baca tulisan ini dengan perlahan dan seksama.

A. Reset password Outlook dengan alamat email pemulihan

Disini penulis menyarankan agar kamu menggunakan browser, ketika mengikuti langkah-langkah mereset password Outlook berikut ini.

Admin note: Pastikan kamu pakai browser yang biasa kamu pakai untuk login ke akun email ini. Ini karena di browser biasanya tersimpan cookies dan setauku bisa membantu dalam proses reset.

1. Masuk ke laman ini : account.live.com/password/reset, lalu isi alamat email Outlook kamu yang lupa password tersebut, jika sudah pilih berikutnya

Masukkan lagi alamat email outlook

2. Selanjutnya, kamu akan dihadapkan pada 4 pilihan, Kirim Email, kirim SMS, Hubungi, atau Saya tidak mempunyai satu pun dari ini. Pilih “Kirim email ke pr*******@gmail.com“.

Akun email yang muncul disini adalah akun email yang terdaftar dan terkait dengan akun email outlook kamu. Biasanya dimasukkan di bagian setting ataupun pada saat pendaftaran akun outlook tsbt.

3. Setelah pilih metode reset dengan email, akan muncul laman yang meminta kode verifikasi seperti dibawah ini.

Masukkan kode verifikasi

Nah, untuk mencari kode tsbt, kamu buka jendela atau tab baru, lalu masuk ke inbox email pemulihan kamu tadi, dan cari pesan dari microsoft yang berisi password reset code seperti dibawah ini.

Email OTP Password

Setelah dapat kodenya, ketikkan Kode tersebut pada kolom yang telah disediakan sebelumnya dan klik “berikutnya”.

4. Setelah itu akan muncul laman reset sandi seperti dibawah ini. Tulis password baru kamu di kolom yang disediakan.

Masukkan password baru sebanyak dua kali

(Dibagian bawah itu ada survey, isi aja sebaiknya, setauku tidak ada pengaruh apa-apa ke proses reset sandinya)

5. Setelah klik “berikutnya”, harusnya password kamu akan berhasil di ubah dan kamu sudah bisa mengakses akun outlook kamu tersebut.

B. Reset password outlook pakai nomor hp pemulihan (lewat SMS)

Untuk proses reset dengan nomor hp ini ada dua pilihan, bisa dilakukan lewat SMS ataupun telpon.

Secara umum, cara yang harus dilakukan sama seperti Reset Password lewat email. Jika kamu ingin mereset passwordmu dari no hp, pihak Microsoft akan mengirimkan SMS berisi kode verifikasi ke nomor hp kamu.

Caranya cukup mudah, langkah 1 nya sama dengan di contoh sebelumnya. Jadi disini kita akan mulai dari langkah 2.

2. Pilih kirim SMS ke ********99 maka kamu diminta untuk memasukkan 4 digit angka terakhir nomor kamu. Misal nomormu 084123765099 maka pada kolom yang disediakan, isi 5099.

Reset password via SMS

3. Jika nomor yang kamu masukkan benar atau sesuai dengan data yang ada di server Microsoft, maka nomor kamu akan mendapatkan kode verifikasi dari Microsoft.

4. Masukkan kode verifikasinya pada kolom yang disediakan, pilih berikutnya.

5. Ubah password kamu dengan password yang baru.

C. Reset password outlook pakai nomor hp (lewat Telepon)

Secara umum, cara ini mirip-mirip dengan kedua cara yang sudah ada. Jika kedua cara sebelumnya kamu mendapatkan kode verifikasi lewat SMS berupa teks, sedangkan disini kamu akan dapat panggilan suara.

Langkah 1 nya sama dengan contoh pertama, kita akan mulai dari langkah dua disini.

2. Dari 4 pilihan yang tersedia tsbt, kamu pilih “Hubungi ke ********99” maka kamu diminta untuk memasukkan 4 digit angka terakhir nomor kamu. Misal nomormu 084123765099 maka pada kolom yang disediakan, isi 5099.

3. Jika nomor yang kamu masukkan benar atau sesuai dengan data yang ada di server Microsoft, maka kamu akan dihubungi pihak Microsoft untuk mendapatkan kode verifikasi lewat panggilan telepon.

4. Masukkan kode verifikasi yang kamu dengar, selanjutnya pilih berikutnya.

5. Ubah password kamu dengan password yang baru.

D. Reset password outlook tanpa nomor hp dan email pemulihan

Cara ini merupakan cara terakhir yang bisa dicoba oleh teman-teman yang tidak lagi punya akses ke alamat email pemulihan, dan nomor hp juga sudah tidak bisa di akses.

Jadi, kalau nomor hp dan email pemulihan sudah benar2 tidak bisa dipakai, barulah pakai cara ini.

Langkah pertamanya sama seperti contoh diawal, kita akan mulai dari langkah kedua.

2. Dari 4 pilihan yang tersedia, disini kita pilih “Saya tidak mempunyai satu pun dari ini“, tap berikutnya.

3. Maka kamu akan dibawa ke halaman Pulihkan akun anda, seperti dibawah ini.

Isi data sesuai datamu

Disini kamu akan diminta mengisi data ulang, berikut ini data yang perlu di isi:

  • Kolom yang paling atas, disini kamu diminta Isi email/telepon/nama skype kamu, yang di isi disini adalah alamat outlook kamu yang lupa kata sandi tadi.
  • Lalu pada bagian “Kemana kami harus menghubungi anda?”, masukkan alamat email baru kamu yang masih bisa kamu akses. Kalau tidak punya, kamu bisa buat email baru terlebih dahulu.

Lalu Isi kode captcha dan klik “Berikutnya”

4. Maka, pihak microsoft akan mengirimkan kode verikasi ke email yang telah kamu input tadi. Tanpa menutup tab browser, buka emailmu, dan masukkan kode verifikasi di kolom yang telah disediakan.

Contoh Email kode Verifikasi

5. Selanjutnya kamu dibawa ke halaman pemulihan akunmu

Halaman pemulihan Akun

Isi data-data sesuai data yang kamu isi saat pendaftaran akun outlook tsbt. Jika sudah, pilih berikutnya

6. Nah, tiba saatnya bagi kamu untuk memasukkan password baru kamu. Kalau muncul laman ini, artinya proses reset kamu itu sudah berhasil.

Masukkan password baru sebanyak dua kali

Isi password baru kamu, dan isi juga surver dibawahnya. Lalu klik tombol “Berikutnya’

7. Informasi data yang kamu isi sebelumnya sudah terkirim.

8. Dititik ini, kamu sudah bisa coba login dengan password baru kamu, tapi kalau memang belum bisa ya tunggu informasi lebih lanjutnya dari microsoft dalam waktu 24 jam. Kalau data yang kamu masukkan memang sesuai dan benar, kamu akan dapatkan akun kamu kembali.

Apakah cara ini selalu berhasil? Berdasarkan pengalaman penulis mempraktikkan cara ini, keempat cara ini berhasil. Namun, tidak menutup kemungkinan jika cara ini juga tidak bisa digunakan untuk mereset passwordmu.

Sebenarnya, masalah reset-mereset password tergantung yang memiliki akun tersebut.

Maksudnya jika yang memiliki akun dapat mengakses email atau nomor hp yang terdaftar di akun microsoft outlook tsbt, pastinya cara untuk mereset password akan terasa sangat mudah dan simpel. Namun, ketika email atau no HP yang pernah kamu input sudah tidak bisa diakses, urusannya akan sedikit ribet.

Nah, usul dari penulis agar kamu tidak lupa password, buatlah catatan kecil berisi informasi login akunmu. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah penyimpananmu, usahakan simpan catatan itu hanya di tempat rahasia, hanya kamu yang tahu. Catatan ini bisa berupa sesobek kertas agar lebih mudah untuk menyimpannya.

Cara yang penulis lakukan agar tidak lupa akan password penulis, penulis menyimpannya di Chrome, jadi sewaktu-waktu jika ingin login cukup dengan sekali klik karena semua data sudah terekam di Chrome.

Selain menyimpannya di kertas, dan di browser, penulis juga menyimpan catatan informasi akun penulis di email utama penulis. Setiap kali penulis membuat akun di sebuah website, penulis mengirimkan email ke alamat email penulis yang lain atau cukup dengan membuat draft yang isinya informasi akun sebuah website.

Cukup mudah bukan? Asalkan cermat dan seksama mengikuti arahan yang ada di tulisan ini, dan kamu memiliki akses ke akun-akun yang pernah kamu input ke server Microsoft, kamu bisa mereset password Outlook kamu.

Selamat mencoba!

Andreas Aditya Yoga Prasasta

Nikmati apa yang ada, gak cuman yang seneng yang harus dinikmati. Yang susah pun juga harus dinikmati. Jika tak bisa dinikmati, cukup jalani

Tinggalkan Balasan